Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / 10 Alasan Anda Harus Lebih Sering Tersenyum

10 Alasan Anda Harus Lebih Sering Tersenyum

IndonesiaOne.org – Tersenyum tidak hanya menimbulkan perasaan menyenangkan tetapi ada banyak manfaat lainnya yang sangat menguntungkan untuk tubuh dan jiwa kita. Namun banyak dari kita yang justru menahan senyuman karena berbagai alasan. Mungkin juga hal itu disebabkan karena berbagai peristiwa yang pernah menyakiti hatinya. Tapi banyak juga yang memang tidak terbiasa tersenyum dan tidak menganggap senyum itu sesuatu yang penting untuk dilakukan.

Berikut ini adalah 10 manfaat tersenyum yang patut anda ketahui :

1. Tersenyum membuat Anda terlihat menarik.

Coba saja perhatikan wajah orang yang tersenyum dengan orang yang cemberut. Mana yang anda pilih? Pastikan lebih memilih melihat orang yang wajahnya tersenyum. Pasti lebih menarik dan menyenangkan. Begitupun dengan orang lain yang melihat anda, pasti anda akan punya daya tarik tersendiri ketika tersenyum. Tidak hanya memancarkan keramahan, melainkan juga memancarkan kecantikan dan ketampanan batin dari hati anda.

2. Tersenyum membuat Anda lebih bahagia.

Belajarlah untuk tersenyum dahulu untuk menikmati kebaikan. Karena orang yang tersenyum sebenarnya sedang membuat dirinya merasakan lebih bahagia (dalam situasi apapun) Walaupun dalam situasi yang tidak menyenangkan.

Ketika Anda tersenyum, otak Anda akan melepaskan endorfin yang menurunkan stres dan meningkatkan suasana hati Anda secara keseluruhan, sehingga membuat situasi menjadi lebih ringan dan  menyenangkan. Jadi dengan tersenyum, kita benar-benar dapat mengontrol otak kita agar percaya bahwa situasi yang membosankan itu sebenarnya menyenangkan. Dan pasti mendatangkan kebaikkan jika kita menjalankannya dengan happy.

Jadi pada saat Anda bosan, atau sedang bersedih, cobalah ini ; ambil napas dalam-dalam dan tersenyum! Cukup tersenyum, dan rasakan keajaibannya!

3. Tersenyum meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Telah ditemukan bahwa ketika Anda tersenyum, tubuh melepaskan lebih banyak sel darah putih daripada biasanya. Dan tujuan utama dari sel darah putih adalah untuk melindungi tubuh terhadap penyakit.

Jadi, tersenyum lebih sering justru membuat tubuh Anda lebih kebal terhadap penyakit dan karenanya membuat Anda lebih sehat. Faktanya, itulah alasan utama mengapa begitu banyak selebriti terkenal diundang ke rumah sakit anak-anak.  Jika mereka bisa membuat anak-anak tersenyum, itu akan, sampai taraf tertentu, meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan.

Jadi, jangan ragu untuk membuat orang lain tersenyum dengan kepribadian Anda yang menyenangkan.

4. Tersenyum membuat Anda menularkan rasa optimis.

Tersenyum juga melambangkan ketenangan. Saat anda menjadi pemimpin suatu perusahaan atau suatu kelompok orang tertentu, maka senyuman anda sanggup menularkan rasa percaya dan ketenangan. Ya, percaya, bahwa segala situasi dan keadaan yang tidak menyenangkan dapat diatas secara bersama, dan pasti ada jalan keluar. Jadi, jangan ragu untuk tersenyum kepada bawahan atau anak buah anda. Buatlah mereka yakin bahwa kepemimpinan anda sangat berorientasi pada solusi jitu.

5. Tersenyum adalah pintu komunikasi.

Pernahkah anda tersesat di jalan atau berada di kelompok orang yang anda tidak kenal? perhatikan ketika anda mengawali perkenalan dengan senyuman tulus. Biasanya komunikasi akan dapat terbangun. Mereka yang melihat Anda akan langsung meladeni pertanyaan atau percakapan yang anda mulai. Sehingga orang akan segera menerima anda bahkan dengan rela hati menunjukkan arah jalan kepada anda.

6. Tersenyum membuat Anda lebih produktif.

Efek dari satu senyuman yang tulus akan mengikuti Anda sampai ke tempat kerja Anda. Dan ketahuilah, tersenyum dapat membantu meningkatkan kinerja Anda secara keseluruhan.

Pernyataan ini sebenarnya berdasar dari sebuah penelitian di tahun 2010 yang dipimpin oleh Andrew Oswald, seorang Profesor Ekonomi di Warwick Business School, yang membuktikan bahwa karyawan yang lebih sering tersenyum, secara signifikan, adalah orang-orang yang lebih produktif dan kreatif di tempat kerja.

Jadi apakah Anda seorang karyawan atau pemimpin, tersenyumlah lebih sering dan buatlah orang lain di sekitar Anda juga menjadi lebih sering tersenyum. Ini akan sangat bagus untuk lingkungan kerja Anda dan semua orang yang terlibat.

7. Tersenyum membuat Anda dikenal sebagai orang yang ramah.

Tahukah Anda bahwa bangsa Indonesia sangat dikenal dengan keramahannya? apa yang menyebabkan hal itu? Jawabannya karena senyum orang Indonesia terhadap turis asing membuat mereka nyaman dan betah untuk terus berada di negeri ini. Indonesia dari dahulu dikenal sebagai bangsa yang ramah. Jadi, pertahankan keramahan kita sebagai anak bangsa, karena kerahaman kita adalah budaya luhur yang dikenal oleh manca negara.

8. Tersenyum membuat Anda lebih percaya diri.

Pernahkah kita merasa grogi ketika harus berbicara di depan banyak orang? pasti pernah! Tapi pernah kita mencoba mengawalinya dengan tersenyum. Cobalah, maka anda akan segera menguasai audience yang ada. Tiba – tiba saja rasa grogi dan takut pergi dari hati anda. Dan pastinya anda akan berbicara dengan lancar dan menyampaikan apa yang harusnya disampaikan dengan sangat baik. Ya, awalilah dengan tersenyum lepas!

9. Senyum itu menular.

Tersenyum memiliki efek menular yang magis. Ketika Anda tersenyum dengan tulus, maka Anda sebenarnya meminta pihak lain untuk bergabung dalam kegembiraan bersama Anda. Dan 99 persen, mereka akan ikut tersenyum. Senyuman adalah salah satu hal yang paling menular di dunia. Jadi, tersenyumlah, dan sebarkan kebahagiaan!

10. Senyum itu gratis.

Senyum itu tidak sulit, sebab tidak perlu biaya, hanya butuh kemauan. Berhentilah menunda diri untuk tersenyum. Lakukan dengan segera. Dan lakukan dengan tulus. Jika senyuman bisa membuat anda lebih sehat dan bahagia, mengapa Anda tidak melakukannya? Biarlah diri kita terbiasa tersenyum daripada harus membayar biaya pengobatan karena sakit. Tahukah kita bahwa sumber penyakit berasal dari hati yang kecewa, gundah, dan dendam? Tahukah kita sumber kesehatan berasal dari hati yang bahagia? Pilihlah kebahagiaan! Mulailah dari tersenyum yang tulus (Yunike)

Check Also

Inilah Sosok Pria Sejati

Sosok seorang pria selalu identik dengan kepemimpinan dan sosok pribadi yang tangguh. Mereka seringkali diharapkan …

7 comments

  1. Olivia christina

    mantapp!! keep n always smile 😀

  2. I always do it. And never stop to do it. Thanks IndonesiaOne 😊😁

  3. Senyum itu memang menyehatkan butuh, pikiran dan jiwa..
    Gw berasa ganteng maksimal kalau senyum.. haha

  4. senyum iitu bisa membuat kita terlihat lebih muda alias awet muda…. seger terusss 🙂

  5. Yes… tersenyumlah selama masih hidup.saya merasakan sendiri akibat dari sebuah senyuman ini,ya minimal bisa bikin kita happy dan pasti bikin ganteng maksimal.hahahaha

  6. Apa cuma gue doang yang pernah senyum ke orang banyak dan ga nyadar kalo ada kulit cabe digigi.

  7. Iya yah, tersenyum itu punya banyak manfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Ayooo, senyum,senyum,senyum…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *