10 Bangsawan Terkaya di Dunia

547
26-Kerajaan

Indonesiaone.org –  Bentuk negara monarki memang sudah terbilang tak lazim di kehidupan modern ini. Sebagian besar negara lebih memilih paham demokrasi atau Republik sebagai bentuk negaranya. Meski demikian masih ada negara-negara monarki yang tetap eksis hingga saat ini.

Inggris dan Arab Saudi adalah sedikit dari contoh negara monarki. Meski menggunakan kekuasaan oleh keluarga tertentu untuk memerintah suatu negara, buktinya sistem pemerintahan seperti ini tidak menimbulkan terlalu banyak kerugian bagi rakyat. Bahkan, ada beberapa negara dengan ideologi monarki yang justru lebih kaya daripada negara dengan ideologi liberal, sekuler, atau demokrasi.

Berikut ini adalah 10 bangsawan terkaya di dunia :

10. Raja Mohammed VI

1

Raja Mohammed VI dari Maroko ini merupakan anggota kerajaan dengan jumlah kekayaan paling sedikit dalam list ini, yakni Rp 2 Triliun. Meski demikian, Raja satu ini memiliki sebuah perusahaan dengan nilai kapitalisasi mencapai Rp 13 Triliun.

9. Pangeran Albert

2

Pangeran ke-12 Thurn und Taxis, yakni Albert memiliki kekayaan sekitar Rp 3 Triliun. Tak hanya itu Pangeran ini juga berlaga di kompetisi F1 yang semakin membuatnya kaya raya.

8. H.R.H The Grand Duke of Henri

3

Lalu ada seorang bangsawan dari Luxembourg yakni H.R.H The Grand Duke of Henri yang memiliki total kekayaan Rp 5 Triliun. Luxembourg memang negara kecil meski demikian penghasilan per kapita negara ini cukup tinggi.

7. H.M Sultan Qaboos Bin Said

4

Pemimpin tertinggi kerajaan Oman, H.M Sultan Qaboos Bin Said telah berkuasa sejak tahun 1970. Saat ini Sultan Oman ini memiliki kekayaan sekitar Rp 9 Triliun.

6. Sultan Hassanal Bolkiah

5

Sultan Hassanal Bolkiah adalah anggota kerajaan terkaya berikutnya. Raja Brunei Darussalam ini memiliki kekayaan sebanyak Rp 300 Triliun termasuk kepemilikan rumah dengan 257 kamar mandi.

5. Mohammed bin Rashid al Maktoum

6

Mohammed bin Rashid al Maktoum juga merupakan salah satu anggota kerajaan terkaya. Jumlah harta syekh satu ini bisa mencapai Rp 53 hingga Rp 398 Triliun. Itupun setelah disumbangkan sebanyak Rp 132 Triliun lho..

4. Khalifa Bin Zayed Al Nahyan

7

Seorang Emir Abu Dhabi, setara dengan pemimpin kerajaan yakni Khalifa Bin Zayed Al Nahyan juga menjadi salah satu anggota monarki dengan kekayaan besar. Jumlah kekayaan Emir Abu Dhabi ini ditaksir mencapai Rp 200 – Rp 400 Triliun!

3.Bhumibol Adulyadej

8

Menurut orang Indonesia mungkin kondisi perekonomian Thailand sebelas dua belas dengan bumi pertiwi. Nyatanya, Raja Thailand Bhumibol Adulyadej yang meninggal belum lama ini memiliki kekayaan sekitar Rp 465 Triliun.

2. Raja Salman

9

Beberapa waktu yang lalu Raja Salman menjadi bahan pembicaraan masyarakat Indonesia karena kunjungan mewahnya ke nusantara. Melihat jumlah pengeluaran raja Salman di Indonesia yang mencapai miliaran, tidak perlu heran karena jumlah tersebut mungkin sangat kecil untuk raja Salman. Total kekayaan yang dimiliki oleh Raja Salman adalah 50 Miliar US$ atau setara dengan Rp 664 Triliun.

1. Ratu Elizabeth II

10

Anggota kerajaan terkaya di dunia sudah pasti jatuh ke tangan Ratu Elizabeth II. Ratu yang lahir pada tahun 1926 ini ditaksir memiliki kekayaan sebesar US$ 35 hingga US$ 75 Miliar atau setara dengan Rp 996 Triliun.