Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / 10 Tips Jitu Berhasil Menabung

10 Tips Jitu Berhasil Menabung

IndonesiaOne.org – Sejak usia dini kita telah diajarkan bahwa menabung itu adalah sebuah kebiasaan baik yang akan menolong kita untuk melatih kedisiplinan dan mengontrol keuangan. Itu teorinya, tapi pada prakteknya, ada banyak orang mengalami kesulitan untuk menabung.

Kadang kala penghasilan besar pun tidak menjamin keberhasilan seseorang dalam menabung. Mungkin selama ini Anda telah berusaha untuk menabung namun nyatanya selalu gagal dan gagal. Jangan putus asa, kabar baiknya adalah selama ada kemauan selalu ada jalan.

Berikut adalah tips-tips jitu yang akan menolong kamu untuk berhasil dalam menabung:

  1. Menyisihkan di awal, bukan menyisakan.

Kebanyakan orang selalu beranggapan uang tabungan adalah uang sisa. Berapa uang yang tersisa di akhir bulan itulah yang akan menjadi tabungan mereka. Percayalah, bisa dipastikan uang Anda tak akan pernah bersisa atau kalau pun sisa hanya sedikit.

Jika ingin berhasil menabung, pastikan selalu menyisihkan uang di awal. Anda bisa memulai dengan persentase yang tidak terlalu besar, misalnya 5% dari seluruh pendapatan Anda dan bisa diperbesar persentasenya seiring berjalannya waktu.

Manfaatkan sistem auto debet yang sudah tersedia di bank. Misalnya Anda gajian tanggal 27, tetapkan setiap tanggal 29 di bulan yang sama untuk di debet ke rekening tabungan Anda.

  1. Memulai dari sekarang.

Kegagalan seringkali terjadi karena menunda melakukan. Saya mau menabung, tapi bulan depan saja, karena bulan ini saya banyak pengeluaran. Bulan depannya, diundur lagi, karena alasan lainnya. Sehingga menabung hanyalah angan-angan semata.

Jika ingin menabung, lakukanlah sekarang. Jangan tunda-tunda. Anda tidak akan jumlah yang bisa Anda simpan selama satu tahun jika Anda tidak memulainya dari sekarang.

  1. Jangan buru-buru meningkatkan gaya hidup.

Banyak orang beralasan tidak bisa menabung dikarenakan penghasilannya kecil. Benarkah demikian? Karena seringkali kebanyakan orang, setelah penghasilannya meningkat, dana tabungannya juga tak kunjung nyata. Mengapa demikian?

Hal ini berkaitan dengan gaya hidup. Kebanyakan orang berpikir, semakin tinggi penghasilan seseorang, semakin tinggi juga pengeluarannya. Padahal yang seharusnya adalah, ketika penghasilan bertambah, jangan buru-buru meningkatkan gaya hidup. Dengan demikian peningkatan penghasilan Anda dapat dialokasikan ke dana tabungan.

  1. Kendalikan keinginan.

Seringkali kegagalan menabung disebabkan karena kegagalan dalam memilah mana kebutuhan, mana keinginan. Seberapa pun penghasilan yang diterima selalu tak bersisa dikarenakan habis untuk memenuhi keinginan.

Bagaimana membedakan kebutuhan dengan keinginan? Berikut adalah beberapa contohnya:

Makan (Kebutuhan) vs Makan Enak (Keinginan)

Pakaian (Kebutuhan) vs Pakaian Bermerk (Keinginan)

Handphone (Kebutuhan) vs Handphone keluaran terbaru (Keinginan)

Rokok (keinginan) – jelas bukan kebutuhan.

Anda akan terkejut melihat jumlah tabungan Anda jika Anda berhasil menaklukkan keinginan Anda.

  1. Manfaatkan cashback.

Era digital ini memudahkan kita untuk membayarkan iuran rutin anggaran rumah tangga setiap bulannya dan bukan hanya itu ada beberapa aplikasi layanan yang memberikan cashback.

Dengan memanfaatkan cashback artinya ada penghematan di sana. Penghematan ini dapat dialihkan ke dana tabungan.

  1. Selamatkan uang receh.

Jangan anggap remeh uang receh. Jika menerima kembalian uang receh, sisihkan di dalam sebuah wadah atau celengan dan dalam kurun waktu tertentu Anda akan mendapati jumlah yang tidak sedikit.

  1. Memanfaatkan waktu luang.

Apa yang Anda lakukan di waktu luang? Menonton TV, bermain game, cek media sosial? Padahal seharusnya di waktu luang Anda bisa melakukan kegiatan yang Anda sukai dan menghasilkan uang.

Misalnya saja, Anda suka memasak dan suka akan internet. Anda bisa menjadi youtuber atau bahkan menjual masakan Anda. Jika menghasilkan, ditabung.

  1. Kunci tabungan.

Mengunci dana tabungan akan menjauhkan kita untuk menggunakan dana tabungan yang ada. Deposito bank atau produk tabungan rencana merupakan layanan di bank yang dapat menjadi pilihan untuk mempertahankan tabungan kita.

  1. Jadikan aset riil.

Jika Anda adalah orang yang masih suka tergiur untuk menggunakan dana tabungan, ada baiknya ada mencoba cara ini. Misalnya Anda mulai menabung dalam bentuk emas atau bangunan.

  1. Tetapkan tujuan.

Seringkali yang membuat orang enggan menabung karena tidak adanya tujuan. Jika Anda ingin berhasil menabung, tetapkan tujuannya sejak awal. Hal ini akan memacu kesungguhan dan kekonsistenan Anda dalam menabung.

Selamat menabung!

 

 

 

 

Check Also

Manfaat Bersikap Optimis

IndonesiaOne.org – Sebuah perusahaan sepatu ingin membuka toko sepatu di sebuah kota. Untuk memastikan peluang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *