13 Cara Efisien Meraih Kesuksesanmu Di Masa Muda !!

13 Cara Efisien Meraih Kesuksesanmu Di Masa Muda

IndonesiaOne.org – Kesuksesan pastinya adalah impian dan cita-cita dari semua orang, apalagi jika kesuksesan itu diraih sejak kita masih muda pastinya akan menjadi sebuah kebanggaan serta pencapaian yang luar biasa. Kali ini IndonesiaOne.org akan memberikan 13 cara efisien untuk kamu bisa meraih kesuksesanmu sedari kamu masih muda :

1. Mau Dipimpin Oleh Pemimpin

leaderimage via : www.a4interactive.co.uk

Sebelum kamu menjadi seorang pemimpin, kamu harus belajar untuk mau dipimpin oleh seseorang yang di taruh di atas kamu. Dengan kamu terus belajar menundukkan diri di bawah kepemimpinan seseorang, niscaya kamu akan mendapatkan banyak ilmu dan pembelajaran yang baik dari pemimpinmu itu. Meski tidak semua pemimpin bisa memberi contoh yang baik, tapi percaya deh saat kamu memiliki sikap hati yang lurus dan benar di bawah kepemimpinan seseorang, pasti promosi demi promosi akan menghampirimu. Karena siapa yang berlaku benar, pastinya akan mendapat ganjaran yang setimpal yakni kebaikan dan keadilan.

2. Selalu Terbuka Untuk Koreksian

You are fired!image via : www.psychologytoday.com

Untuk menjadi orang yang sukses, kamu harus memiliki mentalitas untuk terbuka akan setiap koreksian, kritikan dan teguran. Belajarlah mengambil sisi positif dari setiap koreksian yang datang padamu. Meski mungkin orang yang memberi koreksian tersebut menegur dengan sangat kasar atau dengan cara yang tidak baik, jangan terpancing dengan caranya menegur tetapi berfokuslah kepada isi pesan atau hal positif dari teguran itu. Karena setiap koreksian pastinya jika diterima dengan benar, justru akan memberi benefit atau keuntungan bagi orang tersebut.

3. Mengakui Kelebihan yang Dimiliki Orang Lain

like1image via : neanika.gr

Dengan kamu memiliki kerendahan hati untuk mengakui bahwa orang lain memiliki kemampuan yang lebih dari padamu. Maka sesungguhnya kamu sedang mengembangkan skill mu lebih besar dari yang kamu bayangkan. Miliki prinsip tumbuhan padi, semakin ia berisi maka ia akan semakin merunduk. Jangan pernah merasa diri lebih tinggi dari yang lain karena jika kamu memiliki mentalitas seperti ini, artinya kamu sedang menutup atau bahkan menghancurkan tangga pertumbuhan skill dalam dirimu.

4. Mau Terus Belajar Hal Yang Baru

ee28d7cd7817d25eb92a489eeb752047image via : www.pinterest.com

Kamu harus mau terus belajar sesuatu yang baru karena dengan cara demikian maka kamu akan mendapati kemampuanmu terus bertumbuh. Saat kamu tidak berhenti untuk belajar hal yang baru, kamu seperti seseorang yang sedang menggali emas. Semakin kamu gali, akan ada emas-emas baru yang kamu temukan, yang bahkan belum kamu ketahui sebelumnya yang ada dalam dirimu. Dengan cara seperti inilah kamu akan memiliki kemampuan di atas rata-rata orang seumuranmu.

5. Berani mengakui kesalahan

web-25374459_mimage via : www.startmarriageright.com

Untuk kamu menjadi anak muda yang sukses dalam segala hal, belajarlah dari sedini mungkin untuk memiliki keberanian mengakui setiap kesalahan yang kamu perbuat. Jangan pernah ‘jaim’ atau merasa paling benar dari semua orang. Justru dengan kamu menyadari kesalahanmu maka kamu akan dengan cepat memperbaiki kesalahan yang ada. Dan kamu tidak akan masuk ke lubang yang sama, tapi mulai ahli menanggulangi setiap kelemahanmu dan mengubahnya menjadi kekuatan untuk kamu berlari ke arah kesuksesanmu dengan cepat.

6.  Jujur

tumblr_inline_no94bbufSi1rkpwwe_500

image via : www.tumblr.com

Untuk menjadi orang yang sukses dalam segala hal kamu harus menjadi pribadi yang selalu menjunjung tinggi prinsip kejujuran. Dengan kamu terus menjadi orang yang jujur maka sesungguhnya kamu sedang membangun kesuksesanmu dengan cara yang aman.

Karena seseorang yang membangun kesuksesannya dengan cara-cara yang kotor dan licik, sebenarnya mereka sedang membangun tangga kesuksesannya di atas api yang suatu saat justru akan membakar dan membahayakan dirinya suatu hari kelak. Jika kamu menabur kejahatan maka percayalah kamu akan menuai hal-hal yang buruk. Tapi jika kamu menabur hal-hal yang baik dan benar, maka kamu akan menikmati kebaikan dan kebenaran dalam dirimu.

7.  Dapat Dipercaya dan Bertanggung jawab

Success Quote - Integritasfollow ig : indonesiaone.org_quote

KEJUJURAN akan membawamu pada tangga promosi dan akan ada banyak kepercayaan yang diberikan kepadamu. Karena kamu dipandang sebagai orang yang dapat dipercayai dan bisa bertanggung jawab. Jadi teruslah menjadi pribadi yang setia dalam hal-hal kecil dan lakukan tugasmu dengan terbaik. Jangan sia-siakan kepercayaan yang sudah diberikan kepadamu. Karena integritas dan reputasi dibangun ribuan malam tapi untuk menghancurkannya hanya dibutuhkan beberapa detik saja. Pastikan kamu jadi anak muda yang memiliki karakter yang dewasa dan matang, karena anak muda yang childish hanya akan menghabiskan masa mudanya tanpa ada kesuksesan di dalamnya.

8.  Bertekun

be_diligent___persevereimage via : dribbble.com

Bertekun dalam kamus bahasa Indoneia adalah sikap berkeras hati dan sungguh-sungguh (bekerja, belajar, berusaha, dsb): dalam menghadapi ujian kehidupan, ia ~ belajar;  tetap berpegang teguh pada keyakinannya.

Untuk menjadi anak muda yang sukses, kamu harus memiliki mentalitas bertekun dalam segala hal. Entah bertekun dalam mengasah kemampuan, bertekun dalam menghadapi masalah hidup dan lain sebagainya. Karena ketekunan akan menimbulkan sikap pantang menyerah dan keberanian untuk terus melangkah meski ada banyak tantangan ataupun kegagalan. Tapi percayalah ketekunan itu selalu akan menghasilkan pengharapan yang tidak akan pernah mengecewakanmu.

9.  Tidak Mudah Menyerah

Never_Give_Up1image via : victorstuff.com

Dalam menapaki tangga kesuksesan pasti kamu akan menghadapi ujian, tantangan, permasalahan hidup atau bahkan mungkin kegagalan. Namun dengan kamu memiliki mentalitas bertekun pastinya secara otomatis akan muncul sikap pantang menyerah untuk terus mencoba dan bangkit dari kegagalan. Yang perlu kamu lakukan saat mengalami kegagalan, teruslah meyakinkan dirimu dengan cara berkata hal-hal yang bisa membuatmu termotivasi dan bangkit kembali. Karena orang yang tidak pantang menyerahlah yang akan menemukan apa yang ia cari selama ini.

10.  Menghargai Waktu

12113image via : We Heart It

Untuk menjadi anak muda yang sukses dalam segala hal, kamu harus belajar untuk menghargai dan mengelola waktu dengan baik. Kamu harus cerdas untuk membagi waktu di dalam kehidupanmu dan menggunakannya dengan bijaksana. Kamu harus bisa mengetahui PRIORITAS dalam kehidupanmu. Kejarlah sesuatu yang sangat penting dalam hidup ini.

Pertanyaannya apa yang sangat penting buat kamu ?? Pekerjaan, keuangan, keluarga, kesehatan, jodoh, posisi, jalan-jalan atau Tuhan yang memberikan kehidupan ini kepadamu ?? Bukannya mau ‘sok rohani’, tapi kita harus sadar bahwa manusia itu membutuhkan Tuhan Sang Pencipta dan Pemberi kehidupan pada kita. Percaya deh, saat kita prioritaskan utama Tuhan, maka apa yang menjadi kebutuhanmu (pekerjaan, keluarga, keuangan, kesehatan dsb) akan dicukupkan dan dipenuhi oleh-Nya. Karena kita sebagai manusia tidak akan bisa memuaskan dan memenuhi apa yang menjadi kebutuhan kita. Karena sifat dasar manusia selalu ada rasa kurang puas dalam hidupnya. Namun dengan hadirnya Tuhan dalam diri kita, maka Dialah yang akan memuaskan hati kita.

Lalu pertanyaan berikutnya, bagaimana aplikasi memprioritaskan Tuhan ?? Simple, waktu kamu bangun pertama kali di pagi hari langsung jalankan ibadahmu dan jangan lupa untuk terus lakukan ibadahmu di jam-jam yang sudah ditetapkan. Dengan begitu, kamu akan menerima kekuatan-Nya yang akan memampukanmu untuk menghadapi semua tantangan ataupun permasalahan yang sedang ada di depanmu.

Inilah yang akan menolong hidupmu menjadi lebih efisien dan bermanfaat. Gunakanlah waktumu dengan bijak, karena “preparation will meet opportunities ” atau setiap persiapan yang kamu lakukan sekarang ini (dengan cara mengelola waktu yang baik dalam hidupmu) maka suatu saat kamu akan menemui kesempatan di mana kamu akan dipromosikan.

11.  Merasa Keberhasilan kali ini adalah titik keberhasilan terendah

SuccessJika satu waktu kamu mendapat pujian ataupun penghargaan karena pencapaian keberhasilan yang kamu lakukan. Maka buat titik keberhasilan kali ini menjadi titik keberhasilan terendah yang pernah kamu raih dalam hidupmu ini.

Kok titik terendah ?? Bukan harusnya jadi kebanggaan ya ?? Ya memang kamu boleh berbangga dengan keberhasilan tersebut tetapi jangan pernah membanggakannya dengan sombong. Dengan kamu menjadikan keberhasilan itu sebagai keberhasilan terendah dalam hidupmu maka kamu akan termotivasi untuk menaiki tangga keberhasilan yang selanjutnya. Dan kamu pun akan menikmati keberhasilan dan ‘piala’ kemenangan dari apa yang telah kamu raih selama ini.

12.  Menolong orang lain

Help-Sign-Above-Water-007Dengan kamu menolong orang lain untuk keluar dari setiap kelemahannya, maka sesungguhnya kamu sedang belajar dan mempraktekkan prinsip menjadi seorang pemimpin yang baik. Karena hanya seorang pemimpin sejatilah yang dapat dan mau menolong orang yang dibawahnya untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik seperti dirinya. Kamu mendapatkan sebuah pengertian bahwa keberhasilan yang kamu terima ini bukan untuk kepentingan pribadimu saja, tapi ini untuk kepentingan banyak orang.

13.  Terus Mengandalkan Tuhan

sunriseDan yang terakhir adalah terus andalkan Tuhan Sang Pemberi kesuksesan itu sendiri. Karena jika segala sesuatu hasil dari pencapaian keberhasilan di ambil dari padamu, maka kamu tidak akan merasa menjadi orang yang paling gagal di dunia ini. Sebab kamu tahu dengan pasti dan menyadari bahwa kesuksesan serta promosi itu datangnya dari Tuhan. Apapun yang diambil oleh orang lain (keberhasilanmu), Tuhanlah yang akan mengembalikannya berlipat kali ganda karena mempraktekkan prinsip jalan hidup orang benar maka keadilan dan kebaikanlah yang akan kamu terima dari Tuhan.

Jadi teruslah berlari dan jangan menyerah, karena ada keberhasilan yang telah menantimu di depan sana !!! (so)

Penulis : Sherlynda Oktavia