2 Fitur Baru Whatsapp yang Ciamik, Hapus pesan dan Live location

WhatsApp

Sebagai salah satu aplikasi messenger yang terdepan, whatsapp rutin melakukan update dan menambahkan fitur baru pada aplikasinya.

Update terbaru dari whatsapp mempekenalkan 2 fitur barunya yang ciamik, yaitu fitur menghapus pesan dan live location.

Fitur menghapus pesan whatsapp

Fitur yang satu ini sangat berguna, terutama bagi orang yang sering typo dan salah mengirimkan pesan. Pesan yang sudah terkirim dapat dihapus secara jarak jauh.

Caranya sangat mudah, tekan dan hold pada pesan yang sudah terkirim dan ingin dihapus. Kemudian tekan tombol dengan simbol kotak sampah di atas layar.

Setelahnya, akan muncul pilihan “delete for me”, “cancel“, dan “delete for everyone“. Klik pilihan delete for everyone agar pesan terhapus baik di perangkat pengguna, maupun di perangkat orang lain yang menerima pesan tersebut.

wa

Namun, fitur hapus pesan ini tidak dapat digunakan pada pesan yang sudah terkirim lebih dari 7 menit, karena pesan tersebut sudah terkirim secara permanen di perangkat penerima.

Fitur Live Location

Bagi anda yang sering berpergian secara bergerombol, konvoi dalam beberapa group, fitur ini pasti akan sangat berguna untuk anda. Fitur yang satu ini memungkinkan pengguna whatsapp untuk membagi lokasi dan melacak perjalanan teman secara real time.

Whatsapp memberikan kebebasan pada user untuk mengatur durasi dalam membagi Live Location. Mulai dari 15 menit, 1 jam, dan 8 jam.

wa

Fitur ini memungkinkan anda yang ingin janjian dengan rekan anda di spot tertentu, untuk saling melacak posisi satu sama lain. Anda juga dapat menyalakan fitur Live Location via WhatsApp saat pulang larut malam agar keluarga dan orang-orang terkasih dapat melacak lokasi anda.

Cara menggunakan fitur ini cukup mudah :

  1. Buka ruang chat personal atau grup di WhatsApp.
  2. Tekan tombol “attach” di samping tombol “send message“.
  3. Pilih menu “Location” (simbol peta)
  4. Pilih opsi “Share Live Location” yang akan muncul di barisan atas.
  5. Pilih berapa lama anda ingin membagi lokasi real-time dan tekan “send“.

Jika anda membagikan dalam grup, maka anggota grup dapat melihat lokasi anda secara real-time. Setiap anggota grup juga dapat share lokasi mereka secara real-time kepada seluruh anggota grup yang lainnya.