Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / 20 Ciri Pribadi Yang Dewasa

20 Ciri Pribadi Yang Dewasa

IndonesiaOne – Selama ini orang berpikir, semakin bertambahnya usia maka seseorang akan menjadi dewasa. Ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab ada orang yang sudah berumur tapi kelakuannya masih terbilang “kanak – kanak”. Biasanya orang – orang seperti itu akan sulit beradaptasi dan cenderung menjadi “biang” permasalahan

Tentunya setiap kita ingin menjadi pribadi yang matang/dewasa. Tapi bagaimana caranya? Ternyata untuk menjadi dewasa hanya dibutuhkan keputusan untuk melakukan apa yang benar. Dan melatih diri untuk menunjukkan kedewasaan dalam kehidupan sehari – hari.

Berikut ini adalah 20 ciri sekaligus cara untuk menjadi pribadi yang matang dan dewasa :

  1. Selalu ada kemauan untuk terus belajar dan tidak menganggap diri sudah lebih dari yang lain.

  2. Dalam berkomunikasi, orang yang dewasa akan berfokus mendengarkan lawan bicara, dan berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara.

  3. Mendahului kepentingan orang lain dan menganggap orang lain lebih penting dari dirinya namun tetap waspada (tidak berlebihan) agar tidak dimanipulasi.

  4. Berpikir objektif, tidak mudah tersinggung, atau merasa perlu untuk membela diri, membuktikan diri, atau membuat alasan/excuse untuk diri sendiri.

  5. Selalu bersyukur dan murah hati, dan tidak mengeluh dalam situasi keadaan apapun.

  6. Berani bertanggung jawab dan tidak mencari kambing hitam dalam permasalahan atau dinamika kehidupan sehari – hari.

  7. Mudah mengampuni dan melupakan kesalahan orang lain

  8. Menjadi tenang dan damai, tidak putus asa, panik, namun tetap rasional dan bertindak akurat pada waktu yang tepat.

  9. Menunjukkan fleksibilitas dan keterbukaan namun tidak kompromi terhadap kebenaran, dan bisa merangkul lawan guna kemajuan dan kepentingan bersama.

  10. Menolong tanpa pamrih, melakukan perbuatan baik bahkan ketika tidak ada keuntungan apa pun di dalamnya. Menjadi tidak mementingkan diri sendiri.

  11. Menghormati sudut pandang, keyakinan, dan cara pandang orang lain tanpa menghakimi, tidak memaksakan orang untuk mengakui Anda benar, tidak meremehkan orang lain, atau menggunakan kata-kata tidak senonoh atau kekerasan untuk menyampaikan pendapat Anda.

  12. Berbagi nasib baik / hal-hal baik yang Anda alami dengan orang lain.

  13. Dapat bersabar menghadapi perilaku tidak baik, dan tidak berharap orang lain mendapat hukumannya (baca : kualat/karma).

  14. Senang ketika ada rekan dan sahabat mengalami kemajuan dan promosi, bukan iri hati atau kritik.

  15. Pandai mencari peluang dan menciptakan peluang untuk kemajuan bersama.

  16. Memiliki kerendahan hati dan bisa menertawakan diri sendiri ketika berbuat salah tanpa merendahkan diri sendiri.

  17. Mengenali apa yang tidak berhasil dalam hidup Anda dan berusaha melakukan sesuatu yang berbeda untuk meraih keberhasilan.

  18. Menjauhi kepuasan (sogokan /menjadi kaya) secara instan demi mendapat manfaat positif jangka panjang.

  19. Tidak mencari pengakuan orang lain untuk hanya demi membuat Anda merasa menjadi pribadi yang utuh.

  20. Mengandalkan Tuhan lebih dari apapun dan siapapun juga.

Tentunya masih ada banyak lagi ciri pribadi yang dewasa, namun 20 hal diatas sudah cukup untuk dijadikan barometer. Usia boleh saja bertambah, tapi kedewasaan bisa saja semakin berkurang. Keputusan untuk menjadi dewasa ada di tangan kita. Bukan di tangan orang lain dan keadaan. Semakin cepat kita mengambil keputusan untuk dewasa, maka semakin cepat juga kedewasaan itu bertumbuh. Mungkin kita memang masih muda, tapi kedewasaan yang kita miliki akan membuat kita menjadi teladan dalam perkataan dan tindakan. Sehingga masa muda kita tidak pernah berlalu dengan sia – sia, melainkan dapat memberi dampak yang positif bagi banyak orang dan lingkungan kita berada. Betapa bahagianya hidup ini jika kita jalani dengan kedewasaan!

Penulis : Yunike

Check Also

Senyum itu Ibadah

Melihat wajah orang yang cemberut, muka BT, dan senyum sinis pastinya membuat kita kesal melihat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *