Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / Keluarga / 3 Film Kartun Yang Sering Disaksikan Namun Tidak Layak Untuk Anak

3 Film Kartun Yang Sering Disaksikan Namun Tidak Layak Untuk Anak

IndonesiaOne.org – Bagi orang tua yang mencintai anak, seringkali tanpa sadar untuk membuat anak kita dapat duduk tenang dan tidak “bawel” maka kita menyuguhkan tayangan film kartun. Dengan harapan, sang anak tidak lagi menganggu aktivitas kita sebagai orang tua. Hal ini sebenarnya ibarat menyuruh anak menelan “pil penenang”. Setelah “efeknya” hilang, maka akan kembali aktif. Yang repotnya, orang tua tidak tau memilah – milah film kartun yang layak bagi anak. Alhasil setelah sang anak menyaksikan suatu film kartun yang tidak bernilai luhur, sang anak justru mencontoh perilaku dari tokoh – tokoh yang ada di film tersebut.

Jangan heran jika buah hati yang kita kasihi tiba – tiba saja mempunyai perilaku baru yang mengagetkan kita. Seperti memukul, menendang, lalu berbicara kasar. Sebab anak usia dini lebih mudah meniru/mencontoh daripada mendengar perintah. Adegan – adegan dalam film dapat terserap begitu saja dengan mudah ke memori bawah sadarnya.

Oleh karena itu, sebagai orang tua kita tidak bisa menghindar dalam hal memberikan waktu untuk anak. Bermain bersama, dan berkomunikasi dengan sentuhan kasih sayang adalah bagian yang sangatlah penting. Sehingga sang anak dapat kita bentuk dan cetak seturut dengan nilai – nilai moril yang kita inginkan. Tidak hanya hal tersebut, orang tua juga sangat perlu memberikan tontonan yang layak untuk anak. Jangan mudah mengikuti arus trend film anak tanpa memperhatikan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya.

Berikut ini adalah 3 film kartun yang tanpa sadar sering disaksikan namun sebenarnya tidak layak disaksikan untuk sang anak :

1. Tom dan Jerry

tom and jerry

Tom dan Jerry adalah kucing dan tikus yang tiap kali bertemu akan saling berkelahi. Bahkan ada banyak adegan – adegan sadis serta kasar yang terkesan lucu namun sangat membahayakan nyawa orang jika dilakukan di dunia nyata.

2. The Simpson

THE SIMPSONS: The Simpson Family.  THE SIMPSONS ™ and © 2013 TCFFC ALL RIGHTS RESERVED.

The Simpson adalah film kartun serial yang sangat popular di Amerika Serikat. Film ini sebenarnya ditujukkan kepada orang dewasa. Namun karena ini film kartun maka orang tua seringkali berpikir bahwa serial tersebut juga untuk anak – anak. Kisah hidup keluarga Homer ini terbilang lucu, namun jika diteliti ada banyak kata – kata yang adegan tidak layak untuk anak kecil. Makian, sindiran, adegan kekerasan juga kerap kali ditonjolkan untuk menjadi gelak tawa pemirsa.

3. Looney Tunes

4352125-looney-tunes-theme-song-6

Serial kartun ini yang diproduksi oleh warner bros juga tidak kalah lucu dari film kartun lainnya. Tokoh – tokoh seperti Bugs Bunny, Dafy Duck, dan Tazmanian Evil terbilang lucu dan menggemaskan. Namun sayang, adegan – adegan dalam serial ini juga sangat kasar. Peledakkan bom, perkelahian, dan caci maki menjadi sisi buruk yang tidak bisa dihindari oleh pemirsa yang menyaksikan, terlebih anak kecil.

Bagi orang tua, pilihlah tayangan atau film kartun yang mempunyai nilai – nilai akhlak yang baik. Salah memilih tayangan untuk anak, sama saja sedang membuat sang anak menjadi pribadi yang buruk dikemudian hari.

Check Also

4 Aspek Penyebab Keretakan Yang Biasa Terjadi Dalam Keluarga

IndonesiaOne.org – Kasus-kasus keretakan rumah tangga semakin hari semakin sering terjadi, hingga menimbulkan opini publik bahwa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *