Home / BICARA - BINCANGAN RAKYAT / Hiburan / 3 Tempat Terdalam di Bumi yang Wujudnya Keren Abis

3 Tempat Terdalam di Bumi yang Wujudnya Keren Abis

Indonesiaone.org –  Ada banyak misteri di planet Bumi yang tidak dapat diketahui manusia tanpa perjalanan menjelajah, salah satunya menjelajah ke dalam perut bumi. Di bumi, terdapat beberapa gua bawah tanah yang letaknya sangat dalam,dan menyimpan berbagai mineral serta pemandangan yang menakjubkan.

Beberapa destinasi di bawah ini adalah beberapa spot titik terdalam bumi. Untuk sampai kesana, manusia harus masuk melalui celah gunung atau menyusuri danau yang berisi es. Seperti apakah tampilan keren spot terendah dari bumi tersebut ? Ini dia 3 tempat terdalam bumi yang wujudnya keren abis :

1. Gua Krubera

Gua Krubera adalah gua terdalam di dunia. Gua ini dikenal juga dengan sebutan Gua Voronya yang terletak di distrik Gagra Abkhazia, Georgia.

Kedalaman dari pintu masuk gua yang telah berhasil dieksplorasi oleh manusia adalah 2.181 m ±20 m (7.188 kaki ± 66 kaki). Gua Krubera terletak sekitar 2.256 m diatas permukaan laut di Lembah Ortobalagan, yang memiliki bentuk sempurna, melalui glasial dari sub-Caucasia.

Gua Krubera banyak dieksplorasi oleh para petualang untuk menetapkan rekor kedalaman yang baru. Gua ini juga banyak didatangi oleh para peneliti untuk memahami lebih lanjut struktur gua, sistem air bawah tanah, serta pengembangan geologi dan iklim kuno yang ada di bumi.

TErdalam-1

2. Gunung Berapi Thrihnukagigur

Gunung Berapi Thrihnukagigur adalah satu-satunya gunung berapi aktif di dunia yang bisa dieksplorasi dari dalam. Gunung ini terakhir meletus 4.000 tahun yang lalu dan hingga saat ini belum ada indikasi akan adanya letusan yang berikutnya.

Gunung ini saat ini menjadi salah satu tujuan wisata alam di Islandia. Untuk mencapai tempat ini memerlukan pendakian selama 45 menit menuju terowongan masuk ke celah gunung, kemudian wisatawan akan diturunkan dengan lift khusus.

Thrihnukagigur dan dapur magma yang unik di dalamnya menjadi sumber penting bagi para peneliti. Apa yang mereka pelajari merupakan bantuan penting untuk memahami  gunung berapi aktif.

 

TErdalam-2

 

3. Danau Baikal

 

Danau Baikal adalah spot wisata terpencil di tanah Siberia yang memiliki kedalaman 1.637 meter. Pada tahun 2013 obor Olimpiade sempat dibawa ke dasar danau oleh penyelam menggunakan kapal selam mini.

Danau ini memiliki air yang sangat bening, hingga orang yang melintasinya dapat melihat dengan jelas hingga kedalaman 50 meter. Hal ini disebabkan oleh banyaknya Krustasea (udang sungai) yang sangat kecil dan memakan lumut dan bakteri yang ada di danau tersebut. Danau ini juga terkenal dengan kadar oksigen yang sangat kaya, sehingga terdapat banyak ekosistem kehidupan di danau tersebut. Di antara lebih dari 2.000 jenis makhluk air yang ada di danau, 1.500 jenis hanya terdapat di tempat ini.

Terdalam-3

Danau Baikal terkenal dengan ikan omul, ikan putih yang enak yang sangat dicari oleh para nelayan. Beberapa makhluk hidup lainnya tidak lazim, bahkan aneh. Sejenis cacing pipih besarnya bisa sampai 30 sentimeter dan memakan ikan. Ada juga organisme satu sel yang hidup di antara butir-butir pasir! Danau ini juga menarik karena golomyanka—ikan yang hanya terdapat di Baikal.

golomyanka

Golomyanka yang kecil mempunyai tubuh setengah bening dengan warna-warni yang berkilauan. Ikan ini hidup dekat dasar danau dan berkembang biak dengan melahirkan anak. Sepertiga tubuhnya berisi lemak, kaya dengan vitamin A. Ia dapat menahan tekanan di kedalaman antara 200 hingga 450 meter; namun jika terpapar sinar matahari, tubuhnya mencair, hanya tinggal tulang dan lemaknya. Golomyanka adalah makanan kesukaan penghuni Danau Baikal yang tersohor—nerpa, atau anjing laut Baikal. Inilah satu-satunya jenis anjing laut yang hanya hidup di air tawar.

 

 

About IndonesiaOne

Check Also

Seorang Pria Terbang Sejauh 25 KM Mengendarai 100 Balon Helium, Terinspirasi dari Film “UP”

Seorang petualang asal Inggris baru-baru ini menjalani pengalaman yang sangat unik yaitu terbang setinggi 8000 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *