Home / Uncategorized / 4 Ekspresi Lebay Saat Nonton Debat Pikada

4 Ekspresi Lebay Saat Nonton Debat Pikada

IndonesiaOne.org – Pada masa – masa pemilihan kepala daerah, hampir semua stasiun televisi menayangkan secara langsung debat PILKADA. Dengan suatu tujuan, agar masyarakat dapat menilai dan menimbang pemimpin yang layak untuk daerahnya. Banyak hal menarik saat debat terjadi. Aksi saling serang antara kandidat, dan saling sindir yang menjadi bumbu penyedap. Namun yang tidak kalah seru adalah saat pemaparan program. Disinilah para pemirsa dapat menimbang bobot dari masing – masing kandidat. Tentunya setiap calon memaparkan program – program yang sangat menarik dan memikat hati rakyat. Ada program yang menjanjikan bantuan uang langsung, ada juga yang mengutamakan pendidikan akhlak di tengah masyarakat, dan ada juga yang mengutamakan pembangunan infrastruktur.

Tentunya para loyalis dari masing – masing calon akan tetap memilih jagoannya apapun yang menjadi programnya. Itulah yang menyebabkan para pendukung tidak bisa melihat secara objektif kelebihan pasangan kepala daerah lainnya. Reaksi dan ekspresi pun bermunculan saat melihat para kandidat sedang berdebat.

Berikut ini adalah 4 ekspresi lebay saat menyaksikan tayangan penuturan program dan debat para calon pemimpin daerah :

1. Marah – marah gak jelas.


Anger

 

Biasanya, karena kita udah terlanjur menyukai satu calon pemimpin daerah tertentu, maka apapun yang kandidat lain katakan membuat kita kesel dan marah – marah sendiri. Pokoknya semua program kandidat lain jelek dan gak berguna. Apalagi kalau udah ada sentiment SARA di dalamnya. Umpatan dan makian  yang justru keluar dari mulut kita. Salah – salah orang yang lagi ada disekitar kita bisa jadi sasaran pelampiasan kekesalan. Tapi yang lagi ngetrend skarang yaitu mengungkapkan rasa marah di media sosial dengan memasang imoticon wajah marah. Atau nulis kata – kata dan kalimat hujatan yang kasar banget dan ngak enak banget dibacanya.

Jadi, marah – marah gak jelas memang salah satu ekspresi lebay yang gak perlu kita lakukan. Karena bisa merusak suasana yang ada. Dan tentunya bisa menyebabkan orang lain juga terpancing amarahnya. Alhasil, masyarakat bukannya bersatu, justru terpecah belah oleh karena sikap kita. Marah tentunya sah – sah saja, tapi harus cepat ademnya. Jangan kelamaan. Apalagi sampe kebawa mimpi. Hidup kita justru jadi stress dan berpenyakitan. Lihatlah calon kepala daerah lainnya dengan akal sehat. Karena sebenarnya tidak ada salahnya kita memuji kelebihan calon lain. Justru itulah sifat negarawan yang harus kita tonjolkan sebagai warga Negara Indonesia.

2. Ketawa ngakak ngak brenti – brenti sampe mengeluarkan air mata.

5 Ekspresi Lebay Saat Nonton Debat Pikada 2

Ngak bisa dipungkiri, tidak semua calon kepala daerah memiliki kapasitas yang mumpuni. Ada yang belum berpengalaman dan ada juga yang memang tidak ahli di bidangnya. Alhasil, ada saja program – program yang menciptakan gelak tawa. Sangking lucunya dan tidak masuk akal, tertawa nya pun jadi berlebihan. Sampai mengeluarkan air mata seperti sedang menonton lawak. Ekspresi ini pun tergolong lebay. Karena bisa membuat sakit hati pendukung lainnya yang berpikir bahwa diri kita sedang mengejek dan meremehkan idolanya. Jadi, berhati – hatilah dalam berekspresi. Tertawalah sewajarnya, jangan sampai air mata keluar atau terguling – guling. Marilah kita menjaga perasaan pendukung satu dengan yang lainnya. Walapun untuk menahan tawa itu susah – susah gampang. Jika kita tidak tahan, pergilah ketempat sunyi untuk tertawa pada tempatnya agar tidak terlihat yang lain. Hehehehehehehe……

3. Makan Terlalu Banyak

Family eating dinner

Debat Pilkada terbilang menjadi salah satu acara televisi yang sangat dinanti – nantikan seluruh kalangan. Apalagi debat cagub – wagub DKI Jakarta yang menjadi sorotan banyak media. Serasa sedang menonton tayangan sepakbola. Jadi ada banyak orang yang sudah menyiapkan snack – snack yang cukup banyak untuk menemaninya. Tidak salah tentunya. Tapi seringkali, kita justru tanpa sadar makan dengan berlebihan sangking serunya. Akibatnya, tubuh kita menjadi tambun karena menyimpan lemak di malam hari. Oleh karena itu, ada baiknya kita menyediakan snack dengan sewajarnya.

4. Unfriend temen di medsos atau delcon.

5 Ekspresi Lebay Saat Nonton Debat Pikada 4

Ini dia yang sering banget dilakukan saat pilkada. Unfriend atau delcon. Tadinya kita temenan justru jadi musuhan gara – gara beda pilihan calon. Apalagi kalau ngeliat komen – komen dari temen kita yang udah rada nyelekit waktu acara debat sedang berlangsung. Sangking emosinya bisa buat kita mutusin ikatan pertemanan yang sudah terjalin tahunan. Inilah salah satu reaksi dan ekspresi berlebihan. Perbedaan sebenarnya bukan untuk memisahkan kita. Justru membuat kita bersatu satu dengan yang lainnnya. Karena perbedaan adalah kekuatan jika disikapi dengan benar. Karena pada prinsipnya dalam sebuah kompetisi pilkada, menang atau kalah tidaklah masalah. Yang penting setelah itu kita bersatu dan mendukung pemimpin yang telah mendapat suara terbanyak. Karena pada saat itulah setiap perbedaan ide dan gagasan dapat menjadi masukan yang berharga bagi calon terpilih. Sebab tujuannya bersamanya adalah membangun bangsa. Jadi, kemajuan suatu kota atau bangsa tidak bisa dikerjakan sendirian. Untuk melakukan bersama, kita butuh jalinan pertemanan.

Bagi anda yang sudah terlanjur unfriend dan delcon sohib anda, ini waktu yang tepat untuk sahabatan lagi. Jangan lebay sampe jadi musuhan. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh !!

Check Also

Ahok dan SBY Akhirnya Bertemu

IndonesiaOne.org – Basuki Tjahaja Purnama mengaku sempat bertemu dengan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *