4 Fakta Menarik tentang MUDIK

155
19-Mudik

Indonesiaone.org – Tidak terasa, bulan puasa sudah hampir berakhir dan umat Muslim bersiap-siap menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Di Setiap negara dengan masyarakat Muslim, tentunya merayakan Lebaran dengan cara dan tradisi yang berbeda-beda. Begitu pula dengan Indonesia yang memiliki ciri khas Lebaran yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain yaitu tradisi mudik.

Indahnya bersilaturahmi bersama dengan kerabat dan keluarga merupakan salah satu yang paling diingat saat mudik. Selain itu, mudik juga memiliki berbagai fakta unik yang mungkin tidak kamu tahu. Ini dia diantaranya :

1. Berasal dari Bahasa Jawa

Kata “Mudik” berasal dari bahasa jawa “Mulih Dhilik”, yang berarti “pulang dulu”, dan kemudian diangkat menjadi bahasa nasional untuk mendeskripsikan kegiatan para perantau kembali ke kampungnya.

2. 50% Penduduk Jakarta meninggalkan kota Jakarta saat musim mudik

Percaya atau tidak, ternyata setengah penduduk Jakarta meninggalkan kotanya untuk mudik. Tidak ada lagi yang namanya kemacetan di ibukota, bahkan di beberapa titik, kota terasa sangat sepi bagaikan kota tanpa penduduk.

Berdasarkan data dari Polda Metro Jaya, ada lebih dari 500 ribu jiwa yang mudik meninggalkan DKI Jakarta.

3. Mudik memiliki efek positif mengalirkan uang dari kota ke daerah

Selain aspek sosial budaya dan religi, mudik juga memiliki efek yang sangat positif pada sektor ekonomi. Mudik menjadi satu momentum untuk berbagi dengan sanak saudara yang berada di kampung halaman.

Bagi kebanyakan masyarakat daerah yang merantau ke kota, mereka pulang dengan membawa uang hasil bekerja di perkotaan dan membawanya ke daerah. Perpindahan jumlah uang yang cukup banyak tersebut membawa dampak positif pada bergeraknya sektor riil di daerah.

4. Sampah di kota Jakarta berkurang 25 persen

Berkurangnya populasi masyarakat yang tetap tinggal di hari mudik, secara otomatis mengurangi produksi sampah per hari hingga 25 persen. Volume sampah normal biasanya 5.681,02 ton per hari, saat di hari Lebaran biasanya hanya berkisar 4000 ton saja.

Itulah beberapa fakta menarik di balik hari mudik. Hati-hati di perjalanan bagi kamu yang mudik di tahun ini, selalu patuhi peraturan yang ada dan saling menghormati antar sesama pemakai jalan.