4 Hal yang Akan Kamu Sesali 10 Tahun Kemudian

1702
21-Penyesalan

Waktu kadang terasa begitu lambat, tapi juga terasa berlalu begitu cepat.

Ada banyak hal penting yang mungkin terlewatkan dalam hidup kita dan berlalu begitu saja. Sayangnya, membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk kita menyadarinya.

Seandainya kita tahu lebih cepat, pasti kita akan melewatkan tahun demi tahun dalam hidup kita dengan cara yang berbeda, yang lebih bermanfaat.

Untuk itu, Indonesiaone menyimpulkan 4 hal yang sering menjadi penyesalan orang, serta sedikit tips dan solusi mengatasinya, check this out :

1. Terjebak dalam hubungan yang merusak

Ada banyak orang yang terjebak dalam hubungan yang merusak hanya karena mereka takut untuk hidup sendiri/tidak memiliki pasangan. Meskipun tidak yakin akan orang tersebut, nyatanya mereka tetap memutuskan untuk menikahinya.

Bertahun kemudian mereka baru menyadari bahwa hidup sendiri masih jauh lebih baik dibandingkan air mata, kekecewaan, rasa sakit yang mereka alami selama bertahun-tahun.

1 2

Tips dari Indonesiaone :

Bijaksanalah dalam memilih pasangan. Lebih baik terlambat daripada salah memilih. Pastikan kita menguji terlebih dahulu apakah orang tersebut memiliki visi dan tujuan hidup yang sama dengan kita, juga kedewasaan dalam mental dan karakter karena itulah yang dibutuhkan di dalam berumah tangga.

Akan lebih baik lagi jika kamu meminta nasihat dan melibatkan orangtuamu atau kepada orang yang sudah teruji dewasa dalam mental dan karakter. (pembimbing rohani, kerabat, dll)

Baca artikel ini untuk tips super lengkapnya : Tips memilih Pasangan

2. Mengabaikan orang-orang yang kita sayangi

Seringkali di tengah rutinitas dan kesibukan yang ada, kita tidak menyempatkan waktu untuk memberi perhatian kepada orang-orang yang kita sayangi. Sibuk bekerja sehingga melupakan  istri yang bekerja di rumah, ataupun tidak pernah berkunjung lagi ke rumah orangtua yang sudah pensiun.

Kita barulah menyadari waktu yang berharga tersebut lama setelahnya, saat hubungan dengan pasangan sudah tidak lagi hangat, atau saat orangtua kita mengalami sakit keras.

3 4

Tips dari Indonesiaone :

Buatlah waktu dan jadwal untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang yang kita sayangi. Mengajak istri/suami makan malam bersama berdua sesekali ataupun mengajak anak-anak bersepeda bersama adalah waktu-waktu berharga yang tidak akan dapat diulang kembali.

3. Membuang-buang waktu

Ada banyak orang yang tanpa sadar membuang-buang waktunya untuk hal-hal yang sebenarnya tidak berguna. Apalagi di era kekebasan informasi dan media sosial yang sangat mudah dan murah untuk diakses.

Kepo-in gosip artis berjam-jam, keranjingan dan kecanduan main games, tidur dan bermalas-malasan di rumah adalah beberapa aktivitas yang sebetulnya bisa digantikan dengan berbagai aktivitas lain yang lebih produktif.

Di saat teman dan kerabat kita melakukan sesuatu yang berguna untuk meningkatkan skill, kemampuan dan kualitas hidup mereka, barulah kita sadar bahwa kita telah menyia-nyiakan waktu kita.

5 6

 

Tips dari Indonesiaone :

Segala sesuatu yang berlebihan cenderung akan merusak hidup kita.

Sah-sah saja kita mencari refreshing seperti main games, menonton serial TV, browsing di internet, asal semua itu dalam porsi yang sewajarnya.

Buatlah target kecil apa yang ingin kamu capai di bulan ini, dan target besar yang ingin kamu capai di tahun ini. Tidak perlu takut untuk membuat target yang tinggi, asal masih realistis dan memungkinkan untuk kamu capai.

Jangan terburu-buru dan terobsesi pada target yang muluk-muluk. Meskipun perlahan tapi FOKUS.

Take one step at a time (Melangkah maju setahap demi setahap)

Saat kamu berhasil menyelesaikan target yang kecil, berikan hadiah kecil pada dirimu sendiri. (Membeli makanan atau barang kesukaanmu, nonton Bioskop, dll). Hal ini akan membuatmu merasa bangga akan pencapaianmu dan terus termotivasi untuk mencapai target-target selanjutnya.

4. Gaya Hidup yang sembrono

Ada banyak orang khususnya anak muda yang seringkali hidup sembrono (tidak berpikir jauh ke depan). Kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman keras, memakan junk food, keseringan begadang, dan gaya hidup yang tidak sehat lainnya. (seringkali disebut “unhealty lifestyle”)

40 tahun pertama dari umur manusia adalah masa dimana orang tersebut “menaburkan” sesuatu. 40 tahun berikutnya adalah saat ia menuai hasilnya. Jika kita mengisi masa muda kita dengan gaya hidup yang tidak sehat, maka kita akan menanggung akibatnya di sisa umur kita nanti.

7 8

Tips dari Indonesiaone :

Jangan menunggu sakit baru bertindak! Ubahlah gaya hidupmu secepat mungkin.

Kamu bisa mengganti cemilanmu yang tidak sehat dengan buah-buahan, rasanya juga tidak kalah kok.. Segar dan bergizi.

Kamu dapat mengganti kebiasaan minum minuman keras dan merokok dengan berolahraga, karena saat selesai berolahraga sebenarnya tubuhmu juga mengeluarkan zat yang membuat pikiranmu tenang dan rileks. Jadi tidak perlu mencari ketenangan dari alkohol dan rokok..

Saatnya Action

Pilihan di tanganmu.

Artikel ini dapat berlalu begitu saja, tanpa kamu mengambil manfaat apapun bagi hidupmu. Atau justru sebaliknya mendatangkan banyak benefit bagi hidupmu ke depan.

Tips terakhir dari Indonesiaone : Jangan menyerah.

Kebiasaan yang telah terbentuk selama bertahun-tahun memang membutuhkan ketekunan dan niat yang teguh untuk mengubahnya. Jangan patah semangat jika kamu gagal satu atau dua kali.

Gagal itu biasa. Kekalahan adalah saat kita berhenti mencoba.

Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba…