4 Jenis Sikap Hati Manusia ! Kira-kira Kamu yang Mana ya ?? (Part 1)

Hati Manusia

IndonesiaOne.org – Di dalam diri setiap manusia terdapat sikap hati serta mentalitas yang sudah terbentuk dari lingkungan ataupun orang-orang yang ada di sekitarnya.

Hati manusia itu ibarat sebuah tanah yang sedang akan ditaburi oleh benih tumbuhan. Tanah yang dimaksud disini adalah sikap hatimu, sedangkan benih yang ditabur adalah prinsip nilai kebenaran hidup yang sejati.

Steven Agustinus seorang Potential Explorer serta Motivator menjelaskan ada 4 jenis sikap hati dalam kehidupan manusia, yang pertama adalah :

1.  Jenis Sikap Hati ‘Pinggir Jalan’

“Pada waktu ia menabur, sebagian benih itu jatuh di pinggir jalan, lalu datanglah burung dan memakannya sampai habis.”

Jenis hati seperti ini cenderung tidak bisa mengerti atau bahkan sama sekali tidak berusaha untuk coba memahami prinsip nilai kebenaran hidup yang sejatinya. Hidupmu sudah terlanjur memiliki filosofi hidup yang berbanding terbalik dengan prinsip nilai kebenaran hidup.

Sebagai contohnya, kamu akan lebih memilih cara-cara kotor dan instan atau bahkan mengorbankan integritas hidupmu hanya untuk menjadi orang yang kaya. Padahal prinsip kebenaran hidup yang benar adalah :

Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya, tidak akan luput dari hukuman

Kamu pun tidak mau menerima setiap prinsip nilai kebenaran yang bertentangan dengan filosofi hidup yang ada dalam dirimu. Maka dari itu jenis sikap hati seperti ini di ibaratkan tanah pinggir jalan yang tidak memungkinkan untuk benih tanaman yang akan ditaburkan dapat bertumbuh disana.

Sedangkan perumpamaan tentang “datanglah burung dan memakannya sampai habis” adalah berbicara mengenai filosofi dalam dirimu berupa pemikiran dan sudut pandang akan hidup ini yang bertentangan dengan prinsip kebenaran hidup sehingga ‘benih yang ditabur’ (yakni prinsip nilai kebenaran) itu segera termakan habis oleh filosofi yang ada dalam dirimu.

Solusi untuk menanggulangi sikap hati seperti ini adalah dengan belajar membuang segala filosofi atau konsep pikir yang salah yang selama ini bercokol dalam dirimu. Kemudian menggantikannya dengan prinsip kebenaran hidup yang sejatinya. Memang untuk mengubah konsep pola pikir yang sudah terbangun lama di dalam hidupmu itu tidak mudah namun juga tidak mustahil untuk dilakukan.

Miliki sikap hati yang rendah hati, mau belajar dan di ajar serta mau berubah. Karena dengan cara inilah kamu dapat merubah mindset dan filosofi hidup yang masih salah dalam dirimu.

(so)

No Comments on "4 Jenis Sikap Hati Manusia ! Kira-kira Kamu yang Mana ya ?? (Part 1)"

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>