Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / 4 Jenis Sikap Hati Manusia ! Kira-kira Kamu yang Mana ya ?? (Part 3)

4 Jenis Sikap Hati Manusia ! Kira-kira Kamu yang Mana ya ?? (Part 3)

IndonesiaOne.org – Steven Agustinus seorang Potential Explorer serta Motivator menjelaskan ada 4 jenis sikap hati dalam kehidupan manusia, yang ketiga adalah :

3.   Jenis Sikap Hati ‘Bersemak Duri’

Sebagian lagi jatuh di tengah semak duri, lalu makin besarlah semak itu dan menghimpitnya sampai mati.

Jenis seperti ini adalah kamu yang mencintai prinsip nilai kebenaran hidup tapi sayangnya nilai-nilai tersebut diterapkan hanya sebatas di area dan kegiatan yang berbau kerohanian saja. Sedangkan di dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, kamu lebih memilih menggunakan filosofi hidup yang padahal sangat bertentangan dengan prinsip kebenaran hidup itu sendiri.

Sebagai contoh, saat kamu berada di satu acara kegiatan agama maka kamu akan berperilaku bak orang yang paling mulia yang melakukan setiap nilai-nilai yang diajarkan oleh agama yang kamu anut. Namun saat berada di kehidupan sehari-hari (entah di rumah, sekolah, kuliah atau pekerjaan) setiap keputusan, tindakan dan responmu sangat berbeda dengan tindakannya saat berada di kegiatan kerohanian sebelumnya. Tanpa merasa bersalah, kamu dengan santainya melakukan cara-cara kotor demi mendapatkan apapun yang kamu inginkan. Bahkan kamu tidak memperdulikan integritas yang ada dalam dirimu.

Jenis hati seperti ini biasanya akan mengeluarkan statement atau pernyataan bahwa “prinsip kerohanian tidak bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari (termasuk di rumah, sekolah, kuliah, tempat pekerjaan dan lainnya) karena itu merupakan dua dunia yang berbeda.” Padahal prinsip nilai kebenaran justru harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena nilai-nilai tersebutlah yang akan membuatmu menjalani kehidupan yang sehat (sehat dalam mental, jiwa, kerohanian, integritas, keluarga dan sebagainya) dan menjadi pribadi yang bermartabat.

Jika kamu merupakan salah satu orang yang memiliki hati seperti ini, solusi untuk mengubahnya adalah dengan miliki sikap hati yang terbuka mau belajar dan diajar serta pastikan untuk kamu terus mengikuti tuntunan hati nurani. Karena hati nurani itulah yang akan membawamu untuk alami kehidupan yang sehat.

(so)

Check Also

8 Ciri Wajah Operasi Plastik

Dikutip dari CBSNews Dr Anthony Youn, seorang ahli bedah kosmetik di Troy, Michigan menuturkan ada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *