4 Kebiasaan yang Membuatmu Cerdas

Feature-1

Apakah kamu ingin menjadi semakin cerdas ?

Kalau kamu menjawab “YA!” dengan antusias, maka kamu pasti akan menyukai tulisan ini.

Pengetahuan dan kecerdasan adalah hal yang sangat menarik, karena kita dapat terus berkembang tanpa batas dengan proses belajar yang tiada akhir. Proses belajar  juga sangat berkaitan dengan kebiasaan sehari-harimu.

Inilah 4 Kebiasaaan Sehari-hari yang membuat pikiranmu semakin tajam dan cerdas :

1. Selalu Ingin tahu.

Banyak-banyaklah bertanya dan ingin tahu akan berbagai hal. Kebiasaan bertanya akan membuka cakrawala pikiran kita menjadi lebih luas, dengan berbagai macam kemungkinan, pilihan, dan jawaban.

Ajukan pertanyaan yang mendalam dan bermanfaat (bukan sekedar penasaran/kepo) , misalnya :

  • Bagaimana kalau aku melakukannya dengan cara lain ?
  • Apa penyebab motorku sering boros bensinnya ?
  • Darimana munculnya angka-angka itu ? bagaimana fungsi kerjanya ?

pertanyaan-pertanyaan barusan akan mengantarkanmu menemukan hal-hal yang jauh lebih baik dan lebih efisien.

Menelan mentah-mentah suatu informasi membuat pikiran kita menjadi pasif. Efek buruknya adalah, kemampuan nalar dan logika kita menjadi berkurang dan kitapun mudah untuk dihasut/diprovokasi oleh orang lain.

Ada banyak penemuan-penemuan hebat, teknologi canggih, serta aksi kemanusiaan yang mengubahkan sejarah hidup manusia berawal dari pertanyaan-pertanyaan yang sederhana.

Rasa Ingin TahuBukalah Cakrawala Pikiranmu

2. Mencoba hal-hal baru.

Setiap manusia mempunyai zona nyaman nya masing-masing, dan pada umumnya kita “malas/takut” untuk keluar dari zona nyaman yang kita miliki.

“Jangan mengharapkan hasil yang berbeda jika masih melakukan tindakan yang sama secara terus-menerus.”

Ada banyak kasus dimana orang mengeluh tentang hidupnya yang stuck dan tidak ada kemajuan apa-apa. Padahal hal itu disebabkan karena ia tidak mengubah strategi dan caranya dalam melakukan sesuatu. Tentu saja ia akan mendapatkan hasil yang sama.

Mencoba hal baru dapat dimulai dari yang sederhana seperti mencoba rute alternatif saat pulang pergi sekolah/kantor, mempelajari olahraga yang baru, atau bahkan mencoba makan di restoran yang belum pernah kamu kunjungi.

Kebiasaan ini akan membuatmu menjadi seseorang yang fleksibel dan tidak anti terhadap perubahan.

Comfort ZoneKeluarlah dari Zona Nyamanmu

3. Melihat dari Perspektif yang berbeda.

PerspektifBerbeda perspektif

Dalam ilustrasi diatas, ada 6 orang dengan mata tertutup diminta menebak benda apa yang mereka raba. Orang pertama meraba gading gajah dan berkata bahwa ia meraba sebuah tombak. Orang yang meraba belalai berkata ia meraba sebuah ular. Orang yang meraba kaki gajah berkata bahwa itu adalah sebuah pohon. Keenam orang tersebut mengatakan hal yang berlainan terhadap sebuah objek yang sama yaitu gajah.

Pendapat yang berbeda itu sebenarnya hanya karena perbedaan perspektif.

Kebiasaan untuk melihat dari perspektif yang berbeda akan menolongmu memahami perbedaan yang dikemukakan orang lain. Hal ini memuat pikiranmu tidak “cupet” atau sempit bagaikan katak dalam tempurung.

Untuk melatihnya, kamu dapat mengajukan pertanyaan : “Kenapa dia berpikir seperti itu? Apa dasar orang tersebut berkata seperti itu ?”

Mencoba untuk melihat dan memahami sudut pandang dan cara pikir orang lain akan membuatmu mampu melihat segala sesuatu dari sudut pandang luas, sebuah gambar yang besar. Kemampuan inilah yang membuat seseorang mampu membuat sebuah masterplan dengan sempurna. Kemampuan ini sangat dibutuhkan bagi seorang pemimpin dan manajer yang mengelola banyak hal.

4. Rajin Mencatat.

Kebiasaan mencatat setiap informasi membantumu memperkuat ingatanmu. Kamu juga bisa mencoret-coret di catatanmu sketsa dan ide yang muncul sehingga dapat langsung dipakai saat nanti kamu membutuhkannya.

Kebiasaan mencatat buah pemikiranmu lewat sebuah tulisan, juga bermanfaat untuk kamu mengevaluasi dan refleksi diri. Kamu dapat melihat tulisan-tulisanmu di masa lalu dan melihat seberapa jauh kamu telah berkembang, atau justru kamu diingatkan tentang hal-hal baik yang dulunya ada pada dirimu, tapi kini telah luntur.

Itu dia 4 kebiasaan yang membuat pikiranmu semakin tajam dan cerdas. Semoga bermanfaat.