Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / 4 Manfaat Pertemanan Yang Beragam

4 Manfaat Pertemanan Yang Beragam

IndonesiaOne.org – Sebagai makhluk sosial tentunya kita tidak bisa lepas dari pergaulan dengan sesama. Dan tidak bisa dipungkiri, keberadaan orang – orang sekitar sangat mempengaruhi kehidupan kita. Baik itu keluarga, teman dekat, rekan kerja, dan kawan bermain. Semua mereka pastinya memiliki beraneka ragam sifat serta kepribadian. Ada baiknya jika kita mulai belajar menyikapi perbedaan dengan kedewasaan. Sehingga perbedaan yang ada bukan lagi menjadi masalah, tapi justru menjadikan kita semakin bijak dan pandai bergaul.

Berikut ini adalah manfaat yang dapat anda alami ketika dikelilingi oleh orang – orang yang berbeda dengan kepribadian anda :

Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang berbeda darimu merupakan hal yang baik.

 

  1. Tantangan untuk mencoba hal yang baru, tentunya hal yang positif.

Jika kamu selama ini suka sendirian dan mengurung diri di kamar, ada baiknya mencoba menerima ajakan teman atau saudara untuk keluar mencoba hal yang baru bagi anda. Seperti naik gunung, berolahraga bersama, atau traveling menikmat objek wisata alam lainnya. Hal itu membuat anda keluar dari “comfort zone”. Dengan demikian anda akan mulai menemukan potensi – potensi baru yang bermunculan. Sehingga hal itu akan melengkapi anda menjadi pribadi yang jauh lebih menarik dari sebelumnya.

  1. Memberi perspektif unik

Teman yang melihat dunia berbeda denganmu adalah orang yang menawarkan sudut pandang berbeda yang tidak pernah terpikir oleh kamu sebelumnya. Ini akan membuat kita menjadi pribadi yang dewasa dalam menyikapi sesuatu dan bisa belajar memahami satu sama lain. Tidak terburu – buru menentang tanggapan dan opini orang lain, melainkan menjadi pendengar yang baik. Ingat, prinsip komunikasi yang sehat, bukan seberapa banyak dan pandai kita bicara, melainkan seberapa sabar kita untuk mendengar.

  1. Belajar menanggulangi konflik

Saat dikelilingi dengan berbagai jenis orang, akan selalu ada peluang untuk terjadinya konflik. Ini hal yang lumrah. Hal terpenting adalah bagaimana mengatasi konflik tersebut dengan sikap yang mau mengampuni. Dan terbuka untuk dikoreksi atau ditegur. Sebab perbedaan jika dijalani dengan kasih maka akan menciptakan kesatuan persaudaraan yang sangat kuat. Perbedaan adalah kekuatan. Kesamaan sikap hati adalah perekat yang menyatukan!

  1. Menjadi rendah hati

Dalam pergaulan dengan banyak orang yang berbeda akan membuat kita menjadi rendah hati menerima kelebihan orang lain. Karena ada banyak dari antara mereka yang mempunyai kelebihan daripada kita. Hal itu bukan untuk membuat kita tersaingi, melainkan untuk memperlengkapi diri kita dan menutupi kelemahan kita. Tanpa kerendahan hati menyikapi kelebihan orang lain, maka kita akan selalu jadi pemicu “persaingan” yang tidak sehat.

So guys, jangan takut dengan perbedaan! Sebab perbedaan justru membuat kita lebih solid, matang, dan dewasa. Boleh berbeda, tapi hati harus satu tujuan, dan satu prinsip saling mengasihi!

Check Also

Lampaui Target Emas, Indonesia Cetak Sejarah di Asian Para Games 2018

Indonesia berhasil melewati raihan 16 emas yang dijadikan target Asian Para Games 2018. Total emas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *