Home / BICARA - BINCANGAN RAKYAT / Hiburan / 4 Penyakit yang Justru Membuat Manusia Semakin Kuat

4 Penyakit yang Justru Membuat Manusia Semakin Kuat

Indonesiaone.org – Suatu penyakit seringkali terjadi karena ada suatu hal yang tidak normal di dalam tubuh manusia, dan pada umumnya mendatangkan kerugian dan kelemahan pada tubuh manusia.

Namun ternyata tidak setiap penyakit atau kelainan menyebabkan tubuh menjadi lemah, justru ada beberapa penyakit dan kelainan tubuh yang justru menyebabkan “mutasi” genetik dan membuat orang yang bersangkutan menjadi lebih kuat.

Berikut adalah beberapa penyakit yang justru buat manusia makin kuat.

1. Ehlers-Danlos Syndrome


8

Jika kamu adalah penggemar atraksi sirkus, mungkin pernah melihat beberapa orang yang memiliki kelenturan tubuh yang sangat tinggi. Tubuh mereka sangat fleksibel hingga dapat dimasukkan ke dalam koper, atau tumitnya dapat menyentuh ubun-ubun, dan lain-lain.

Memang kelenturan tubuh dapat dilatih, tetapi seringkali dalam beberapa kasus kelenturan tubuh yang “tidak normal” biasanya itu disebabkan oleh suatu kelainan yang dinamakan Ehlers-Danlos Syndrome.

Kelainan ini disebabkan oleh kondisi turunan yang mengubah struktur kolagen dalam tubuh mereka, dan membuat tubuh mereka memiliki elastisitas yang sangat tinggi terhadap jaringan ikat di kulit, sendi, dan otot mereka.

Orang yang memiliki kelainan ini salah satunya adalah Daniel “Rubberboy” Browning Smith, yang mampu memasukkan dirinya dalam koper, melewatkan tubuhnya di sebuah raket tenis, dan memutar badannya 180 derajat.

2. Myostatin-Related Muscle Hypertrophy

hqdefault

Apa kamu adalah orang yang senang pergi ke gym dan membentuk otot-otot di tubuhmu ?

Saat awal-awal seseorang pergi ke gym, pasti pernah berpikir seandainya proses pembentukan otot dapat dipercepat dan dapat menjadi sangat kuat tanpa latihan sedikitpun. Hal-hal ajaib ini dapat terjadi seandainya kamu memiliki kelainan yang dinamakan Myostatin-Related Muscle Hypertrophy.

Kondisi ini adalah mutasi gen yang dapat menginstruksikan tubuh untuk memproduksi myostatin, sebuah gen yang membatasi pertumbuhan otot. Dengan ini, hanya dengan asupan protein yang rendah pun, tubuh akan memproduksi massa otot dengan lebih efektif. Jika ada bayi yang terlahir dengan kondisi ini, maka dia akan jadi bayi berotot layaknya bayi nge-gym. Sang bayi pun akan tumbuh jadi orang yang lebih kuat ketimbang teman-teman seumurannya.

Dalam contoh kasus, ada balita bernama Liam Hoekstra, yang di usia 5 bulan sudah melakukan berbagai gerakan senam. Seorang bayi di Jerman juga dikabarkan memiliki kondisi yang sama, dan dilaporkan memiliki kekuatan yang sangat tinggi dibanding bayi lainnya.

3. Low-density lipoprotein receptor-related protein 5

boneup

Kondisi yang dikenal sebagai mutasi gen LRP5 ini adalah kondisi di mana gen yang bertugas menentukan massa jenis tulang termutasi. Hal ini bisa membuat tulang tak bisa hancur.

Dalam contoh kasus, seorang korban kecelakaan yang dirawat di rumah sakit di Connecticut, ternyata sama sekali tidak apa-apa. Setelah diperiksa, orang tersebut adalah orang dengan massa jenis tulang paling tinggi yang pernah ada. Penelitian pun akhirnya dilakukan berdasarkan temuan ini, dan diharapkan penemuannya bisa menyembuhkan osteoporosis.

4. ‘Short Sleeper’

196qih4eoemsejpg

Short sleeper adalah orang yang mampu tidur sebentar saja namun tetap bisa berenergi. Hal ini terdengar menarik, namun ternyata ada mutasi di sebuah gen yang bernama DEC2, yang bertugas mengatur jam biologis tidur manusia.

Mereka yang termutasi ini tak hanya butuh waktu tidur yang sedikit, namun juga memiliki imunitas tubuh untuk tidak mengalami kurang tidur atau insomnia.

Mutasi gen ini juga dikenal sebagai “The Thatcher gene,” yang merujuk kepada mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher yang konon ceritanya menjalankan pemerintahan Inggris hanya dengan 4 jam tidur per malam.

Keempat penyakit unik tersebut memang merupakan kondisi yang sangat langka dan hanya dialami oleh sekumpulan kecil orang saja. Menarik untuk menjadi pelajaran bagi kita manusia yang terlahir dengan normal ataupun memiliki kekurangan, apapun kondisi dan keadaan yang kita alami, kita adalah seorang makhluk ciptaan Tuhan yang sempurna dan memiliki fungsi dan tugas masing-masing yang mulia di muka bumi ini.

Maka selalu bersyukurlah akan keberadaanmu, dan tetap lakukan yang terbaik di dalam hidupmu.

Check Also

Seorang Pria Terbang Sejauh 25 KM Mengendarai 100 Balon Helium, Terinspirasi dari Film “UP”

Seorang petualang asal Inggris baru-baru ini menjalani pengalaman yang sangat unik yaitu terbang setinggi 8000 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *