5 Alasan Anak Bungsu Bisa Jadi Teladan Melebihi Si Sulung

5 Alasan Anak Bungsu Bisa Jadi Teladan Melebihi Si Sulung cover

IndonesiaOne.org – Di keluarga mana pun pastinya kita akan selalu mendapati bahwa anak sulung harus menjadi teladan bagi adik-adiknya. Karena setiap apa yang akan dilakukan oleh kakaknya pasti akan ditiru oleh sang adik.

Tapi sayangnya tak sedikit dari anak sulung yang tidak dapat memberikan teladan yang baik bagi adiknya. Sehingga anak bungsu seringkali protes kepada orangtua mengenai perilaku dari si sulung.

Lalu apakah kamu termasuk anak bungsu yang belum bisa mendapatkan teladan yang baik dari kakakmu ?? Berhenti mengeluh dan mari lihat bahwa ternyata ada banyak alasan baik untuk kamu menjadi teladan melebihi kakakmu :

1.   Belajar Dari Kesalahan Kakak

5 Alasan Anak Bungsu Bisa Jadi Teladan Melebihi Si Sulung 1

Sebagai adik, sebenarnya kamu dapat belajar dari kesalahan yang dilakukan kakakmu. Kemudian jadikan itu sebagai batu loncatan untuk meraih kesuksesan yang belum diraih oleh kakakmu. Dan pastinya kamu tidak perlu bersusah payah mengalami kegagalan ataupun kesalahan yang dilakukan kakakmu.

2.   Menjadi Teladan

5 Alasan Anak Bungsu Bisa Jadi Teladan Melebihi Si Sulung 2.

Meski kamu tahu akan kesalahan kakakmu tetapi kamu justru bertekad untuk tidak mencontoh kekeliruan tersebut. Di saat kamu berketetapan seperti ini, justru tanpa disadari kamu sedang menjadi teladan bagi kakakmu. Dan percayalah, keteladananmu ini suatu hari akan menjadi inspirasi yang mengubahkan kakakmu.

3.   Menjadi Pribadi yang Dewasa

5 Alasan Anak Bungsu Bisa Jadi Teladan Melebihi Si Sulung 3Kedewasaan tidak diukur dari umur seseorang, karena tidak sedikit orang yang usianya telah dewasa tetapi tidak memiliki sikap yang dewasa. Kedewasaan hanya bisa diukur dari cara seseorang menilai dan memutuskan segala sesuatu dengan sudut pandang yang tepat sesuai dengan prinsip kebenaran.

Nah meski kamu paling kecil di keluarga, tetapi jika kamu bersikap selayaknya orang dewasa yang penuh dengan kebijaksanaan maka kamu dapat dikatakan sudah dewasa dalam menghadapi sesuatu.

4.   Belajar Menghormati Jika Ingin Dihormati

5 Alasan Anak Bungsu Bisa Jadi Teladan Melebihi Si Sulung 4Saat kamu sudah sukses melebihi kakakmu, kamu harus belajar untuk terus menghormatinya. Sebesar apapun kesalahan atau kegagalan yang ia lakukan, ia tetaplah seorang kakak bagimu. Berikan respek sebagaimana mestinya. Karena kamu tidak akan bisa dihormati orang lain jika kamu sendiri tidak menghormati kakakmu sendiri.

5.   Menjadi Anak Kebanggan dan Penghiburan bagi Orangtua

5 Alasan Anak Bungsu Bisa Jadi Teladan Melebihi Si Sulung 5Di tengah pergumulan yang masih dialami oleh orangtuamu karena perilaku yang dilakukan kakakmu. Kamu justru menjadi anak yang bisa menjadi kebanggan serta penghiburan bagi orangtua. Kamu pun bisa diandalkan dalam segala situasi yang sedang dialami oleh orangtuamu.

Jadi bagi kamu anak bungsu, jangan pernah mengeluh ataupun protes karena perilaku kakakmu. Karena masih banyak hikmah yang bisa dijadikan alasan yang baik bagimu sebagai teladan di keluarga. “SO.. ANAK BUNGSU BISA JUGA LHO JADI TELADAN !! “

(so)

No Comments on "5 Alasan Anak Bungsu Bisa Jadi Teladan Melebihi Si Sulung"

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>