5 Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Harganya Bisa Murah

372
1-Xiaomi

Indonesiaone.org –  Smartphone Xiaomi memang merupakan pendatang baru dalam industri smartphone dunia, namun sudah mampu mencuri hati berbagai penggemar smartphone dari berbagai kalangan. Berdiri sejak tahun 2010, popularitas Xiaomi terus beranjak naik hingga pada tahun 2015 Xiaomi menduduki peringkat keempat sebagai produsen smartphone terbesar di dunia.

Spesifikasi smartphone yang setara dengan handphone-handphone tercanggih keluaran merk lain membuat Xiaomi dilirik oleh para pengguna smartphone, apalagi harganya yang jauh lebih murah dibandingkan para pesaingnya.

Spesifikasi yang tinggi namun dengan harga 30-50% lebih murah membuat orang kadang bertanya-tanya, mengapa Xiaomi mampu membanderol produknya dengan harga murah namun dengan spesifikasi tinggi.

Berikut ini adalah 5 alasan mengapa Smartphone Xiami harganya bisa lebih murah :

1. Tanpa Iklan

Xiaomi memiliki strategi bisnis yang unik dalam mempromosikan produk mereka. Xiaomi tidak tidak menggunakan jalur yang sama seperti vendor-vendor besar lainnya yang royal dalam promosi iklan, brand ambassador, dan event-event besar.

Xiaomi lebih mengandalkan jaringan media sosial dan para fans untuk mempromosikan produknya. Melalui media sosial, produk Xiaomi diperkenalkan dari mulut ke mulut. Dengan cara ini, Xiaomi telah menghemat banyak dana dan mengalokasikannya untuk merilis smartphone baru di setiap tahunnya.

2. Fokus pada jualan online

Dibandingkan Samsung dan Apple yang berani mengeluarkan dana lebih untuk toko offline, Xiaomi lebih suka menjual produk mereka melalui toko online. Hal ini tentu bisa memangkas banyak biaya seperti perawatan toko dan gaji karyawan. Xiaomi menggandeng beberapa e-commerce seperti Lazada untuk menawarkan produk dan memberikan berbagai event menarik disana seperti ‘Flash Sale’. Jadi tidak heran kalau produk mereka selalu laris manis dan ludes dalam hitungan menit saja.

3. Limited Stock

Xiaomi juga seringkali menjual produknya dengan stok yang terbatas.

Dengan menjual handphone dengan jumlah terbatas, Xiaomi bisa menyesuaikan harga smartphone dengan harga komponen yang semakin lama akan semakin murah. Misalnya sekarang Xiaomi menjual produk sejumlah 100 dengan harga 3 juta dengan ongkos 2 juta per produknya. Dan jika semua produk telah habis terjual, mereka baru membuatnya lagi dan menjualnya dengan harga yang lebih murah karena biaya komponen juga sudah turun. Begitu kurang lebihnya.

Kebijakan ini membuat Xiaomi tidak mampu memenuhi seluruh permintaan konsumennya. Ini karena Xiaomi hanya menjual setiap seri smartphone secara terbatas dan penjualannya pun dilakukan dengan sangat cepat. Dengan cara ini pula, Xiaomi tidak perlu mengeluarkan dana untuk penyimpanan dan pemeliharaan produk.

4. Kerjasama Strategis

Xiaomi didirikan oleh pemain-pemain lama dalam dunia bisnis teknologi, termasuk Hugo Bara yang dulu sempat menjabat sebagai Vice President Xiaomi. Xiaomi memiliki banyak mitra besar termasuk Qualcomm. Dengan begitu, Xiaomi bisa mendapat pasokan komponen dan prosesor dengan harga miring.

5. Sedikit Varian

Xiaomi hanya memiliki 2 varian smartphone yaitu Redmi dan MI yang merupakan seri flagship. Dengan begitu, Xiaomi bisa berfokus pada 2 varian itu saja dalam hal pengembangan software. Ketersediaan komponen juga menjadi lebih efisien karena tidak banyak produk.

Itulah 5 alasan mengapa Xiaomi mampu menjual produknya dengan harga yang jauh lebih murah. Banyak orang yang telah memakai produknya mengatakan bahwa meskipun murah bukan berarti murahan, karena produk Xiaomi terbukti kuat dan awet.

Nah bagaimana, apa kamu juga tertarik dengan smartphone yang satu ini ?