5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memilih Untuk Tidak MEMBENCI Seseorang

cara tidak membenci seseorang

IndonesiaOne.org – Semakin kamu dekat dengan seseorang pastinya kamu akan memiliki kesempatan yang besar untuk bergesekan dengan orang tersebut. Dan hal itu tidak bisa dihindari olehmu.

Apabila gesekan tersebut makin intens dan meruncing maka akan memberikan 2 hasil yang berlawanan yaitu makin mempererat hubungan atau justru  menghancurkan hubungan yang sudah telah terjalin.

Lalu bagaimana cara agar gesekan yang ada tidak membuat hubungan menjadi rusak ?? Jawabannya sangat sederhana ambil keputusan untuk tidak membencinya lalu mengampuni orang itu.

Berikut IndonesiaOne.org memberikan 5 alasan mengapa kamu harus memilih untuk tidak membenci orang yang sedang berkonflik denganmu :

1.  Membenci Seseorang Bukanlah Perintah Dari Tuhan

Life Quote - Air Di Atas Bara Apivia instagram : indonesiaone.org_quote

Tuhan tidak pernah mengajarkan untuk kamu menjadi membenci seseorang karena perbuatan salah yang telah ia buat. Tetapi yang harus kamu benci adalah perbuatan yang salah itu dan tidak menjauhi orang yang bersangkutan. Namun justru kamu harus mulai memainkan perananmu yakni menginspirasi, mengingatkan dan mensupportnya untuk alami perubahan serta terobosan didalam hidupnya.

baca juga : 6 Kekuatan Dari ‘PERKATAAN’ Yang Bisa Mengubahkan Hidup Seseorang !! (Part 1)

2. Jangan Lihat Kesalahan Orang Lain Padahal Kamu Tidak Mau Melihat Kesalahan Besar Dalam Dirimu

Life Quote - Merasa Diri Sudah Bisa dan Pintarvia instagram : indonesiaone.org_quote

Selama kamu masih bernafas itu menandakan bahwa kamu masih terus berada di dalam proses kehidupan, begitu pula orang lain. Jadi jangan pernah menganggap diri paling sempurna saat melihat kesalahan yang dibuat oleh orang lain.

Kamu dan kita semua manusia yang ada di kehidupan ini, tidaklah lepas dari kesalahan dan kegagalan. Kita mendapatkan proses kehidupan sesuai dengan takaran kemampuan kita masing-masing. Yang menentukan cepat atau lambatnya perubahan hidup adalah keputusan dari diri kita masing-masing. Jadi jangan pernah membenci seseorang karena kesalahannya karena kita semua yang masih hidup ini tetap sedang dalam proses pembelajaran hidup.

Lalu apakah kita tidak boleh menegur seseorang jika kita melihat kesalahan yang diperbuat orang itu ? Kamu boleh mengingatkan ataupun menegur jika orang itu melakukan kesalahan. Namun yang harus diperhatikan, jangan sampai teguranmu itu justru akhirnya membuatmu memandang rendah orang itu dan merasa diri lebih sempurna darinya.

Namun apabila kamu membenci seseorang, sesungguhnya kamu sedang menunjukkan bahwa kamu hanya bisa melihat kesalahan-kesalahan dalam diri orang lain. Tetapi tidak bisa melihat kesalahan besar yang kamu perbuat. Apa kesalahan besar itu ?? Kesalahan besar yang tidak bisa kamu lihat salah satunya adalah menyimpan benci kepada orang tersebut.

baca juga :4 Ciri Orang Yang Tidak Mau Ditegur (Part 1)

3.  Mengampuni Justru Membuatmu Melepaskan Belenggu Kenestapaan Hidup

Life Quote - Kejahatan dan Kebencianvia instagram : indonesiaone.org_quote

Dengan kamu mengambil keputusan untuk mengampuni seseorang yang melakukan kesalahan kepadamu. Justru kamu sedang melepaskan ikatan belenggu yang selama ini terus melukai dirimu.

Namun apabila kamu lebih memilih membenci dan tidak mengampuni, justru kamu sedang terus melukai batinmu sekaligus menimbun penyakit didalam dirimu. Karena dengan membenci, sesungguhnya orang itu sedang terus menghasilkan energi negatif dalam dirinya, yang pada akhirnya hanya membuat dirinya jatuh ke dalam berbagai penyakit.

Jadi dengan kamu mengampuni, sesungguhnya kamu sedang menjauhkan diri dari berbagai bentuk kehancuran yang akan merusak dirimu sendiri. Dan juga mendatangkan kedamaian dan kebahagiaan bagi dirimu sendiri.

baca juga : Mengapa Memaafkan Itu Sangat Penting Bagi Kamu ??

4.  Mengampuni Membukakan Pintu Pemulihan Hubungan Yang Telah Rusak

Life Quote - Forgivenessvia instagram : indonesiaone.org_quote

Mungkin orang yang bersalah kepadamu ingin meminta maaf namun terhalang dengan ketakutan ataupun rasa bersalahnya kepadamu. Namun dengan kamu memberi pengampunan, sesungguhnya kamu sedang membuka pintu pemulihan bagi hubungan yang pernah rusak antara kamu dengan orang tersebut. Bahkan mungkin hubungan serta kepercayaan satu sama lain makin terjalin harmonis dan solid.

baca juga : 5 Cara Memulihkan Komunikasi yang Rusak Antara Kamu Dengan Orangtua

5.  …………….

Nah untuk poin kelima, tulislah alasan mengapa kamu memilih tidak membenci kepada orang yang berbuat salah kepadamu di kolom komentar artikel ini. Pastinya akan ada berbagai alasan yang bisa kamu kemukakan saat kamu berkeputusan untuk tidak membenci seseorang.

Mari kita bersama-sama memberantas konflik batin yang selama ini terus mengikat batin kita. Dengan begitu, kita akan menciptakan kehidupan ini yang penuh dengan kebahagiaan serta kedamaian. Tindakan tidak membenci dan mau mengampuni adalah sebuah keputusan dan bukanlah suatu kondisi yang harus di rekayasa agar mood kita bisa terbangun lalu kita dapat memberikan pengampunan !! Jadi ambilah keputusan untuk tidak membenci dan memaafkan.

Dengan mengampuni, kamu tidak akan pernah menyesali tindakan yang kamu lakukan tersebut.

(so)