5 Cara Keluar Dari Masalah Hidup Yang Menekan

683
5 Cara Keluar Dari Masalah Hidup Yang Menekan

IndonesiaOne.org – Setiap manusia pasti memiliki permasalahan hidup. Ada yang ringan, sedang, dan juga berat. Tentunya beratnya permasalahan berbeda – beda. Sebab permasalahan orang lain yang kita anggap ringan pastilah berat baginya, begitupun sebaliknya apa yang kita anggap sebagai masalah berat mungkin saja merupakan masalah ringan bagi orang lain.

Seseorang yang sedang menghadapi masalah tertentu pasti ingin cepat menemukan solusi. Sehingga permasalahan yang ada tidak lagi menekan kehidupannya. Ada yang berhasil menyelesaikan masalah dengan cepat, ada juga yang cukup lama. Pilihan ada ditangan kita.

Berikut ini adalah tips untuk keluar dari masalah hidup yang menekan

  1. Temukan akar masalah.

Ada banyak permasalahan yang berlarut-larut dan terjadi berulang kali meskipun sudah dicari jalan keluarnya. Itu artinya, akar masalah belum tercabut sepenuhnya dan permasalahan tersebut dapat tumbuh kembali.

Misalnya saja masalah pertengkaran berpasangan saat berpacaran atau menikah. Mungkin masalah yang dipedebatkan sepertinya sepele hanya soal lupa memberi kabar kepada pasangan. Tetapi jika kita mau melihat lebih dalam akar masalahnya adalah kepercayaan. Pastinya diantara salah satu pasangan atau malah keduanya tidak percaya akan pasangannya atau kepercayaannya telah luntur. Solusinya adalah memperbaiki kepercayaan tersebut dengan menunjukkan bukti lewat tindakan pada pasangan bahwa kita dapat dipercaya.

Boros, ingin bermewah – mewah, tidak suka menabung, gonta ganti hp, ada uang selalu dihabiskan tanpa berpikir panjang, uang digunakan untuk beli rokok. Itu semua adalah contoh dari akar masalah keuangan yang harus dicabut. Jika suka menabung dan gak hidup bermewah – mewah, pasti tidak akan adalah masalah keuangan (kekurangan).

Dendam, kecewa, benci, ingin balas dendam. Inilah akar masalah dari hubungan antara sesama yang kian lama semakin keruh. Solusinya adalah milikilah hati yang mau mengampuni.

Intinya, temukan akar masalah, dan tanggulangi/cabut akar permasalahan tersebut. Pasti permasalahan akan hilang begitu saja.

  1. Tenang saja, Tuhan tidak tutup mata.

Seringkali kita merasa tidak adil, dan merasa capek dan lelah menghadapi masalah. Namun sesungguhnya Tuhan tidak pernah tidur. Dia akan mengkondisikan segala sesuatunya mendatangkan kebaikan buat kita. Asal kita mau terus berharap kepadaNya, maka pertolongan Tuhan pasti akan datang tepat pada waktunya.

  1. Pasti kita akan jadi makin bijak.

Jika kita melihat kehidupan orang-orang yang berhasil dalam hidupnya, itu pasti karena mereka telah melewati berbagai masalah dan rintangan hidup namun mereka berhasil mengatasinya.

Karena masalah yang ada akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih kuat.

Lihatlah hasil akhir dari datangnya masalah. Masalah pasti mencetak kita menjadi pribadi yang lebih baik jika kita mau mencabut akar masalah dan tekun serta sabar dalam menghadapinya.

  1. Perbanyak bersyukur dari pada mengeluh.

Kebanyakan orang kalau lagi menghadapi masalah bawaannya ingin mengeluh dan ngomel. Padahal itulah yang menyebabkan masalah justru semakin menekan.

Mengeluh tidak membawa faedah apapun, justru mendatangkan kerugian bagi kita.

Ambil saja keputusan untuk bersyukur. Hal itu buat pikiran jadi tenang dan bisa berpikir jernih untuk beroleh jalan keluar.

  1. Dengarkan nasehat dan ikuti petunjuk.

Datanglah kepada orang – orang yang sudah teruji berintegritas dan bijaksana.

Biasanya orang – orang tersebut pernah melewati masalah yang mirip seperti yang sedang kita hadapi. Dan mereka sudah berhasil keluar sebagai pemenang dari masalah hidup yang menekan. Mereka akan menasehati dan memberikan arahan kepada kita. Ikuti saja arahan dan nasehatnya, maka jalan keluar pastilah kita temui.

 Pastikan kita mengambil nasehat dari orang yang telah teruji karakter dan integritasnya dan pantas untuk kita teladani.