5 Cara Memiliki Ketangguhan Mental Kelas Dunia

Cara Memiliki Ketangguhan Mental Kelas Dunia

IndonesiaOne.org – Dalam kehidupan ini mentalitas kita sangatlah memainkan peranan terhadap arah masa depan yang akan kita jalani dan raih. Ada banyak orang akhirnya tidak menemukan dan tidak berada dalam puncak potensinya dikarenakan memiliki mentalitas yang salah. Akibatnya kehidupannya pun tidak menjadi maksimal dan tidak berdaya guna bagi masyarakat dan bangsa.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk memiliki mentalitas yang tangguh sehingga kita dapat berkompetisi untuk memberikan yang terbaik bagi kemajuan bersama dan terutama juga bagi kehidupan berbangsa.

1. Ketekunan

Kebanyakan orang tidak bersedia melakukan dengan segenap hati, jiwa, dan kekuatan untuk mencapai suatu tujuan. Namun orang – orang yang punya mentalitas “kelas dunia” akan mewujudkan tujuannya tanpa dibatasi oleh waktu, melainkan sampai tujuan yang dikehendakinya tercapai! Tidak peduli berapa lama waktu yang digunakan. Tercapainya tujuan merupakan patokannya. Sikap yang tekun dan gigih menghadapi masa-masa sukar merupakan ciri khas mereka. Bukan berarti mereka tidak pernah terjatuh, melainkan mereka bangkit kembali dan bertindak mengalahkan kegagalan oleh ketekunan!

Kita tidak bisa menghindari tantangan. Pilihannya hanya dihadapi atau dihindari. Jika kita menghindar artinya tujuan tidak akan tercapai. Tidak ada jalan tengah dalam mengejar tujuan, ya, hadapilah tantangan yang ada dengan ketekunan!! Itu jalan satu – satunya.

2. Persepsi

Persepsi sangat menentukan peristiwa yang kita hadapi. Jika sudut pandang kita salah, maka perkataan dan tindakan kita pun akan salah. Hal itu tentunya akan menyebabkan peristiwa buruk terjadi dalam diri kita.

Jadi jika kita ingin mengalami berbagai peristiwa yang baik, maka langkah awal yang harus kita lakukan adalah memperbaiki pola pikir dan keyakinan agar sesuai dengan tujuan dan impian yang ingin dicapai. Mulailah memikirkan hal – hal yang benar, mulia, adil, suci, dan berguna bagi kemajun orang lain. Sebab jika tujuan kita mulia, maka kita harus memulainya dari memikirkan hal yang mulia.

Tentunya ini bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi jika kita sudah terbiasa berpikir negatif. Butuh waktu dan tenaga untuk melatih pikiran sampai beralih memikirkan hal yang positif. Namun itu semua sebanding dengan perubahan yang akan kita alami! Jadi biarlah kita rela berfokus memakai waktu yang ada untuk mengubah sifat pikiran kita. Karena investasi waktu untuk perubahan pola pikir akan sangat berguna bagi kemajuan hidup kita pada masa yang akan datang.

3. Mengendalikan respon dan emosi

Ada banyak orang yang berhasil mengasah kecerdasan intelektualnya, namun gagal membentuk kecerdasan emosi. Sehingga sewaktu dalam tekanan, kecerdasan intelektualnya tidak bekerja disebabkan terhimpit oleh berbagai emosi negatif. Sehingga ada banyak permasalahan kecil menjadi besar hanya dikarenakan emosi negatif. Pikiran mereka seketika tidak bisa lagi  logis dan tidak memikirkan sebab akibat. Mereka hanya ingin menumpahkan emosi sesaat demi menyelesaikan masalah yang tidak akan pernah terselesaikan dengan emosi negatif.

Bagaimana caranya memiliki respon dan emosi yang positif? Berlatih menggunakan kekuatan imajinasi! Mulailah imajinasikan kondisi keadaan yang seringkali membuat emosi kita meledak. Lalu bayangkanlah keberadaan Anda yang tetap tenang dan mengatakan hal – hal yang positif. Konsentrasilah mengimajinasikan hal tersebut sampai ada semangat dan perubahan emosi ke arah yang positif! Latih hal ini dengan tekun, maka kecerdasan emosi anda akan bertumbuh secara pesat.

4. Kreatif

Kreativitas berguna dalam menciptakan seni dan juga untuk semua aspek kehidupan lainnya. Kreativitas mempengaruhi hampir semua hal yang kita lakukan. Dari pemecahan masalah, membuat produk, dan juga cara menjalani hidup sehari – hari. Namun untuk menjadi orang yang kreatif, maka Anda perlu banyak melatih diri berpikir dan bereksperimen sesuatu yang out of the box. Dan beranilah melangkah mewujudkannya walaupun mungkin karya kita berbeda dari kebanyakan orang.

Tentunya kreativitas tidak hanya ditentukan oleh kemampuan membuat ide dan mewujudkannya, tapi sikap pantang menyerah juga penting. Tanpa sikap tersebut sehebat apapun kreatifitas dalam pikiran, hal itu tetaplah hanya suatu ide yang masih tersimpan dan belum terwujud. Tapi sikap pantang menyerah dan niat yang besar untuk mewujudkannya akan menciptakan hasil yang kreatif!

5. Tantangan adalah kesempatan

Tantangan yang kita hadapi dalam hidup adalah sebuah kesempatan untuk maju ke tingkat yang baru. Saat menghadapi tantangan dengan penuh keberanian, sesungguhnya kita sedang membangun ketangguhan mental untuk mencapai tujuan. Jika kita melihat tantangan suatu masalah dan memilih untuk diam atau mundur, maka kita sesungguhnya sedang membuang kesempatan dan waktu percuma! Karena cepat atau lambat tantangan yang ada akan datang kembali dengan berbagai wujud yang berbeda. Jadi, jangan menunda dalam menghadapi tantangan. Lihatlah itu sebagai hal yang positif sehingga semangat kita akan terus berkobar untuk mencapai tujuan. Semakin banyak menghadapi tantangan, maka kita semakin ahli menciptakan solusi. Saat kita semakin ahli, maka pertanda,  tujuan kita semakin dekat untuk tercapai!

Ketangguhan mental adalah ciri khas dari para orang besar. Gunakan 5 cara membangun ketangguhan mental kelas dunia ini untuk mengubah cara berpikir Anda, dan mulailah membuat kemajuan yang nyata.

Penulis : Yunike