5 Cara Sederhana Menghilangkan ‘Nervous’ Dalam Waktu 5 Menit !!

nervous

IndonesiaOne.org – Pekerjaan, deadlines, wawancara kerja, presentasi dan lain sebagainya sepertinya sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari. Belum lagi harus bertemu dengan klien, atasan ataupun mungkin dosen bagi kamu yang masih duduk di bangku kuliah.

Tanpa disadari aktivitas yang padat tersebut membuat kamu merasakan rasa tegang pada saraf serta jantung yang berdetak kencang. Nah berikut cara-cara sederhana untuk menenangkan diri dari rasa gelisah dengan cepat.

1. Tarik Nafas Panjang

menghilangkan rasa gugupimage via : www.lovethispic.com

Saat kita sedang merasakan perasaan ‘nervous’ atau gugup, mulailah untuk menarik nafas panjang dan dalam. Lalukan berulang-ulang kali karena ini merupakan cara termudah untuk menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. Hal ini juga akan menghilangkan rasa gelisah serta mengurangi saraf stres.

2. Minum Segelas Air Putih

menghilangkan rasa gugup 2image via : fitskinnyandhealthy.wordpress.com

Banyak sekali manfaat dari meminum air putih, beberapa di antaranya untuk membuat tenang & menyegarkan pikiran. Apalagi sebagian besar dari otak kita adalah terdiri dari air sehingga minum segelas air putih dapat membantu otak kita menjadi lebih baik, lebih waspada dan terkonsentrasi lagi. Jadi jika kamu sedang gugup, jangan lupa untuk meminum segelas air ya.

3. Imajinasikan Hal-Hal yang Positif

menghilangkan rasa gugup 3image via : j-joe.tumblr.com

Ambil waktu untuk menyendiri dan mulai imajinasikan hal-hal yang positif. Contoh jika kamu sedang gugup karena akan melakukan presentasi, maka imajinasikan hal-hal yang positif. Pikirkan bahwa kamu pasti akan bisa melakukan presentasi dengan baik, walaupun misalnya nanti akan ada kesalahan maka kesalahan tersebut tidaklah mengintimidasi atau membuat kamu menjadi down akibat kesalahan yang kamu perbuat tersebut. Namun justru kesalahan itu kamu jadikan sebuah pembelajaran yang baik bagimu.

4. Lakukan Tindakan Afirmasi

menghilangkan rasa gugup 4image via : www.keepcalm-o-matic.co.uk

Setelah mengimajinasikan hal yang positif, mulai lakukan tindakan afirmasi. Afirmasi adalah tindakan perkatakan positif yang dilakukan berulang kali kepada diri sendiri dengan tujuan untuk memberikan energi positif dan membangun tingkat kepercayaan di dalam dirimu. Perkatakan hal-hal yang positif dan membangun, sehingga pemikiran-pemikiran yang negatif tidak lagi akan membebani dirimu. Hindari mengeluarkan perkataan yang membuat dirimu down karena itu hanya akan membuat kamu terus terjebak dengan rasa gugupmu itu.

5. Berdoa & Berserah Kepada Tuhan

menghilangkan rasa gugup 5aimage via : st-anthonys.org

Dan yang terakhir adalah jangan lupa untuk berdoa dan berserah kepada Yang Maha Kuasa, karena Dialah sumber ketenangan yang sejati, sumber kekuatan dan pengharapan dari segala sesuatunya. Nikmatilah keberhasilan dan kesuksesanmu di dalam Tuhan.!! (so)

Penulis : Sherlynda Oktavia