5 Daerah di Indonesia yang Penduduknya Panjang Umur

Umur Panjang

“Selamat ulang tahun, panjang umur ya…”

Itulah harapan yang seringkali diberikan saat seseorang berulang tahun. Berumur panjang merupakan harapan dari kebanyakan orang dan menjadi simbol berkah dan penjagaan dari Tuhan.

Ngomong-ngomong soal umur panjang, ternyata di Indonesia ada beberapa daerah yang penduduknya punya rentang hidup yang lebih lama dibandingkan penduduk di daerah lain. Bukan hal aneh disana melihat kakek-nenek yang masih berdiri tegap dan bahkan masih bekerja.

Daerah mana saja sih itu dan apa rahasianya ?

Ini dia 5 daerah di Indonesia yang penduduknya panjang umur :

5. DKI Jakarta

Urutan kelima ditempati oleh DKI Jakarta. Menurut data BPS, harapan hidup di Ibukota mencapai 72 tahun. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu fasilitas yang memadai seperti rumah sakit, tempat perawatan kesehatan dan pusat kebugaran yang tersebar di seantero kota. Faktor lainnya juga disebabkan karena tingkat kesadaran masyarakat Jakarta akan kesehatan yang semakin tinggi. Sayuran organik, suplemen dan buah-buahan dengan kualitas tinggi merupakan komoditas yang sangat dicari-cari di ibukota.

4. Jawa Tengah

Angka harapan hidup di Jawa tengah menunjukkan anga yang tinggi yaitu mencapai 72 tahun. Hal ini disebabkan oleh harga kebutuhan pokok di Jawa tengah yang lebih rendah dibandingkan daerah lainnya. Hal ini juga berbanding lurus dengan tingkat kenyamanan penduduknya. Jawa Tengah juga didukung oleh fasilitas kesehatan yang baik dan lengkap.

3. Sulawesi Utara

Sulawesi Utara memiliki angka harapan hidup 72,6 tahun dengan 45% dari penduduknya hidup di perkotaan. Hal ini disebabkan oleh faktor pendidikan yang tinggi, hanya 5% penduduk yang tidak mengenyam pendidikan Sekolah Dasar. Tingkat kesehatan dan kesejahteraan penduduk Sulawesi Utara juga termasuk cukup tinggi dibandingkan wilayah lain di Indonesia.

2. Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur

Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur menempati urutan kedua dengan angka harapan hidup sebesar 73 tahun. Salah satu rahasia umur panjang di daerah ini disebabkan karena umur perkawinan yang juga awet. Terbukti dari angka perceraian  di dua daerah ini sangatlah minim. Provinsi ini juga merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia dengan kekayaan batubara dan migas. Hal ini berpengaruh pada tingkat kesejahteraan dan kenyamanan penduduk yang tinggal disana.

1. DI Yogyakarta

Kombinasi dari fasilitas yang cukup lengkap, biaya hidup yang murah, serta kaya akan tempat wisata menjadikan Yogyakarta tempat yang menyenangkan untuk tinggal. Transportasi di kota ini pun cukup lancar, jarang ditemukan jalan berlubang di kota ini. Hal ini menjadikan Yogyakarta daerah dengan tingkat harapan hidup tertinggi yaitu 74,2 tahun.

Kesimpulan

Itulah 5 daerah di Indonesia dengan tingkat harapan hidup tertinggi. Meskipun pada akhirnya semua kembali lagi kepada sang Pencipta, tetapa bagian kita sebagai manusia untuk berusaha. Pola makan yang sehat, olahraga teratur, hati yang gembira dan selalu bersyukur akan membuat tubuh kita sehat dan panjang umur.