Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / 5 Kebiasaan Kecil Yang Bisa Menjadi Musuh Kesuksesan Dalam Hidupmu

5 Kebiasaan Kecil Yang Bisa Menjadi Musuh Kesuksesan Dalam Hidupmu

IndonesiaOne.org – Banyak hal yang tanpa kamu sadari bisa menghalangimu untuk menaiki tangga kesuksesan. Dan terkadang hal itu justru kebiasaan-kebiasaan kecil dalam kehidupan sehari-harimu.

IndonesiaOne.org memberikan 5 contoh kebiasaan kecil yang terkadang justru menjadi musuh terbesar dari kesuksesanmu.

1. Malas dan Suka Menunda Pekerjaan

1379451645298791image : ishareimage.com

Mau tidak mau kemalasan adalah musuh terbesar dan terefisien untuk menahanmu menaiki tangga kesuksesan. Semakin kamu malas dalam mencoba dan belajar hal yang baru maka kamu akan semakin terpenjara dalam zona nyamanmu. Dan akhirnya kamu akan menjadi ibarat orang lumpuh yang tidak bisa lagi berjalan lagi maksudnya adalah kamu tidak memiliki lagi kemauan serta kemampuan untuk merubah hidupmu dan bersaing dengan orang di luar sana.

Suka menunda-nuda pekerjaan juga bisa membuatmu kehilangan kesempatan baik bagimu sendiri. Karena prinsipnya ‘preparation will meet oppotunities‘ atau setiap persiapan yang kamu lakukan sekarang, suatu hari akan bertemu dengan kesempatan-kesempatan besar yang akan mengubahkan hidupmu kelak. Jadi jangan pernah menunda segala pekerjaan yang harus kamu segera bereskan, karena dengan demikian kamu tidak akan kehilangan kesempatan emas yang sebenarnya sudah menantimu.

2. Sombong

arrogance-8238507image : www.dreamstime.com

Sombong yang dimaksud di sini bukan hanya memamerkan kekayaan atau barang yang dimiliki kepada orang lain. Tetapi sikapmu yang merasa diri lebih hebat daripada yang lain akan  membuatmu terus membandingkan dirimu dengan orang yang kemampuannya ada di bawahmu. Ini akan membuat dirimu merasa lebih hebat dan tidak akan pernah mau belajar dari orang yang kamu anggap tidak selevel dengan kamu. Lebih parahnya kamu akan merasa lebih hebat dari siapapun bahkan melebihi atasanmu sendiri.

Padahal kesuksesan sejati adalah orang yang memiliki kerendah hatian dan mau belajar dari siapapun juga. Karena orang seperti ini terbuka akan koreksian dan teguran di mana hal inilah yang akan membawanya step by step menaiki tangga kesuksesannya.

3. Suka Bersaing Secara Negatif

downloadimage : www.pinterest.com

Berkompetisi atau bersaing, sesungguhnya hal yang baik karena dari saling berkompetisi inilah kamu akan bisa mengukur sejauh mana kemampuan yang kamu miliki selama ini. Tapi jika persaingan sudah mengarah pada hal yang negatif, misalnya :

  • Tidak suka melihat keberhasilan orang lain
  • Tidak mau bekerjasama dengan orang lain atau satu tim karena bagimu jika keberhasilan diraih maka namamu tidak paling menonjol.
  • Tidak suka menolong ataupun mengajari orang lain. Tujuannya agar orang itu mengalami kegagalan.
  • Suka melempar kesalahan kepada orang lain dan tidak mau dipersalahkan
  • Dan masih banyak lagi

Tanpa disadari akan menjadi musuh dari kesuksesanmu di depan nanti. Karena kamu sama seperti seseorang yang sedang menabur benih ‘jahat’, maka saat benih itu bertumbuh menjadi buah maka mau tidak mau kamu akan memakan buah kejahatan yang selama ini kamu sudah tabur. Dan sudah pasti ini akan menghancurkan tangga impian kesuksesan yang selama ini telah kamu bayangkan.

4. Suka Berbohong

1

image : www.pinterest.com

Meskipun kamu berkata apa yang kamu lakukan adalah ‘kebohongan kecil’, tetap itu adalah sebuah kebohongan yang akan membawamu menjadi pribadi yang memiliki kebiasaan buruk yakni terbiasa berbohong agar mendapatkan apa yang kamu inginkan. Jika kamu terus membiarkan kebiasaan suka bohong ini maka sebenarnya kamu sedang membunuh hati nurani dalam dirimu sendiri. Dan pada akhirnya bagimu berbohong itu adalah tindakan yang benar dan tidak salah karena bertujuan baik bagi dirimu. Tapi ini yang harus kita pahamu, bahwa sekecil atau sebesar apapun sebuah kebohongan tetaplah itu tindakan yang tidak bisa dibenarkan.

baca juga :Cara Menjadi Orang Jujur

5. Memiliki Gaya Hidup yang Boros

tumblr_l4xws9LoNS1qbish1o1_400_largeimage : midtowngirl.com

Hiduplah Sesederhana Mungkin dan Tambahi Dengan Rasa Cukup. Itulah Kunci Kesuksesan Sejati – Elly Agustinus

Gaya hidup yang suka membuang uang untuk sesuatu yang sebenarnya tidak begitu diperlukan atau belum diperlukan di waktu sekarang ini adalah sebuah tindakan yang tidak bijak. Hidup sesederhana mungkin adalah kunci untuk kita bisa memasuki kesuksesan yang sejati. Kita sukses untuk bisa membuang rasa ‘keserakahan’ kita dalam menggunakan uang. Karena sesungguhnya kesuksesan itu tidak bisa diukur dari seberapa banyak nominal uang yang kamu miliki, tapi ditentukan dari bagaimana kita bertanggung jawab mengelola uang yang ada dengan benar.

Berikut juga adalah contoh-contoh sederhana di bawah ini, juga ternyata bisa menjebak kebiasaan kita menggunakan uang dengan salah :

  • Terlalu sering makan atau jajan diluar. Jika dihitung-hitung pengeluaran 1x makan di luar = 2-3x makan masakan rumah. Jadi bisa dibayangkan bukan, bagaimana borosnya jika kita sering makan atau jajan di luar ! Dan pastinya tidak sehat juga bagi tubuh kita karena terlalu sering makan di luar.
  • Suka merokok. Coba saja hitung berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk rokokmu dalam sehari lalu kalikan dalam sebulan dan setahun. Rasanya nominalnya akan bisa membeli satu motor atau lebih ya 🙂 !
  • Terlalu sering jalan-jalan ke mall, cafe, nonton bioskop, dsb.
  • Pengeluaran kebutuhan sehari yang terlalu besar dibanding dengan pendapatanmu. Pasti kamu sudah sering mendengarkan “besar pasak daripada tiang”, coba bayangkan jika ini terjadi terus dalam dirimu, berapa banyak momen kamu akan kekurangan atau bahkan tidak punya uang dan pada akhirnya harus berhutang 🙁
  • Dan masih banyak lagi

baca juga :4 Prinsip Tentang Financial Freedom yang Harus Kamu Ketahui !!!

Itulah 5 kebiasaan kecil yang bisa menjadi musuh kesuksesan dalam hidupmu. Memang kecil dan seringkali tidak kamu sadari, tapi seperti penyakit yang awal mulanya memang kecil jika tidak disadari akan membahayakan bahkan mematikan diri kita. So be wise and always accurate because a bright future is waiting for you.

Penulis : Sherlynda Oktavia

Check Also

Helm Anti Begal Karya Anak Bangsa

IndonesiaOne.org – Maraknya aksi pembegalan di Indonesia yang telah banyak merenggut korban jiwa ternyata membuat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *