Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / Keluarga / Ini 5 Perilaku Buruk Anak yang Disebabkan oleh Tindakan Orangtua

Ini 5 Perilaku Buruk Anak yang Disebabkan oleh Tindakan Orangtua

Indonesiaone.org – Kadang kita heran melihat perilaku seorang anak… bandelll sekali… kok bisa ya…

“Siapa yang ngajarin sih bandel begini !?”

Mungkin itu yang ada di benak kita sebagai orangtua saat melihat tingkah laku anak yang negatif. Kita sulit memahami mengapa anak memunculkan perilaku yang tidak kita harapkan.

Perilaku tersebut bisa saja muncul akibat “input” atau pengaruh dari luar, tetapi bisa juga justru akibat tindakan kita sendiri sebagai orangtua. Berikut ini Indonesiaone merangkum 5 tindakan orangtua yang memiliki dampak negatif pada anak baik secara langsung maupun tidak langsung.

Anak yang tertutup dan tidak mudah percaya pada orangtua biasanya disebabkan oleh karena tempramen orangtua yang mudah marah (meledak-ledak).

1-anak

Anak yang terlalu pemalu dan ragu-ragu bisa saja disebabkan karena orangtuanya mengambil alih atau membantunya melakukan hal-hal yang sebenarnya dapat ia lakukan sendiri.

2-anak

Seorang anak yang sering menunjukkan rasa iri dan cemburu mungkin saja disebabkan karena orangtuanya terlalu sering membandingkan dirinya dengan orang lain.

3-Anak

Seorang anak yang sering berperilaku kasar biasanya karena ia meniru dan mencontoh tindakan dari orangtua atau anggota keluarga yang lain
4-Anak

Saat seorang anak berbohong, bisa saja hal itu disebabkan karena orangtuanya memarahi dengan berlebihan akan kesalahan-kesalahan anak itu di masa lalu.

5-Anak

Kesimpulan

Memang tidak selalu alasan-alasan diatas yang menjadi penyebab dari perilaku buruk anak. Ada banyak faktor-faktor lainnya, bisa dari lingkungan maupun media (TV/games) yang dikonsumsi oleh anak.

Terlepas dari apapun kesalahan orangtua baik itu yang disengaja maupun tidak,  doa, teladan dan bimbingan dari orangtua akan selalu dapat mengubahkan perilaku seorang anak. Meskipun mungkin tidak instan, tetapi perlahan tapi pasti perilaku si anak akan berubah ke arah yang lebih baik.

Check Also

4 Aspek Penyebab Keretakan Yang Biasa Terjadi Dalam Keluarga

IndonesiaOne.org – Kasus-kasus keretakan rumah tangga semakin hari semakin sering terjadi, hingga menimbulkan opini publik bahwa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *