Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / 5 Manfaat Melakukan Aktivitas di Luar Ruangan

5 Manfaat Melakukan Aktivitas di Luar Ruangan

IndonesiaOne.org – Bagi generasi saat ini, kegiatan di dalam ruangan tentunya lebih banyak daripada di luar ruangan. AC, laptop, meja sekolah, kuliah, kerja, dan tumpukan pekerjaan telah menjadi “sahabat” setiap hari. Bahkan selesai melakukan aktivitas kita sudah langsung menaiki mobil pribadi dan angkutan umum yang notabenenya kembali berada di dalam ruangan yang tertutup. Apakah itu menyehatkan bagi tubuh dan jiwa kita? Tentunya tidak! Udara yang segar tentunya menjadi kebutuhan manusia. Oleh karenanya dibutuhkan aktivitas di luar ruangan sebagai penyeimbang dalam hidup sehari – hari.

Berikut ini adalah beberapa manfaat beraktiivitas di luar ruangan :

  1. Beroleh vitamin D yang dibutuhkan tubuh.

Cara paling efektif dan murah untuk mendapatkan asupan vitamin D adalah sinar matahari. Tubuh kita tidak bisa menyerap kalsium tanpa nutrisi. Hal ini jadi sangat penting untuk diingat untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Tentu saja kita dapat mengonsumsi suplemen, tapi vitamin D secara natural jauh lebih baik dari yang buatan.

  1. Menyehatkan jantung. 

Sayangnya, kebanyakan kantor tidak menggunakan meja berdiri. Artinya sebagian besar orang menghabiskan lebih dari 40 jam dalam seminggu dalam posisi duduk saat bekerja, makan ataupun beristirahat, yang bisa dikatakan hal ini bukan pola hidup sehat. Kehidupan tanpa kegiatan fisik akan berdampak buruk bagi tubuh kita. Jika sehari-hari kita menjalani gaya hidup pasif maka akan mengakibatkan risiko penyakit jantung dan kegemukan. Para ahli kesehatan menyarankan untuk berjalan 10.000 langkah atau 8 km setiap hari tetapi sayangnya banyak orang jarang melakukan itu.

Cara mudah untuk memulainya adalah perbanyak waktu melakukan kegiatan di luar rumah. Saat jam istirahat, cobalah berjalan atau boleh juga bersepeda atau jalan kaki ke kantor jika jaraknya tidak terlalu jauh. Melakukan kegiatan waktu di luar dengan kegiatan fisik yang positif akan meningkatkan kesehatan tubuh kita.

  1. Bisa menghilangkan kepenatan.

Hal ini diakui benar oleh para peneliti walaupun masih belum jelas alasannya. Entah bagaimana saat kita mulai melangkah keluar dari berbagai kesibukan yang selama ini menyita, lalu menghirup udara segar selama 5 menit saja bisa mendatangkan efek yang menenangkan.

Udara segar dapat memberikan efek untuk pikiran menjadi tenang. Selain itu juga mendengar dan melihat deburan ombak di pantai akan sangat membantu melepaskan stres. Penelitian membuktikan berada di luar rumah dengan berjalan keliling atau aktivitas lainnya juga bisa menurunkan tekanan darah.

  1. Membuat kita lebih kreatif. 

Mungkin belum ditemukan adanya hubungan langsung antara kreativitas dan menghabiskan waktu di luar, tetapi ternyata ada korelasinya. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan 4 hari dengan melakukan kegiatan positif di luar mengalami peningkatan kemampuan untuk menyelesaikan masalah sampai 50 persen dibandingkan dengan orang yang tidak melakukannya.

  1. Meningkatkan fokus.

Semakin berkurang waktu yang kita habiskan di depan layar semakin baik. Sayangnya, di jaman moderen seperti sekarang, berlama-lama menatap HP, komputer atau tablet menjadi hal yang tak terhindarkan. Tapi tidakkah kamu ketahui dengan menggunakan waktu di luar – jauh dari segala gangguan sebenarnya dapat menolong meningkatkan fokusmu? Jadi mulailah melangkah keluar. Berinteraksilah dengan alam dan lingkungan sekitar. Dengan demikian kita sedang “menyegarkan” daya fokus kita agar bisa lebih efektif ketika melanjutkan pekerjaan.

So guys, jangan tunggu lama – lama lagi! Lakukan aktivitas di luar ruangan demi terjadinya keseimbangan hidup yang menyehatkan diri kita…

 

Check Also

Membedakan Pengakuan Terpaksa dan Pengakuan Tulus

IndonesiaOne.org – Mengakui suatu kebohongan merupakan tindakan terpuji yang perlu diapresiasi. Tapi ternyata, mengakui kebohongan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *