5 Manfaat Sehat Air Lemon di Pagi Hari

5 Manfaat Sehat Air Lemon di Pagi Hari

Buah lemon yang kecut dan asam ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak. Tidak hanya buahnya saja, tetapi juga airnya!

Berikut beberapa manfaat bagi kesehatan ketika minum air lemon setiap pagi:

1. Membantu Pencernaan

Manfaat terbesar dari air lemon kemungkinan berasal dari suhu air yang diminum. Minum jenis air apapun khususnya air hangat di pagi hari dapat membersihkan sistem pencernaan dan menyegarkan tubuh.

Coba pikirkan…Selama kita tidur setidaknya selama 8 jam kita tidak minum. Adalah cara terbaik memberikan air secukupnya pada tubuh ketika pertama kali bangun tidur agar tubuh dan pikiran tetap bekerja secara aktif.

Biasanya minum 2-3 gelas air di pagi hari sesaat setelah bangun tidur akan menambah energi dan meningkatkan pencernaan sepanjang hari.

2. Pembersihan Secara Alami

Sepanjang kita tidur, hati bekerja secara aktif karena saat kita tidur tubuh melakukan proses pemulihan dan regenerasi.

Meminum cukup air, terutama di pagi hari, menolong memastikan tubuh dapat melakukan fungsi tersebut secara efektif. Ada juga bukti lain menunjukkan bahwa jus lemon dapat menstimulasi produksi kadar asam di perut secara tepat dan juga produksi empedu.Manfaat bagi tubuh: hati dan sistem limfa yang baik.

3. Pembangkit Sistem Imun (daya tahan tubuh)

Lemon mengandung vitamin C. Tidak secara signifikan kadarnya, hanya sekitar 30-50 mg/lemon. Selain itu juga lemon mengandung potasium.

Minum lemon di pagi hari memberikan kesempatan pada tubuh untuk menyerap vitamin secara efektif dan menyediakan sedikit pembangkit daya tahan tubuh. Vitamin C juga baik untuk adrenalin dan membantu mengurangi dampak stres.

4. Kulit Lebih Cantik

Membantu membuang kotoran tubuh dan meningkatkan pencernaan, air lemon juga membuat kulit lebih bersih. Lemon juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan untuk menghasilkan kolagen agar kulit halus dan lebih sehat.

5. Berat Badan Seimbang

Adapula bukti yang menyebutkan minum air khususnya air lemon, pertama-tama di pagi hari akan mempertahankan berat badan seimbang.

Peneliti Jerman mendapati bahwa dengan minum air akan meningkatkan metabolisme.

Tentu saja minum air (air lemon) tidak serta-merta menjadi solusi ajaib untuk menurunkan berat badan, tetapi jika disertai kebiasaan yang baik maka akan menolong mempertahankan berat badan ideal.

Yang perlu digarisbawahi berkaitan tentang air lemon

Adalah penting untuk selalu menopang tubuh kita dengan minum cukup air, terutama di pagi hari. Air lemon bukanlah penyembuhan ajaib namun bisa menjadi alternatif lebih baik dari minuman berkafein, terutama bagi orang-orang dengan masalah adrenalin.

Juga diketahui bahwa saat belum terbiasa mulai minum air di pagi hari dapat menyebabkan rasa mual beberapa menit. Jadi ada baiknya minum secara perlahan dan dalam jumlah secukupnya.

Sumber          : wellnessmama.com

Penerjemah  :  Siska Srilanti