Home / BICARA - BINCANGAN RAKYAT / Hiburan / 5 Wanita Tangguh Dalam Sejarah

5 Wanita Tangguh Dalam Sejarah

Indonesiaone.org – Sudah bukan menjadi rahasia lagi dalam sejarah, di masa lalu wanita seringkali dianggap lebih rendah dari pria. Wanita tidak memiliki hak untuk berbicara, mengenyam pendidikan dan membuat keputusan-keputusan penting, apalagi menjadi pemimpin dari suatu wilayah.

Meskipun nasib sepertinya tidak memihak kepada mereka, ada beberapa orang sosok perempuan tangguh yang justru memiliki kekuasaan dan pengaruh sangat besar. Berikut ini adalah daftar 5 perempuan tangguh sepanjang sejarah :

1. Eleanor Aquitaine

Eleanor_Aquitaine

picture : epicworldhistory

Ia adalah salah seorang ratu yang paling berkuasa dan kaya raya di abad pertengahan. Eleanor adalah penguasa salah satu wilayah di Prancis. Ia lahir pada tahun 1122 di Alienora dan menjadi angggota dari Ramnulfids dan menikah dengan King Louis VII dari prancis.

Pernikahannya berujung dengan perceraian lantaran sang ratu tidak dapat memberi anak laki-laki. Setelah setahun menjanda, Eleanor menikah kembali dengan King Henry II dari Inggris. Selama 13 tahun pernikahannya, ia melahirkan 5 anak lelaki dan 3 anak perempuan. Tiga dari anaknya kelak menjadi raja dan salah satunya adalah raja yang paling terkenal sepanjang sejarah Inggris yaitu Richard the Lionheart.

Eleanor sempat dipenjara karena diduga berkhianat bersama salah satu anaknya untuk menggulingkan kekuasaan King Henry II, dan kemudia dilepas ketika King Henry II wafat.

2. Hatshepsut

ratu

picture : pinterest.com

Hatshepsut adalah salah satu firaun (penguasa mesir) perempuan yang paling berhasil dan paling lama yang memerintah Mesir. Hatshepsut merupakan firaun ke lima dari dinasti ke-18 di era mesir kuno sekitar abad ke 1479 hingga 1458, menurut beberapa ahli sejarah ratu Hatsepsut dan nabi musa hidup se jaman, hanya bedanya pada saat musa lahir sang ratu sudah beranjak remaja, karena dalam sejarah permesiran kuno, tidak ada satu pun pewaris tahta firaun perempuan kecuali hatshepsut,

Karena dalam kitab ibrani, bahwa raja Thutmosis I lah yang memerintahkan untuk membunuh bayi dari suku ibrani, dan diketahui juga dalam sejarah bahwa garis keturunan Hatshepsut ada diantara Thutmosis I sampai Thutmosis III, artinya banyak para peneliti yang menduga bahwa yang menemukan musa pada saat dihanyutkan di sungai adalah ratu Hatshepsut sendiri, dia juga dikenal sebagai Raja Mesir Hulu dan Hilir karena kemampuannya memimpin mesir, menurut peneliti dia menerima tahta pada saat Thutmosis II hanyut di laut merah, yang tak lain adalah kakaknya dan suaminya sendiri, diteliti memang pada jaman mesir kuno masih banyak incest (pernikahan sedarah) di kalangan keluarga kerajaan.

Perkembangan mesir saat dipimpin oleh sang ratu mengalami kemajuan yang signifikan dibanding raja-raja sebelumnya, perdagangan dan perdamaian yang dulu pernah ada di mesir kuno akhirnya dikembalikan lagi pada saat kepemimpinan beliau, namun masih menjadi tanda tanya siapakah arsitek atau penasihat beliau hingga mesir mengalami kemajuan yang signifikan, kemungkinan besar musalah orangnya, karena dalam beberapa tulisan, bahwa hubungan musa dengan hatshepsut sangat dekat sekali layaknya ibu dan anak.

3. Joan of arc

joan_of_arc_3

picture : thefamouspeople.com

Hidup di jaman raja prancis Charles VII, lahir di Lorraine, Perancis, 6 Januari 1412, dia merupakan pejuang prancis pada saat penaklukan inggris di prancis, hidupnya memang cukup singkat karena di usianya yang baru menginjak 19 tahun dia sudah dihukum mati oleh inggris dengan cara dibakar hidup-hidup, walaupun begitu sepak terjang Joan dalam keberhasilannya mengusir inggris dari tanah prancis bersama pasukannya pada usianya yang masih belia, 17 tahun, benar-benar membuat inggris sangat ingin geram dan ingin menangkapnya.

Akhirnya karena terlalu lengah melihat situasi dan kondisi yang memang mengharuskannya mundur terlebih dahulu pada saat perang, akhirnya Joan of arc berhasil ditangkap hidup-hidup dan dibawa ke inggris untuk diadili.

4. Malahayati

malahayati

picture : mvslim.com

Mungkin sebagian dari kita tidak banyak yang tahu siapa beliau, karena memang hidupnya jauh sebelum era kemerdekaan, yaitu pada era kesultanan aceh dan nama aslinya adalah Keumalahayati, untuk lahirnya tidak ada info yang menyebutkan, namun beliau hidup sekitar abad ke 15 (1500 sampai dengan 1600), nama Malahayati memang kurang terdengar di kalangan masyarakat indonesia sendiri padahal dialah yang menghabisi Cornelis de Houtman seorang jenderal belanda dalam duel satu lawan satu diatas kapal perang dengan membawa pasukan sekitar 2000 inong balee (pasukan wanita yang suaminya tewas karena perang), karena jasanya beliau akhirnya dianugerahkan gelar Laksamana Malahayati.

5. Catherine II

Catherine

picture : wikiart.org

Seorang ratu yang sangat berkuasa di tanah rusia, kekuasaannya membentang dari asia hingga eropa, turki, sudah dua kali dia menghancurkan kekaisaran Ottoman di turki, lahir pada tanggal 2 mei 1729 di polandia dengan nama aslinya Sophie Friederike Auguste dan juga terlahir sebagai bangsawan, akhirnya menikah dengan seorang pewaris tahta rusia, Peter III dan membawa dirinya ke tanah rusia, setelah beberapa lama menikah dengan Peter III dia melihat suaminya tersebut sangat angkuh dan tidak dewasa, akhirnya dia menggagas persekongkolan kekasih gelapnya, Gregory Orlov seorang laksamana rusia untuk melakukan kudeta terhadap sang raja.

Setelah jatuhnya sang raja, akhirnya sang ratu Catherine II atau biasa dikenal dengan Catherine yang agung naik tahta, banyak sekali kemajuan semasa pimpinannya namun dia tidak menikah kembali karena takut akan akan digulingkan seperti dia mengkudeta suaminya, akhirnya selama hidupnya untuk memuaskan hasrat seksualnya dia memiliki sekitar 12 kekasih gelap, secara resmi dia memiliki anak dari raja Peter III, Paul, walaupun menurut beberapa ahli tidak ada satu kemiripan pun dengan sang ayahnya, disamping itu dia memiliki tiga anak yang lain entah dari siapa ayahnya, namun perkembangan baik dari politik, sistem pemerintahan dan seni sangat maju di jaman pemerintahannya, setelah sekian lama bertahta di rusia akhirnya di tanggal 17 november 1796 setelah terkena serangan stroke dia meninggal dunia

Check Also

Seorang Pria Terbang Sejauh 25 KM Mengendarai 100 Balon Helium, Terinspirasi dari Film “UP”

Seorang petualang asal Inggris baru-baru ini menjalani pengalaman yang sangat unik yaitu terbang setinggi 8000 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *