Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / Kesehatan / 6 Kisah Kesalahan Medis Ini Berakibat Fatal

6 Kisah Kesalahan Medis Ini Berakibat Fatal

Indonesiaone.org – Setiap dokter pasti tidak ada yang dengan sengaja ingin mencelakakan pasiennya. Tetapi dalam prakteknya, ada saja kesalahan-kesalahan, baik itu dari kesalahan alat maupun human error yang justru berakibat fatal bagi kesehatan pasien.

Berikut ini adalah beberapa kisah kesalahan medis sangat fatal dalam medis :

1. Salah Ambil Ginjal

32400



Setelah divonis memiliki tumor yang berpotensi berubah menjadi kanker, dokter merujuknya pergi ke Rumah Sakit Park Nicollet Metodhist. Setelah itu dokter di rumah sakit melakukan operasi ternyata ditemukan bahwa dokter salah mendiagnosa dan saat tim patologi melakukan pemeriksaan terhadap ginjal yang diangkat ternyata ginjal tersebut utuh, sehat dan berfungsi dengan baik. Wah, wah bisa salah ambil ya..

2. Salah Cangkok

32401

Jesica Santillan, seorang gadis berusia 17 tahun meninggal karena kerusakan otak dan komplikasi setelah tindakan operasi cangkok jantung dan paru-paru.Tetapi malangnya, Jesica ternyata menerima jantung dan paru-paru dari pendonor dengan golongan darah A sedangkan dia memiliki golongan darah O. Bukan malah membuat keadaan Jesica membaik, operasi itu malah berakibat fatal.

3. Salah Tanam Sperma

32402

Program bayi tabung yang dijalani Nancy Andrews, telah membuahkan hasil. Nancy akhirnya hamil dan melahirkan seorang bayi pada tanggal 19 Oktober 2004. Karena keinginan Nancy dan suami untuk mendapatkan anak yang lebih menarik dari orangtuanya. Rumah sakit yang menanganinya meminta keduanya untuk tes DNA. Namun setelah itu dokter malah dengan sengaja menanam sperma pria lain ke dalam rahim Nancy.

4. Salah Bedah Otak

32403

Ini adalah kesalahan yang sangat fatal karena bukan hanya sekali, tetapi dalam waktu satu tahun Rumah Sakit Rhode Island salah melakukan tindakan bedah otak kepada pasiennya. Kejadian pertama adalah kesalahan dokter membuat lubang di sisi yang salah pada pasiennya, lalu yang kedua adalah seorang pria berusia 86 harus kehilangan nyawanya karena bedah otak. Yang ketiga seorang perempuan berusia 82 tahun yang melakukan tindakan bedah untuk menghentikan pendarahan pada otaknyapun mengalami kesalahan karena pada CT scan jelas terlihat bahwa yang mengalami pendarahan adalah otak kiri, tetapi dokter melakukan operasi pada otak kanan.

5. Salah Ambil Testis

32404

Benjamin Houghton harus kehilangan testisnya yang sehat. Karena dokter melihat ada gangguan pada testis sebelah kiri maka diputuskan untuk dilakukan tindakan pengangkatan testis. Malangnya bukan testis sebelah kiri yang diangkat dokter malah mengangkat testis sebelah kanan yang sehat.

6. Salah Pasien

32405

Malangnya nasib seorang perempuan berusia 67 tahun yang harus merasakan tindakan operasi yang tidak seharusnya dilakukan pada dirinya. Karena dia seharusnya menjalani operasi otak, tetapi wanita itu menjalani tindakan operasi jantung. Dokter yang menanganinya sadar bahkan satu jam setelah wanita itu tergeletak di meja operasi dan dokter telah melakukan torehan-torehan di dadanya.

About IndonesiaOne

Check Also

6 Manfaat Utama Bangun Pagi Hari

IndonesiaOne.org – Bangun pagi hari ternyata sangatlah bermanfaat bagi kesehatan! Berikut ini adalah manfaat yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *