6 Manfaat Utama Bangun Pagi Hari

6 manfaat utama bangun di pagi hari

IndonesiaOne.org – Bangun pagi hari ternyata sangatlah bermanfaat bagi kesehatan! Berikut ini adalah manfaat yang kita bisa peroleh saat bangun di pagi hari :

  1. Bangun pagi berhubungan erat dengan prestasi nilai akedemis yang lebih baik.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Texas mendapati bahwa siswa yang secara konsisten bangun pagi setiap hari akan meraih nilai tes dan nilai secara keseluruhan dengan lebih baik, dibandingkan dengan siswa yang selalu begadang. Apalagi jika waktu sarapan diisi oleh menu yang mengandung gizi tinggi dan menambah kinerja otak, pasti prestasi akademis seseorang akan jauh lebih meningkat

  1. Bangun pagi membantu untuk mempertahankan diet sehat.

Orang yang tidur terlalu malam akan cenderung untuk melupakan sarapan. Meniadakan sarapan adalah hal yang buruk sebab tubuh kita membutuhkan asupan gizi di pagi hari untuk energi dan fokus. Tubuh telah “berpuasa” sepanjang malam (6-8 jam) dan kita butuh untuk buka puasa dengan makanan yang sehat. Ketika kita memutuskan untuk meniadakan makan pagi, tubuh akan berada pada posisi lapar. Inilah penyebab diri kita cenderung makan berlebihan dan menginginkan makanan yang tidak sehat. Pada prinsipnya, makan pagi dapat membangun pola makan sehat dan mengurangi makan makanan tidak sehat sepanjang hari.

  1. Bangun pagi meningkatkan produktivitas.

Banyak dari orang sukses memiliki kebiasaan bangun pagi. Sederhana saja, jika bangun pagi akan ada lebih banyak waktu menyelesaikan pekerjaan.

Pada tahun 2010, Christopher Randler, ahli biologi dari Harvard mendapati bahwa orang yang bangun pagi lebih proaktif. Dan orang yang bangun pagi rata – rata mempunyai rancangan jauh kedepan untuk kehidupannya.

  1. Bangun pagi memberikan kita kesehatan emosi yang lebih baik.

Salah satu manfaat bangun pagi yang jarang disebut (tetapi sebenarnya paling penting) adalah pengaruhnya bagi kesehatan mental. Apalagi jika kita memulai jam pertama kita dari sejak bangun untuk berdoa atau bersekutu dengan Tuhan atau saat teduh untuk mengevaulasi diri dengan cara berkomunikasi kepada Tuhan. Tindakan tersebut akan membuat kita menjadi jauh dari kata stress. Sehingga akan ada hal-hal positif dan perubahan sikap untuk menjadi lebih baik.

Penelitian telah membuktikan “orang pagi” (bangun pagi) sering lebih bersifat positif, optimis dan cenderung mengalami kepuasan dalam hidup. Sementara beberapa “orang malam” (suka begadang – bangun siang hari) yang juga dikenal karena kreativitasnya, mereka harus menuai akibat tertekan oleh depresi dan masalah psikologis lainnya.

  1. Bangun pagi memberikan waktu lebih banyak untuk berolahraga.

Bangun pagi telah diketahui memberikan peluang untuk berolahraga. Tentu saja tidak ada yang salah dengan berolahraga setelah bekerja. Tapi biasanya setelah bekerja tubuh kita sudah terlalu lelah untuk berolahraga. Bangun pagi dan berolahraga adalah cara yang bagus untuk mengalahkan kelesuan dan membuat stamina prima sewaktu bekerja.

  1. Bangun pagi memperbaiki kualitas tidur.

Orang yang terbiasa bangun pagi memiliki jam tidur yang rutin. Biasanya mereka akan tidur lebih awal agar bisa bangun lebih cepat di pagi hari. Menurut para ahli, penting untuk meningkatkan kualitas tidur karena ini akan menolong kita mengatur “jam internal” yang secara otomatis dapat membuat kita lebih mudah untuk tidur dan bangun secara alamiah. Dengan demikian kita akan terhindar dari kebiasaan begadang yang bisa membahayakan tubuh dalam jangka waktu yang panjang.

Penulis : Siska Srilanti

Editor : Gie
Sumber: healthambition.com