7 Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Agar Dapat Tidur Nyenyak

makan malam

IndonesiaOne.org – Kita semua tahu bahwa tidur dengan nyenyak di malam hari memiliki pengaruh langsung terhadap perasaan kita sepanjang hari itu. Jika malamnya kamu sulit tidur kemungkinan kamu akan jadi lambat dan lelah hari berikutnya. Jika kamu terus-menerus kurang tidur maka akan menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius nantinya.

Sementara kebanyakan kita tahu betapa pentingnya tidur bagi kesehatan, banyak orang lainnya mungkin tidak menyadari mereka mempraktikkan kebiasaan yang kurang baik sebelum jam tidur. Berikut di bawah ini 7 daftar kebiasaan sebelum waktu tidur yang kurang baik yang sebaiknya dihindari sesegera mungkin:

  1. Hindari jam makan terlalu dekat dengan waktu tidur.

Jam makan terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu kualitas tidur kita, biasanya karena kadar asam perut kita meningkat, dan berbaring dapat menyebabkan asam tersebut naik perlahan ke tenggorokanmu. Jika kamu suka ngemil tengah malam, cobalah semangkuk sereal dengan susu atau keju dan biskuit. Jenis makanan seperti ini kaya akan mineral dan kalsium yang bisa membuat cepat tidur.

  1. Hindari kafein dan nikotin sebelum jam tidur. 

Kafein dan nikotin merupakan pemicu yang ketika dikonsumsi dalam waktu 3 jam sebelum jam tidur dapat menyulitkan untuk tidur dan terjaga sampai bahan kimia tersebut hilang. Banyak orang mungkin mengenali minuman seperti soda, teh, dan kopi mengandung kafein tetapi sebenarnya coklat juga mengandung kafein.

  1. Hindari alkohol sebelum waktu tidur.

Banyak orang punya kepercayaan yang salah bahwa alkohol akan menolong kita tertidur lebih cepat. Sebaliknya, saat tubuh kita bermetabolisme dengan alkohol justru akan menganggu waktu tidur seseorang.

  1. Hindari teknologi saat tidur.

Untuk beberapa alasan tertentu seharusnya tidak ada TV atau komputer di kamar tidur, begitu pula HP, tablet, laptop, game, atau bacaan elektronik. Kebanyakan alat elektronik ini mengeluarkan cahaya yang bisa mengurangi rasa kantuk dan bisa mencuri jam tidurmu karena sangat mengikat.

  1. Hindari menekan tombol tunda.

Pasang alarm dan jauhkan dari tempat tidur. Terlalu banyak orang terbiasa menggunakan telepon mereka sebagai alarm. Meletakkan telepon dekat tempat tidur mengkondisikan kamu sering mengecek apakah ada pesan, email atau hanya lihat jam saja. Mengingatkan waktu secara terus-menerus dapat menimbulkan kegelisahan, semakin membuat sulit tidur. Menjauhkan alarm dari tempat tidur mengurangi kesempatan memencet tombol tunda terus-menerus dan membuat kamu bangun dari tempat tidur untuk mematikannya.

  1. Hindari kamar pada suhu tinggi.

Kamar tidur seharusnya sedikit lebih sejuk dari ruang lainnya. Setel suhu kamar antara 15-20°C. Saat tidur suhu tubuh kita secara alamiah mulai menurun. Mengkondisikan suhu kamar tetap sejuk dapat menolong proses ini namun sebaliknya jika suhu kamar terlalu panas.

  1. Hindari jam tidur yang tidak teratur.

Memiliki rutinitas jam tidur dan jam bangun pada waktu yang sama setiap hari menjadi sangat penting agar kamu bisa tidur lebih baik. Rutinitas menjagai waktu tidur yang sehat adalah dengan menjaganya bahkan saat akhir pekan dengan menghindari begadang dan sulit tidur. Melewatkan tidur saat tengah minggu dan tidur berlebihan saat akhir pekan akan lebih membahayakan pola tidur kita daripada memperoleh manfaat baiknya.

Sumber : alaskasleep.com

Penterjemah : Siska Srilanti