Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / Kesehatan / 7 Langkah Menolong Orang Terkena Serangan Jantung

7 Langkah Menolong Orang Terkena Serangan Jantung

IndonesiaOne.org – Perkembangan zaman yang semakin canggih dan ragam makanan yang semakin banyak, serta tingkat stress kehidupan yang semakin meningkat, semua itu seperti mengkondisikan manusia alami banyak penyakit. Dimulai dari penyakit ringan sampai yang berat. Hal itu dapat kita lihat pada lingkungan sekitar. Ada saja sanak saudara, rekan, ataupun tetangga kita yang tiba – tiba meninggal dunia. Setelah diselidiki, ternyata terkena serangan jantung mendadak.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita bisa mengetahui langkah praktis menolong orang yang terkena serangan jantung.

Berikut penjelasannya berdasarkan penuturan dari Dr dr Ismoyo Sunu, SpJP(K), FIHA dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI):

Langkah Pertama:
Pindahkan pasien ke tempat teduh, tubuh pasien dibaringkan. Upayakan kepala pasien menengadah ke atas dan mulutnya serta hidungnya tidak tersumbat. Lepaskan perhiasan yang menempel di leher pasien seperti kalung atau gigi palsu di mulut agar pasien tidak tersedak.

Langkah kedua:
Raba denyut nadi pasien di bagian leher atau pergelangan tangan serta tempelkan telinga ke hidung pasien. Jika pasien masih bernapas, tandanya pasien hanya pingsan dan tidak mengalami serangan jantung. Namun jika pasien tidak bernapas, maka bisa dipastikan pasien mengalami serangan jantung.

Langkah ketiga:
Minta pertolongan orang di sekitar untuk menghubungi ambulans atau petugas terdekat. Jangan kerumuni pasien agar udara tidak terlalu berat.

Langkah keempat:
Luruskan kedua tangan dan letakkan di bagian tengah dada pasien, lalu tekan kuat-kuat. Ulangi proses ini sampai 30 kali dengan menghitung.

Langkah kelima:
Setelah menekan dada pasien 30 kali, beri bantuan napas buatan dengan meniupkan udara ke mulut atau hidung pasien sebanyak dua kali. Setelah itu, ulangi langkah keempat.

Langkah keenam:
Jika ada alat pacu jantung darurat (AED) di sekitar tempat kejadian, segera gunakan dan ikuti instruksi yang tertera. AED memiliki kemampuan untuk memberikan kejutan listrik kepada pasien dan akan efektif jika dilakukan bersama CPR

Langkah ketujuh:
Ulangi langkah keempat dan kelima hingga ambulans gawat darurat datang dan pasien sudah ditangan petugas kesehatan untuk dibawa ke rumah sakit.

Tentunya langkah – langkah diatas merupakan teori pencegahan dari kematian. Namun alangkah lebih baik kita sudah bisa membangun gaya hidup sehat sejak dini. Dimulai dari olahraga yang teratur dan makan – makanan yang sehat. Dan yang terutama memiliki hati yang selalu bersyukur dalam segala keadaan apapun. Sebab hati yang gembira membuat tubuh sehat !

Check Also

5 Manfaat Sehat Air Lemon di Pagi Hari

Buah lemon yang kecut dan asam ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak. Tidak hanya buahnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *