7 Manfaat Bersikap Ramah Kepada Orang Lain


IndonesiaOne.org – Pilih marah – marah, atau bersikap ramah terhadap orang lain? Pastinya bagi anda yang masih waras akan memilih bersikap ramah terhadap orang lain. Karena sebenarnya saat kita meluapkan emosi dengan kekesalan dan meledak – ledak dalam kemarahan, hal itu sangat penuh resiko. Sebab pastinya ada banyak orang yang tidak menyukai sifat tersebut. Reaksi pun akan beragam. Ada yang menjauh, tapi besar kemungkinan ada yang membalas kemarahan anda dengan tindakan yang serupa atau lebih. Seperti halnya mengumpat ataupun memukul. Ada banyak peristiwa kekerasan dan berakhir dengan hukum pidana hanya dikarenakan meluapkan kemarahannya dengan tidak terkendali. Jadi, daripada diri kita memiliki banyak musuh, lebih baik perbanyak sahabat atau saudara dengan cara bersikap RAMAH terhadap orang lain.
Percayakah anda, bahwa keramahan yang anda tunjukkan dapat meredam kemarahan? Itu hanya baru salah satu dampaknya. Berikut ada 7 manfaat bersikap ramah terhadap orang lain :
1. Membuat orang lain menjadi semangat.
Salah satu manfaat terpenting bersikap ramah adalah kamu dapat membuat semangat hidup orang lain. Karena bisa saja hanya dengan senyuman anda, ataupun ucapan terimakasih, ataupun ucapan selamat pagi, siang, ataupun sore yang kamu ekspresikan dengan senyuman, dapat membuat orang lain bangkit dari keterpurukan yang baru dialami olehnya. Terkesan memang sedikit lebay. Tapi tidak tertutup kemungkinan itu terjadi. Karena perubahan besar selalu dimulai dari tindakan kecil!
 
2. Menerima Kebaikan yang Tak Terduga.
Seringkali jika kamu menunjukkan kebaikan atau sikap ramah kepada orang lain, kamu bisa menerima keuntungan yang tak terduga. Saya tidak mengatakan bahwa kita harus bersikap baik kepada orang lain supaya menerima sesuatu. Namun jika kamu menunjukkan kebaikan hatimu tanpa pamrih atau dengan tulus, orang yang kamu bantu akan merasakan energi tersebut dan mungkin saja membalas kebaikanmu dengan cara tak terduga. Kita tak akan pernah tahu. Pada prinsipnya, jika kita menabur kebaikan maka kita akan menuai kebaikan. Mungkin tidak dari orang yang bersangkutan, melainkan dari orang lain. Intinya Tuhan punya 1001 ragam cara menyatakan kebaikannya pada diri kita.
3. Mendapat Teman Baru.
Bersikap ramah terhadap orang yang baru kita temui akan membuka pintu untuk sebuah pertemanan. Ada orang yang menjadi sahabat ketika bertemu saat mengantri di kantin sekolah, di toilet, di lift atau di jalan. Memberikan pujian sederhana misalnya “Hei, sepatunya bagus” – bisa berujung pada persahabatan baru yang indah. Janganlah berpikir semua orang akan berpikir negatif ketika anda menyapanya. Memang, khususnya di kota besar, niat baik selalu diterjemahkan sebagai modus kejahatan tersembunyi. Tapi janganlah khawatir, ucapan ketulusan yang berasal dari hati pasti akan memberikan dampak. Jika kebaikan anda dicurigai, maka tidak perlu anda kecewa. Sebab memang kebaikan kita lakukan bukan untuk mendapat pamrih dalam bentuk apapun.
4. Memulai Rantai Kasih.
Senyuman bersifat menular – kita akan terhubung dan merasakan energi satu sama lain. Saat kita memberi senyuman dengan tulus, orang lain akan bisa merasakan energi yang dilepaskan lewat senyuman. Ini merupakan resep ajaib untuk memulai rantai kasih antar sesama. Cobalah lakukan hal baik ini kepada seseorang atau kelompok orang, tolong mereka untuk melihat indahnya kehidupan, dan inspirasi orang tersebut untuk melakukan keramahan yang sama. Karena inilah yang akan mengikatkan talih kasih dalam pertemanan/persahabatan menjadi semakin kuat. Jadilah pribadi yang hangat dalam dinginnya dunia yang penuh kecurigaan.
5. Membuat kesan yang sangat baik.
Saat kita mengalami hal yang berat, kita juga tidak tahu apakah orang lain juga sedang mengalami hal yang sama. Karena hal tersebut, sangatlah penting untuk memberikan kesan yang baik dan menanamkan hal positif tentang dirimu ke dalam pikiran orang lain dengan bersikap ramah.
6. Membuka pintu komunikasi
Bersikap ramah kepada orang lain yang dijumpai juga akan membuka komunikasi. Kamu tidak akan pernah tahu dengan siapa akan bersahabat atau hanya sekadar kenal. Namun apapun jenis hubungan yang bisa terjalin dengan seseorang, sangatlah baik untuk membuka akses komunikasi dengan mereka. Karena bisa saja perkenalan tersebut membawa manfaat. Bisa jadi orang yang kamu ajak berkenalan adalah orang yang mempunyai info penting mengenai orang yang kamu cari. Atau orang yang punya akses terhadap kebutuhan yang ingin kamu dapatkan. Itu semua bisa terjadi jika ada komunikasi yang terbangun.
 
7. Membangun rasa saling hormat
Tidak ada yang mau dekat-dekat dengan orang yang suka marah-marah bukan? Sangat lumrah jika kita ingin terhubung dengan orang yang mengasihi diri kita. Dengan bersikap ramah terhadap orang lain, kamu memulai sikap saling hormat. Ada banyak orang yang ingin dihormati dengan cara menunjukkan sikap arogan dan emosi yang meledak – ledak dalam kemarahan. Padahal ini adalah cara yang justru akan membuat kamu jadi bahan tertawaan orang lain. Sebaliknya, jika kamu ramah, dan tulus serta hangat, maka orang akan melihat kamu sebagai pribadi yang berkharisma. Sehingga rasa respek dan hormat dapat terbangun dalam hubungan satu dengan yang lainnya.
Pada akhirnya, bersikap ramah terhadap orang lain juga akan menolong kita merasa lebih baik. Saat kita menyebarkan cinta kasih dengan bersikap ramah kepada orang lain maka akan membuat orang itu bahagia. Mulailah bersikap ramah dari sekarang! Tapi ingat, bukan berarti kita tidak boleh marah. Sebab marah juga diperlukan untuk meluruskan berbagai kesalahan yang berulang kali dilakukan. Tapi hanya kemarahan pada tempat dan waktu yang tepat sajalah yang akan mendatangkan kebaikan.

+ There are no comments

Add yours