7 Manfaat Mengejutkan Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari

7 manfaat minum air putih hangat

IndonesiaOne.org – Minum secangkir kopi atau teh mungkin sudah menjadi suatu kebiasaan anda setelah bangun tidur di pagi hari. Beberapa dari anda mungkin memilih segelas air dingin untuk memulai pagi Anda.Namun pertimbangkanlah kembali untuk melakukan hal – hal tersebut. Sebab penelitian menunjukkan, minum air putih hangat dengan perut kosong lebih banyak memberikan manfaat bagi kesehatan.

Stella Metsovas, ahli gizi klinis dan ahli kesehatan media dalam Ilmu Pangan dan Gizi, mengatakan, “Dokter merekomendasikan untuk minum air putih hangat di pagi hari. Minum air putih hangat meningkatkan pengencangan usus, dan membantu pencernaan serta mengatur pergerakan usus.

Berikut adalah 7 hal bermanfaat yang akan terjadi pada tubuh anda saat Anda mulai minum air putih hangat di pagi hari:

  1. Mencegah penuaan dini

Tidak ada satu orangpun yang mau menua sebelum waktunya. Namun adanya racun dalam tubuh bisa membuat penuaan terjadi  lebih cepat. Ketika racun menumpuk dalam tubuh, ia menjadi berpengaruh untuk timbulnya penyakit dan penuaan. Air putih hangat dapat membantu membersihkan tubuh dari racun. Dan membantu memperbaiki sel kulit yang dapat meningkatkan elastisitas kulit anda.

  1. Mengurangi rasa sakit

Air hangat dapat dijadikan sebagai obat alami yang dapat mengurangi rasa sakit kram perut pada saat menstruasi, melemaskan otot-otot perut dan membantu meringankan nyeri pada saat haid. Selain itu, air hangat adalah obat yang efektif untuk semua jenis kram karena dapat meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu membuat otot-otot tubuh anda menjadi rileks.

  1. Membantu penurunan berat badan

Air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh, sehingga metabolisme tubuh anda menjadi meningkat. Dangan meningkatnya aktivitas metabolisme akan memberi tubuh kemampuan untuk membakar kalori dalam jumlah yang lebih banyak sepanjang hari. Jika anda memulai hari dengan meminum segelas air hangat dengan lemon, hal tersebut  akan membantu tubuh untuk memecah jaringan adiposa (lemak tubuh) di tubuh Anda. Air hangat yang dipadukan dengan lemon juga dapat mengendalikan keinginan anda  untuk makan, karena lemon mengandung serat pektin.

Mestovas mengatakan kepada Medical Daily, “Dokter merekomendasikan minum air hangat di pagi hari, biasanya, dengan direndam dengan lemon yang kaya polifenol, atau dengan teh yang terbukti mengurangi aktivitas radikal bebas di tubuh.

  1. Memperbaiki Pencernaan

Minum segelas air putih hangat di pagi hari akan merangsang sistem pencernaan dan membantu mempercepat metabolisme tubuh. Minum air dingin setelah makan bisa menjadi kontraproduktif. Air dingin membuat minyak dan lemak mengeras dalam tubuh, hal tersebut akan menimbulkan timbunan lemak dan membuat pencernaan menjadi lebih sulit/lama.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Timbunan lemak pada tubuh akan hilang saat anda meminum segelas air hangat. Proses tersebut dapat membantu membuang racun yang ada di seluruh tubuh, sehingga sirkulasi darah menjadi lancar. Air hangat juga membantu untuk me-rileks-kan otot-otot dan membantu melancarkan aliran darah pada tubuh.

  1. Mengatasi Sembelit

Banyak dari anda pernah mengalami efek ‘sembelit’ yang membuat anda tidak nyaman. Masalah perut yang umum ini terjadi saat seseorang memiliki kesulitan untuk “BAB”. Seringkali, penyebabnya adalah kekurangan air dalam tubuh. Jika anda memulai pagi dengan minum air hangat dengan perut kosong, hal tersebut dapat membantu memperbaiki “BAB” anda, sehingga mengurangi efek sembelit.

  1. Membantu anda cepat tidur

Ketika anda meminum air hangat saat makan, terutama saat makan malam dan sebelum tidur, hal tersebut akan membantu tubuh anda menjadi rileks dan dapat membuat syaraf anda menjadi tenang. Sehingga cara tersebut dapat merangsang anda untuk mudah tidur. Jika anda bisa beristirahat cukup, maka peremajaan kulit dapat udah terjadi.

Itu 7 manfaat mengejutkan dan menakjubkan akan terjadi pada tubuh saat anda mulai minum segelas air hangat di pagi hari. Jadikanlah kebiasaan minum air hangat sebagai rutinitas anda di pagi hari dan anda akan melihat manfaat yang akan anda alami.

Sumber : lifehack
Penterjemah : Olivia
Editor : Gie