8 Hal Penting Tentang Integritas Yang Harus Kamu Ketahui !!

Integritas Hidup cover

IndonesiaOne.org – Seringkali arti dari kesuksesan selalu dinilai dari berapa banyak uang atau kekayaan yang dimiliki seseorang. Padahal sesungguhnya kesuksesan tanpa integritas adalah sebuah kegagalan.

Integritas sendiri memiliki arti yakni suatu sikap hati untuk terus mengambil keputusan dan bertindak dari pemahaman pada prinsip kebenaran yang hakiki apapun resikonya. Dan sikap seperti inilah yang berkenan di mata Sang Pencipta. (Steven A)

Dalam kamus Bahasa Indonesia orang yang berintegritas adalah seseorang yang memiliki kekonsistenan dan keteguhan hati yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan keyakinan. Di dalam etika sendiri, integritas diartikan sebagai kejujuran dan kebenaran dari tindakan seseorang.

Dan berikut 8 hal yang harus kamu ketahui mengenai integritas hidup seperti yang dijelaskan oleh Steven Agustinus seorang Potential Explorer dan Motivator yang handal :

1. Integritas Selalu Berkaitan Dengan Nama Baik

integritas hidupimage via : www.loveincwgtn.org

Integritas selalu berkaitan dengan nama baikmu di mata keluarga, teman dan orang-orang yang ada di sekitarmu. Sekali kamu merusak citra dirimu sendiri di hadapan mereka maka kamu membutuhkan waktu yang sangat lama untuk membangun kembali integritasmu.

Untuk menghancurkan integritas hanya membutuhkan beberapa detik. Tetapi untuk membangunnya kembali membutuhkan ribuan malam

2. Integritas Membutuhkan Pengorbanan

integritas hidup 2image via : bethhoweonline.com

Untuk menjaga integritas maka kadangkala kamu harus melakukan tindakan pengorbanan. Seperti contoh memberikan tenaga, waktu, mungkin juga uang dan sebagainya untuk melakukan sesuatu yang lebih dari pada yang dilakukan oleh orang lain.

Dengan demikian kamu tidak menjadi pribadi yang hanya ‘omdo’ atau omong doang tetapi kamu mengambil keputusan dan melakukan sebuah tindakan yang didasari dari perkataanmu sendiri.

Apa yang kamu ucapkan sesuai dengan apa yang kamu lakukan

3. Integritas Terbangun Sejalan Dengan Pengambilan Keputusan Dalam Hidupmu

integritas hidup 3image via : liveoralive.com

Integritas dalam dirimu akan terus terbangun seiringan dengan caramu mengambil setiap keputusan di saat kamu sedang mengalami tantangan kehidupan. Apakah kamu akan mengambil keputusan sesuai dengan prinsip kebenaran atau justru kamu mengambil jalan alternatif dimana integritas dalam hidupmu pun dipertaruhkan.

4. Integritas Membuatmu Tahan Uji

integritas hidup 4

image via : www.patheos.com

Integritas yang sudah teruji dalam dirimu akan membuatmu menjadi pribadi yang tidak lembek dan tahan uji kepada setiap permasalahan hidup yang menerpamu. Peristiwa apapun yang kamu alami, justru membuatmu semakin kuat dari yang sebelumnya ! STRONGER THAN BEFORE !!

5. Integritas Memberikan Kemampuan Untuk Memimpin

http://www.dreamstime.com/stock-photo-responsibility-word-cloud-image29662690image via : www.dreamstime.com

Integritas akan memberikanmu posisi serta kemampuan untuk memimpin dan mengelola sesuatu, karena kamu dianggap telah terbukti bertanggung jawab dan bisa dipercaya.

6. Integritas Adalah Sikap Hati yang Berkenan di Hadapan Sang Pencipta

integritas hidup 6image via : newbeginningnutrition.com

Saat kamu memiliki integritas maka kamu menjadi pribadi yang berkenan di hadapan Tuhan. Karena kamu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur kebenaran dan menerapkannya dalam kehidupanmu. Kamu pun akan selalu menikmati berkat-berkat (tidak hanya bicara uang tapi kebahagiaan, kedamaian, keharmonisan, kesehatan dsb) dari Sang Maha Kuasa di dalam hidupmu.

7. Orang yang Tidak Memiliki Integritas Akan Banyak Menerima PenolakanMove On Quote - Redam Intimidasi Dengan Integritas

follow ig : indonesiaone.org_quote

Jika kamu termasuk orang yang tidak memiliki integritas hidup maka kamu akan banyak menerima penolakan karena kamu termasuk orang yang tidak bisa dipercayai. Banyak kepercayaan yang diberikan tidak bisa kamu pertanggung jawabkan dengan benar, sehingga akan banyak orang yang tidak akan mempercayai dirimu kembali.

Kamu ibarat orang yang memiliki banyak ‘lubang-lubang’ dalam hidupmu dan akhirnya hidupmu seperti ‘telur di ujung tanduk’

8. Butuh Waktu yang Lama Untuk Memulihkan Integritas

Success Quote - Integritasfollow ig : indonesiaone.org_quote

Untuk memulihkan integritas yang rusak, dibutuhkan suatu kurun waktu tertentu sampai perubahan dalam hidupmu terbukti di hadapan orang banyak. Sebaiknya lakukan pemulihan tersebut dengan cara ‘memberikan diri’ untuk di pimpin oleh seseorang yang telah teruji memiliki integritas hidup dan bermoral. Sehingga melalui kepemimpinan tersebut kamu dapat melihat sebuah keteladanan dan sikap hati yang dapat menuntunmu untuk menjadi orang yang berintegritas.

Maka dari itu mari kita bangun integritas dalam hidup kita. Teruslah mengambil keputusan dan bertindak sesuai dengan prinsip nilai luhur yang hakiki. Jangan biarkan keputusan-keputusan yang ceroboh pada akhirnya membawa kita untuk menghancurkan integritas kita sendiri. Karena untuk membangun citra diri atau integritas dalam diri itu membutuhkan waktu yang lama namun untuk menghancurkannya hanya membutuhkan beberapa detik saja.

penulis : Sherlynda Oktavia