Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / 8 Manfaat Mencoba Hal Baru

8 Manfaat Mencoba Hal Baru

Mencoba hal-hal yang baru bisa saja menjadi sesuatu yang menakutkan bagi kita. Selama ini kita cenderung melakukan rutinitas yang berkaitan dengan tugas sehari-hari dan tanggung jawab. Hal tersebut menyebabkan kita sulit keluar dari “zona nyaman”. Namun, seharusnya kehidupan kita tidak begitu-begitu saja atau di situ-situ saja. Mari sejak saat ini kita bisa mulai tetapkan dalan diri untuk mencoba hal-hal baru yang positif dan bermanfaat tentunya.

Berikut 8 manfaat yang seharusnya bisa memotivasi diri kita untuk mencoba hal-hal baru. Kamu akan segera mendapati dengan mencoba hal-hal baru yang bermanfaat dalam kehidupan pribadimu akan terbawa ke dalam aspek profesionalisme.

  1. Mengajarkan kerendahan hati.

Dapat dikatakan seseorang sulit untuk mencoba hal-hal baru karena penghalang dalam mentalitas. Saat kita mulai memutuskan atau diarahkan oleh seseorang untuk mencoba hal baru, saat itulah kita seharusnya bisa melihat ada kesempatan besar yang bisa kita alami. Memang awalnya mungkin akan menjadi hal yang tidak mudah dan bisa saja hal ini membuat kita ingin menyerah. Tetapi jika kita memiliki sikap kerendahan hati untuk terus mencoba dan tidak malu dengan apapun hasilnya maka kita akan mulai melihat akan ada progres yang kita hasilkan.

  1. Mengajarkan bahwa kita sebenarnya memiliki kemampuan lebih.

Saat kita mencapai lompatan pada tantangan yang kita hadapi, hal itu akan mengingatkan bahwa sebenarnya kita telah menetapkan untuk berhasil dalam satu area tersebut. Kebanggaan dan kepercayaan diri yang didapatkan dari mencoba hal baru tersebut akan memunculkan pertanyaan, “Apalagi yang saya mampu lakukan?”

  1. Mengajarkan kita tentang rangkaian dampak positif yang bisa terjadi.

Belajar sebuah keterampilan baru atau berinvestasi pada suatu kegiatan dapat menghasilkan rangkaian efek yang sangat baik. Contoh, saat kita memutuskan untuk berolahraga setiap pagi, kebiasaan baru yang mungkin belum pernah kita lakukan akan kita lakukan yaitu bangun pagi. Kemudian kita juga akan menikmati manfaat dari kebiasaan bangun pagi dan berolahraga, kita akan menikmati udara pagi yang bersih sehingga akan membuat tubuh kita mrnjadi lebih segar dan sehat. Kemudian kita juga bisa mendapatkan teman baru saat berolahraga misalnya di taman atau lapangan.

  1. Mengajarkan bahwa ternyata kita bisa mengukur kemajuan dan pencapaian.

Dalam hidup kita sehari-hari, rutinitas bisa menjadi begitu mudah ditebak sehingga kita lupa untuk mengucap syukur dan melihat bahwa apa yang kita telah lalui sebenarnya luar biasa. Kemampuan merasa akan pencapaian diri mengingatkan bahwa kita masih mampu menaklukkan tantangan yang muncul.

  1. Mengajarkan kita untuk mengendalikan pengalaman apa saja yang akan kita alami.

Saat kamu mencoba hal-hal baru, hal itu mendemonstrasikan keingintahuan dan membuka pikiran kita terhadap pengalaman-pangalaman baru. Misalnya kita mencoba untuk berbagi pengalaman dengan teman atau kolega, hal yang mungkin belum pernah kita lakukan sebelumnya, tetapi saat kita terus melakukannya maka kita setidaknya akan menjadi kompeten untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dengan demikian akan menjadikan kita orang yang lebih baik dengan wawasan yang lebih luas.

  1. Mengajarkan kita untuk menghentikan segala alasan. 

Ketika kita mencoba hal baru, kamu akan tahu bahwa jika kamu ingin meraih sesuatu maka kamu harus membuang semua alasan. Jangan lagi bilang bahwa lamu tidak punya waktu atau tidak bisa bangun lebih awal. Sebenarnya kita sendiri yang bisa menentukan untuk waktu atau menyambut kesempatan yang datang untuk mencoba hal-hal baru.

  1. Mengajarkan kita lebih memahami orang lain.

Mempelajari bahasa asing akan bisa membuat kita menjadi lebih sabar ketika kita berbicara dengan orang lain yang kesulitan mempelajarinya. Belajar memasak melalui proses yang bisa dibilang melelahkan juga akan membuat kita bisa menghargai masakan orang lain karena kita sudah melalui proses tersebut. Saat kita membuka diri terhadal hal-hal baru, maka wawasan dan empati kita akan bertambah.

  1. Mengajarkan kita menjadi teladan bagi orang lain.

Saat kita memiliki sikap yang baik terhadap pengalaman baru, tidak hanya kita yang menikmati hasilnya tetapi orang lainpun akan bisa merasakan manfaatnya. Mereka akan menyadari bahwa mencoba pengalaman baru bisa menjadi sebuah gaya hidup dan bukan sekadar sesuatu yang dipaksakan. Rasa takut saat mencoba hal baru akan berkurang sehingga segala hambatan akan lebih mudah diatasi.

Percayalah saat kita keluar dari “zona nyaman” atau rutinitas belaka dan mulai melihat kesempatan atau pengalaman baru yang bisa kita masuki maka hidup kita akan lebih berenergi, penuh, dan berwarna. 

(Siska)

 

Check Also

Lampaui Target Emas, Indonesia Cetak Sejarah di Asian Para Games 2018

Indonesia berhasil melewati raihan 16 emas yang dijadikan target Asian Para Games 2018. Total emas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *