Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / Inspirasi / 8 Skill Tambahan yang Membuat CV Anda Dilirik Perusahaan

8 Skill Tambahan yang Membuat CV Anda Dilirik Perusahaan

“Mampu berkomunikasi dengan baik” , “Bekerja dengan detail”, “Mampu bekerja secara team” adalah beberapa skill tambahan yang membuat sebuah curriculum vitae (CV) semakin dilirik oleh perusahaan. Namun, seiring bertambah ketatnya persaingan di dunia kerja beberapa skill barusan sudah dianggap sebagai keharusan dan tidak lagi dianggap sebagai skill tambahan oleh perusahaan.

Berdasarkan berbagai survey, ini dia beberapa skill tambahan yang bikin perusahaan “Naksir” pada CV anda :

  1. Kemampuan berbahasa asing. (Foreign Language Fluency)
  2. Mahir Bersosial Media (Social Media Prowess)
  3. Memahami Programming (Programming)
  4. Menganalisa Data (Data analysis)
  5. Kemampuan Editing Foto (Editing)
  6. Kemampuan Memecahkan Masalah (Problem Solving)
  7. Kemampuan Berbicara di depan umum (Public Speaking Skill)
  8. Kemampuan Menulis (Writing Expertise)

Apa saja alasan perusahaan jatuh hati pada beberapa skill diatas ? Mari kita bahas satu persatu…

Kemampuan berbahasa asing. (Foreign Language Fluency)

Kedengarannya sederhana, namun kemampuan ini dihargai dengan sangat tinggi oleh perusahaan, terutama perusahaan multi-nasional dan sedang mengembangkan bisnisnya ke berbagai negara lainnya.

Meskipun perusahaan anda sepenuhnya Lokal, kesungguhan anda dalam mempelajari bahasa asing akan selalu dinilai sebagai etos kerja yang baik. Anda akan dinilai oleh perusahaan memiliki keinginan untuk terus belajar hal baru dan mengembangkan kapasitas anda.

Mahir Bersosial Media (Social Media Prowess)

Perusahaan yang menolak untuk terus berinovasi akan tertinggal dan terlupakan. Itulah mengapa hampir setiap perusahaan di zaman modern memiliki sosial media sebagai representasi perusahaan mereka di dunia maya. Bahkan bagi perusahaan besar, sosial media telah ditangani oleh satu tim khusus untuk memberikan impresi yang baik pada masyarakat tentang perusahaan mereka.

Aktivitas seseorang di media sosial juga ternyata dilirik oleh perusahaan. Foto-foto yang anda bagikan, postingan status, serta aktivitas yang sering anda unggah(upload) ke media sosial juga dinilai oleh perusahaan. Karena itu jangan sampai anda ditolak hanya karena perusahaan melihat ada banyak kata-kata atau foto yang tidak pantas di timeline media sosial anda

Memahami Programming (Programming)

Kemampuan tambahan dalam memahami bahasa coding komputer juga dinilai tinggi oleh perusahaan. Di era digital seperti sekarang dimana berbagai toko offline mulai mengembangkan diri secara online, kemampuan dalam pemrograman menjadi kemampuan yang “menarik” di mata perusahaan.

Meskipun anda bukanlah seorang programmer, tetapi jika anda memahami cara kerja atau konsep kerja dari suatu program, maka itu akan memudahkan anda dalam pekerjaan anda, serta memberikan nilai lebih pada CV anda.

Menganalisa Data (Data analysis)

Kemampuan melihat data mentah (raw/big data) dan kemudian menganalisa data tersebut menjadi informasi yang berharga, statistik, serta visualisasi yang bagus adalah kemampuan yang sangat bermanfaat bagi perusahaan.

Kemampuan Editing Foto (Editing)

Setiap bisnis membutuhkan foto yang terlihat profesional dalam merepresentasikan perusahaan. Kemampuan untuk mengedit dan mempercantik tampilah suatu foto akan menambah nilai lebih bagi CV anda.

Kemampuan Memecahkan Masalah (Problem Solving)

Setiap perusahaan ingin merekrut seorang yang memiliki kemampuan menyelesaikan masalah. Seorang karyawan yang dapat memecahkan masalah yang rumit dan memberikan solusi yang baru adalah warna yang segar bagi perusahaan.

Sebetulnya tidak sulit untuk melatih kemampuan ini, untuk melatihnya anda hanya perlu mencari salah satu contoh kasus permasalahan yang ada dan gunakan metode sederhana ini :

  • Identifikasi permasalahan (buat list tentang apa saja faktor penyebab, tantangan, serta potensi ancaman dari masalah yang ada)
  • Teliti pilihan solusi permasalahan (Dari setiap faktor dan potensi ancaman, buatlah beberapa option solusi permasalahan yang ada)
  • Buatlah rencana (Buatlah beberapa rencana dari awal hingga akhir dengan beberapa rencana cadangan/backup plan)
  • Ukur Konsekuensi dan resiko (Dari rencana tersebut, ukur seberapa besar resiko yang ada dan cara mengantisipasinya)

Kemampuan Berbicara di depan umum (Public Speaking Skill)

Ada banyak orang yang seringkali gugup saat harus berbicara di depan umum. Maka dari itu, kemampuan berbicara di depan umum adalah salah satu aset yang berharga bagi karir anda. Selain itu, anda juga akan menjadi karyawan kunci dari perusahaan untuk merepresentasikan perusahaan di depan umum.

Kemampuan Menulis (Writing Expertise)

Hal pertama yang dilihat oleh perusahaan saat melihat CV anda adalah kemampuan anda dalam menulis dan menuangkan suatu ide dan mengemasnya dalam bentuk tulisan. Seorang calon kandidat karyawan yang mampu mendeskripsikan dirinya secara jelas dan meyakinkan lewat tulisannya di CV akan menarik hati perusahaan.

Check Also

Lampaui Target Emas, Indonesia Cetak Sejarah di Asian Para Games 2018

Indonesia berhasil melewati raihan 16 emas yang dijadikan target Asian Para Games 2018. Total emas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *