8 Tips Sederhana untuk menjadi Pribadi yang lebih baik lagi

Pribadi Lebih Baik

Setiap manusia pada umumnya ingin memiliki kualitas hidup dan menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari.

Beberapa tips sederhana di bawah ini akan sangat mudah diingat dan semoga dapat menolong anda menjadi pribadi yang lebih baik lagi :

1. Lebih ramah.

Meskipun kedengarannya sederhana, tapi terkadang kita harus mengingatkan diri sendiri untuk bersikap ramah dan baik kepada orang lain. Ucapkan “tolong”, “terima kasih”, “selamat pagi”, “apa kabarnya ?”

Kita tidak pernah tahu bahwa keramahan dan kebaikan kita ternyata mengubahkan hari seseorang. Ada banyak testimoni dari orang-orang yang tadinya ingin mengakhiri hidupnya menjadi membatalkan niatnya hanya karena senyum tulus dan keramahan dari seseorang.

“Satu senyuman dapat mengubahkan hari yang muram”

2. Lebih peduli dan membantu orang lain.

Mulailah peduli dengan lingkungan sekitar kita. Terkadang, hidup ini terasa hampa dan berat karena fokus perhatian kita hanya tertuju kepada diri sendiri, sehingga masalah sehari-hari yang kita hadapi justru terasa semakin berat.

Saat kita mulai peduli kepada orang lain, menunjukan empati dan membantu mereka dengan tulus, kita akan mulai bisa melihat kebaikan-kebaikan dalam hidup kita sendiri. Kita baru menyadari bahwa orang lain pun memiliki permasalahannya sendiri yang bahkan lebih berat dari masalah kita. Atau kita juga dapat terinspirasi dari orang lain yang mampu menyelesaikan masalahnya dengan bijak.

3. Mensyukuri apa yang kita punya.

Bersyukurlah dengan apa yang kita punya, setiap harinya. Bersyukurlah karena kita masih bisa bernapas, masih bisa tidur nyenyak, meminum air yang bersih, dan banyak hal lainnya. Karena ada banyak orang di belahan bumi lain yang bahkan untuk meminum air bersih saja mereka tidak mampu.

Jangan berfokus dengan apa yang tidak kita miliki, tetapi belajarlah bersyukur. Anda akan merasakan perubahan yang drastis saat mulai belajar untuk bersyukur.

Note : Bersyukur bukan berarti kita pasrah dan tidak berusaha. Mengutip lirik lagu dari satu band dalam negeri : “Syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah, tetap jalani hidup ini melakukan yang terbaik.”

4. Nikmati setiap proses dalam hidup.

Setiap manusia diciptakan oleh Sang Pencipta dengan fungsi dan tujuan hidupnya masing-masing. Satu hal yang pasti, tujuan hidup setiap manusia sesungguhnya sangatlah mulia, baik, dan bermanfaat bagi banyak orang.

Nikmatilah setiap proses yang ada dalam hidup kita. Entah itu dalam studi, pekerjaan, ataupun keluarga. Proses dalam kehidupan akan mendewasakan kita menjadi lebih bijak.

Lupakan masa lalu, kejarlah masa depan, dan jalanilah detik ini dengan maksimal.

5. Tidak perlu kuatir.

Dimana ada kemauan, disitu ada jalan.

Percayalah, bahwa Tuhan selalu memberikan jalan bagi orang yang beritikad baik, dan berusaha dengan sungguh-sungguh. Saat kita menghadapi suatu masalah, kekuatiran hanyalah menambah berat permasalahan yang ada.

6. Menjadi teladan bagi anak.

Bagi anda yang telah memiliki anak, jadilah teladan yang baik bagi mereka. Perlihatkan kepada mereka, sosok seperti apa yang anda inginkan saat mereka besar nanti, dan mereka akan mencontohnya.

“Satu teladan yang baik melebihi ratusan nasihat”

7. Uang bukanlah segalanya.

Ada banyak orang yang mati-matian bekerja membanting tulang untuk memenuhi gaya hidup. Rumah mewah, mobil mewah, baju-baju bermerk, yang sudah pasti membutuhkan uang dengan jumlah yang sangat banyak.

Menjadi kaya tidak melulu soal materi, memiliki kekayaan dalam pengetahuan, kebahagiaan, hubungan yang harmonis, dan kesehatan sesungguhnya jauh lebih penting dari sekedar materi.

8. Memaafkan.

Hidup akan terasa lebih bahagia dan lebih ringan saat tidak ada konflik di hati kita. Saat kita memiliki dendam, sakit hati, kekecewaan terhadap seseorang, maka hal tersebut pasti akan berpengaruh pada hidup kita, karena tanpa sadar kita menyimpan sesuatu yang negatif dalam hidup kita. Bahkan dalam beberapa riset menyimpulkan adanya hubungan antara hati yang terluka/kecewa dengan penyakit berat seperti kanker.

Melepaskan maaf dan pengampunan akan membuat hidup kita terasa plong dan ringan.

Semoga bermanfaat.