9 Cara Memberi Dukungan Kepada Seseorang Untuk Menjadi Yang Terbaik

Dukungan

IndonesiaOne.org – Salah satu kebanggaan dan pencapaian kita sebagai manusia adalah saat kita berhasil membawa orang-orang terdekat dan orang yang kita sayangi ada di dalam puncak potensinya.

Apapun peran kita baik sebagai orangtua, pasangan, sahabat, pemimpin, ataupun rekan kerja, kita tentunya ingin anak, kekasih, sahabat dan anak buah kita dapat mencapai puncak potensi hidupnya.

Berikut ini adalah 9 tips dari Indonesiaone, bagaimana cara kita menolong orang lain menggali dan menemukan potensi terbaik yang mereka miliki :

  1. Percaya kepada mereka dan berikan semangat

Kepercayaan dapat menjadi motivasi dan daya dorong yang sangat besar bagi seseorang. Kata-kata penyemangat yang tulus seperti “Aku yakin kamu pasti bisa..” dapat membangkitkan kembali rasa percaya diri seseorang dan memunculkan kemampuan terbaiknya.

Seringkali orang ragu terhadap diri sendiri terutama saat harus mengesekusi ide baru, memasuki sebuah promosi dan hal-hal yang baru. Memiliki seseorang yang percaya pada kemampuan kita di saat-saat penting seperti ini adalah hal yang tidak ternilai.

  1. Berharap Penuh

Seringkali kita diajarkan untuk memiliki harapan yang REALISTIS. Namun, berbicara tentang menolong orang lain menjadi yang terbaik, kita harus belajar untuk meningkatkan level harapan kita terhadap mereka.

Hal ini bisa saja menjadi ekstrem, misalnya seorang guru, orangtua atau bos yang menuntut seseorang lebih dari kemampuannya. Ternyata orang itu justru dapat bangkit melampaui kemampuannya sebelumnya.

  1. Berkata Jujur

Terkadang kita sungkan untuk berkata jujur karena ingin terlihat baik, namun sesungguhnya berkata jujur adalah tindakan kasih. Mungkin saja kita menjadi satu-satunya orang yang berani mengatakan apa yang perlu dikoreksi dari seseorang, sehingga ia dapat menjadi lebih baik lagi.

Kita dapat berbicara terbuka dan jujur tanpa harus menyerang dan menyakiti hatinya.

  1. Menjadi Teladan

Tindakan nyata berbicara jauh lebih kuat dari 1000 perkataan. Salah satu cara terbaik untuk membawa pengaruh adalah dengan menjadi teladan bagi orang lain. Seringkali kita tidak sadar bahwa oranglain ternyata memperhatikan tindakan kita.

Ada banyak orang yang sanggup mencapai puncak potensinya karena mengagumi dan meneladani seorang sosok teladan di dalam hidupnya.

  1. Berbagi Pengalaman

Setiap keberhasilan yang pernah kita raih dapat menjadi inspirasi bagi orang lain, kegagalan dan kebangkitan yang kita alami juga dapat menjadi pelajaran berharga bagi mereka. Dengan demikian, hidup kita akan selalu dapat “dilihat” dan “dibaca” oleh orang lain menjadi sebuah pelajaran dan menarik hikmah untuk hidup mereka.

  1. Berikan tantangan

“Tantangan” selalu dikonotasikan dengan sesuatu yang negatif dan menyulitkan, namun sebetulnya setiap tantangan dan ujian akan selalu menguji kemampuan seseorang dan memunculkan potensi terbesarnya.

Setiap orang yang mau naik level tentu harus menjalani ujian.

  1. Ajukan pertanyaan yang mendalam

Seorang pelatih atau mentor yang baik tidak hanya memberikan perintah dan arahan tentang apa yang harus dilakukan, namun mengajukan pertanyaan agar anak didiknya memahami cara untuk menjadi lebih baik.

Pertanyaan yang mendalam dari orang lain akan membantu seseorang berpikir jernih dan menemukan solusi dari permasalahan atau jalan buntu yang sedang ia hadapi.

  1. Berikan pengakuan dan apresiasi

Manusia akan selalu menemukan apa yang ia “cari”. Saat kita mencari-cari kesalahan seseorang, kita pasti akan mendapatkannya. Begitu juga jika kita mencari hal terbaik dari seseorang, kita juga akan mendapatkannya.

Carilah hal-hal positif dan keunggulan dari orang itu dan berikan apresiasi yang tulus untuknya. Mereka akan terdorong untuk lebih banyak melakukannya dan semakin mengasah kelebihan yang mereka miliki.

  1. Berikan waktu untuk mereka

Dengan kita menyediakan waktu bagi orang lain, menunjukkan bahwa kita menghargai mereka. Investasikan waktu terbaik untuk hubungna yang kita miliki, karena itulah arti sebuah kehidupan. (SS)

Penulis : Siska Srilanti