Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / Inspirasi / Bergosip Itu Sehat atau Tidak, ya ???

Bergosip Itu Sehat atau Tidak, ya ???

IndonesiaOne.org – Apakah kamu adalah salah satu orang yang sangat senang bergosip ?? Jika iya, maka artikel ini sangat perlu untuk kamu baca.

Definisi dari ‘gosip’ sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah obrolan tentang orang-orang lain; cerita negatif tentang seseorang; pergunjingan dan dipercayai begitu saja tanpa diteliti lebih dulu.

Gosip identik dengan menceritakan hal negatif mengenai seseorang yang belum diketahui kebenarannya. Hal ini akan mengakibatkan orang yang mendengarnya akan memiliki ‘bad image’ terhadap orang yang sedang dibicarakan.

Apa yang kamu dengar dan dengan siapa kamu bergaul sebenarnya sangat menentukan ‘kesehatan jiwa’ yang kamu miliki. Jika kamu terus mendengarkan perbincangan atau obrolan yang mengandung ketakutan, kebencian, kemarahan, kekuatiran dan sebagainya. Maka perkataan-perkataan itu dapat mulai mencemari dan ‘menyebarkan penyakit’ bagi jiwamu.

Ada satu kebenaran yang harus kamu pahami sungguh-sungguh, bahwa perkataan yang kamu ucapkan dapat mencipatakan suatu ‘atmosfir emosional’ kepada seseorang. Karena sebuah perkataan dapat membangun semangat seseorang namun perkataan juga dapat menghancurkan karakter seseorang.

Jika kamu terus mendengarkan perkataan-perkataan yang meluap dari hati yang penuh dengan kekuatiran, kebencian atau ketakutan maka secara otomatis ‘atmosfir emosional’ atau dengan kata lain energi positif dalam dirimu mulai tergantikan dengan energi yang negatif. Hal tersebut terjadi karena kamu telah terpengaruh dengan perkataan atau gosip tersebut. Akhirnya, kamu pun harus berjuang guna membersihkan energi negatif tersebut yang telah berhasil mempengaruhi emosi, perasaan dan jiwamu.

Sebagai contoh, saat kamu sedang bergosip mengenai perselingkuhan seseorang yang belum pasti akan kebenarannya. Maka rasa ketidaksukaan terhadap orang tersebut akan timbul dalam pikiranmu. Dan akhirnya kamu pun akan mulai memiliki ‘bad image’ terhadap orang tersebut. Di lain sisi kamu mulai merasakan adanya rasa takut akan maraknya tren perselingkuhan, kamu takut hal tersebut juga akan terjadi di dalam hidupmu. Parahnya tingkat kepercayaanmu kepada pasangan turut menipis.

Jadi mulailah membangun sebuah komunikasi atau percakapan yang sehat. Mari mempergunakan perkataan positif sehingga kita bisa saling membangun satu sama lain dan mulai tinggalkan kebiasaan yang buruk.

(so)

Check Also

Perkataan Menentukan Masa Depan

Sadar ataupun tidak, seringkali emosi kita menjadi negatif akibat beratnya tekanan hidup yang ada. Kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *