Home / SARA - SELALU ADA HARAPAN / Opini / Bisakah Indonesia Bebas Narkoba?

Bisakah Indonesia Bebas Narkoba?

IndonesiaOne.org – Angka kematian akibat Narkoba di Indonesia sangatlah memprihatinkan. Menurut data yang disampaikan oleh oleh BNN 30 – 40 orang di Indonesia mati karena barang haram tersebut. Tidaklah mengherankan jika Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Indonesia berada dalam darurat Narkoba. Untuk membuat efek jera terhadap para pengedar, pemerintahan Indonesia menetapkan hukuman mati terhadap para pengedar.

Tetapi apakah tindakan tersebut akan membuat statistik di atas mengalami penurunan? Belum tentu, karena kita masih mendengar berita – berita yang mengatakan bahwa para pengedar masih dengan leluasa mengendalikan pengedaran dari bali jeruji penjara. Seperti halnya yang terjadi pada Terpidana mati kasus narkotika Freddy Budiman. Ia diduga kuat masih mengendalikan peredaran narkotika jaringan internasional meski berada di balik jeruji besi Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan, Jawa Tengah.

Belum lagi kejadian kaburnya 10 tahanan Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 31 Maret lalu yang lima di antaranya merupakan jaringan Aceh dalam kasus peredaran narkoba jenis sabu sejumlah 77,3 kilogram. Sementara dua lainnya merupakan anggota jaringan pengedar sabu sejumlah 25,2 kilogram di San Diego Hill. Satu lagi adalah anak buah Sylvester Obiekwe, bandar narkoba asal Nigeria yang mengedarkan 7,6 kilogram.

Dari peristiwa – peristiwa itu, maka perlunya sinergi antara pihak Lapas, BNN dan Kepolisian untuk bersama – sama dengan serius menumpas pengedaran Narkoba. Karena tidak mungkin pengedar Narkoba masih bisa dengan leluasa beraksi di dalam lapas tanpa sepengetahuan petugas/sipir di dalamnya. Begitu juga peristiwa kaburnya tahanan. Tidak mungkin petugas di dalam tidak ada yang mengetahui. Mudah – mudahan para petugas pemberantas Narkoba tidak ada yang terlibat masuk ke dalam lingkaran mafia penjualan Narkoba tersebut. Karena jika sampai terlibat, artinya percuma saja kita menghukum mati para pengedar. Semakin “bersih” institusi pemberantas Narkoba, maka semakin besar kemungkinan Indonesia bebas dari Narkoba.

Check Also

Mengenang 6 Ucapan Gus Dur Yang Mempersatukan

IndonesiaOne.org – Isu Suku, Agama, dan Ras (SARA) seringkali dijadikan alat untuk mencapai kekuasaan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *