Cara Melepaskan Rasa Lelah Akibat Masalah Yang Tak Kunjung Usai

816
Cara Melepaskan Rasa Lelah Akibat Masalah Yang Tak Kunjung Usai

IndonesiaOne.org – Perjalanan kehidupan ini sama seperti pelari marathon yang harus berlari mencapai garis akhir di atas lintasan yang cukup jauh dan panjang. Terkadang bisa menjadi lelah, letih, ataupun jenuh. Biasanya disebabkan oleh permasalahan hidup yang kian menekan, dan kondisi keadaan yang tidak kunjung berubah. Banyak cara untuk mengusir setiap kelelahan dan keletihan jiwa. Ada yang mengatasinya dengan berlibur, ada juga yang mencari hiburan lainnya. Tapi jika boleh berkata jujur, biasanya hal – hal itu hanyalah bersifat sementara. Karena sebenarnya hal itu hanya membuat kita terhindar sejenak dari kenyataan hidup.

Bagaimana caranya kita bisa terus berlari mengatasi rasa lelah dan penat dalam menjalani kehidupan sebagai manusia di atas muka bumi ini :

  1. Sering ngomong sama diri sendiri.

ngomong sendiri

Maksudnya bukan kayak orang gila yang ngomong sendiri. Tapi ini tindakan menguatkan diri sendiri dengan cara berbicara pada diri sendiri dengan memakai kata – kata dan kalimat yang positif. Biasa disebut dengan istilah ‘AFIRMASI’. Jika sedang lelah, penat, dan capek karena beratnya tekanan, cobalah teknik afirmasi ini. Intonasi dan volume suara juga sangat menentukan. Jika kita menggunakan intonasi tepat dan volume suara yang kuat, maka api semangat dalam diri kita akan semakin berkobar dengan besar menyingkirkan setiap kefrustasian kehidupan. Lakukanlah dengan konsisten sambil ditambahkan dengan gerak tubuh atau kepalan tangan. Pasti hasilnya bakal okey punya !! Selamat mencoba !

  1. Curhat sama sahabat yang bener hidupnya.

two girlfriends outdoor

Salah pilih temen curhat bisa buat kita makin frustasi dan salah ambil tindakan. Jadi, sangat penting kita mempuyai lingkungan pergaulan yang berisikan orang – orang yang positif. Semakin lingkungan kita positif, maka energi positif pun dapat kita terima. Ingat saja, pergaulan yang buruk akan semakin buat hidup jadi lebih hancur dan frustasi.

  1. Habis gelap pasti terbit terang.

habis gelap terbiltlah terang

Situasi yang membuat kita lelah dan capek serta frustasi, ibarat suatu kegelapan yang sedang meliputi diri kita. Disinilah biasanya kita ingin menghentikan langkah kaki kita, sebab kita tidak bisa melihat masa depan yang cerah dan gilang gemilang. Tapi sebenarnya, tidak peduli segelap apapun kehidupan yang sedang kita jalani, sebab habis gelap pasti terbit terang. Jangan sampai kita kehilangan harapan akan kehidupan. Situasi cepat atau lambat pasti akan berubah. Bangkitkanlah semangat dan asa kita kembali. Sebab sedikit lagi ‘matahari akan terbit’.

  1. Mintalah seseorang untuk mendokan kita.

berdoa

Biasanya dalam kondisi lelah, penat, dan frustasi, kita seringkali sulit untuk berdoa. Mungkin saja hanya air mata yang keluar saat kita menghadap Tuhan. Kondisi ini sesungguhnya kita membutuhkan doa dari orang lain. Jangan ragu atau malu untuk meminta doa dari sahabat ataupun penasehat spiritual (tapi bukan penasehat spiritual otak cabul dan pemakai narkoba ya…) Ketahuilah, doa dari orang – orang yang kita kenal hidupnya lurus pasti akan memberi dampak dalam diri kita. Tiba – tiba saja akan ada kekuatan dan semangat yang muncul dalam diri kita saat mereka berdoa.

  1. Berlibur sejenak.

HOlidays

Berlibur yang sejati adalah membuat kita semakin segar kembali. Tapi biasanya, ada banyak orang yang berlibur justru semakin lelah dan capek akibat jauhnya perjalanan dan padatnya mobil dijalanan. Jadi, liburan untuk mengurangi kelelahan dan kefrustasian haruslah liburan yang membawa kita tenang dan bisa melepaskan kelelahan. Carilah pemandangan alam dan kesegaran udara. Dan pakailah waktu tenang tersebut untuk mengintrospeksi diri dan menguatkan hati untuk kembali berlari penuh semangat dalam kehidupan.