Cara Menjadi Konsisten Mencapai Tujuan

mencapai tujuan

IndonesiaOne.org – Hidup tanpa tujuan adalah kehidupan yang paling membosankan. Namun untuk mencapai tujuan tidak semudah yang kita bayangkan. Sangat dibutuhkan kekonsistenan. Kekonsistenan itulah yang seringkali tidak dipunyai orang. Ada banyak orang telah menetapkan target tujuan dalam pekerjaan ataupun cita – citanya, namun itu semua hanya “angan – angan” belaka dikarenakan tidak ada kekonsistenan untuk meraihnya!

Untuk tetap konsisten agar bisa mencapai tujuan, ada 3 element penting sederhana yang kita bisa pelajari bersama:

  1. Tetapkan tujuan dan alasan yang kuat untuk mencapai tujuan.

Agar bisa mencapai tujuan, pertama-tama yang kita perlukan adalah menetapkan tujuan. Ini adalah langkah awal menuju tujuan yang ingin dicapai. Dengan menyusun tujuan, hal tersebut akan mengingatkan kita “ALASAN” yang memotivasi diri kita untuk tetap melakukannya. Sehingga ketika ada tantangan, ALASAN/MOTIVASI awal kita ingin mencapai tujuan akan menjadi api yang membakar semangat kita untuk menaklukkan tantangan. Dan itu juga akan menjadi “energi” yang membuat kita tidak menyerah, dan dapat semakin kuat dan cepat meraih tujuan!

  1. Bunuh semua penundaan

Menunda pekerjaan untuk mencapai target merupakan sifat yang harus kita “bunuh”. Maksudnya tidak boleh kompromi dengan tindakan itu! Karena penundaan dengan alasan apapun merupakan tindakan menghalangi diri sendiri. Dan akan berpotensi besar untuk membunuh target yang ditetapkan! Jadi, berhentilah menunda!! Lakukanlah dengan segera. Semakin cepat respon kita, maka semakin cepat tujuan tercapai.

  1. Bunuh semua hambatan

Langkah selanjutnya adalah menyingkirkan semua hambatan. Jika kita mau jujur, orang yang hidup di masa sekarang menghadapi lebih banyak godaan dan gangguan daripada orang-orang yang hidup di masa lalu. Ada saja hal – hal yang seolah lebih menggiurkan daripada target tujuan yang ditetapkan. Dan ada saja gangguan yang berpotensi menghambat kita mencapai tujuan. Entah itu dari diri sendiri, keluarga, teman, lingkungan, dan berbagai masalah yang muncul.

Jika kita tidak memperlengkapi diri dengan strategi untuk berjuang mengalahkan semua gangguan maka kita tidak akan pernah bisa mencapai tujuan. Untuk mengalahkan hambatan dan tantangan, kita tidak bisa mengandalkan kekuatan diri sendiri. Kita sangat membutuhkan Tuhan!

Mulailah tiap pagi dengan bersyukur dan berdoa. Karena Tuhan maha tau dan maha besar serta berdaulat untuk membuat kita mencapai tujuan. Masa depan kita ada di tangan Tuhan. Jika kita tidak mengandalkanNya, maka rencana Tuhan dalam diri kita tidak akan tercapai.

Selamat mencoba, dan raihlah tujuan Anda bersama Tuhan yang menentukan masa depan Anda!

Penulis : Siska Srilanti