Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / Inspirasi / Cara Menjadi Orang Jujur

Cara Menjadi Orang Jujur

IndonesiaOne.org– Jika ada orang yang berkata bahwa jujur itu adalah tindakan yang susah ataupun mustahil di tengah zaman modern ini, maka sangatlah disayangkan perkataan seperti itu. Mengapa ?? Karena yang namanya kejujuran itu adalah sesuatu yang mudah dilakukan plus memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kemajuan dari manusia yang bersangkutan.

Berikut beberapa tips cara menjadi orang jujur bagi kamu dari IndonesiaOne.org :

1.  Terus Ikuti Hati Nurani

Setiap manusia memiliki hati nurani dalam dirinya yang berfungsi untuk terus mengingatkan dan menjagai dari tindakan yang tidak benar. Saat kamu hendak berbohong dan hati nurani mulai memberi tanda, maka langsung responi dengan cara ikuti kata hati nuranimu tersebut. Apa tandanya ?? Saat kamu melakukan tindakan yang salah maka biasanya jantungmu akan berdegup cepat, gelisah, takut, rasa bersalah dan lainnya. Jika kamu terus menghiraukan kata hati yang ada maka lama-kelamaan hati tersebut akan ‘mengeras’ dan pada akhirnya bagimu tindakan berbohong adalah hal yang biasa.

Ini adalah step awal yang sangat penting, karena orang-orang yang melakukan tindakan tidak benar seperti contoh korupsi, adalah orang-orang yang terus mematikan hati nurani dan selalu hidup dalam sebuah kebohongan. Sehingga saat melakukan tindakan tercela tersebut, mereka tidak akan lagi merasa adanya rasa bersalah, terintimidasi, takut dan lainnya dalam hatinya.

2.  Selalu Pilih Keputusan yang Didasari dari Prinsip Kebenaran

Banyak orang menggunakan cara-cara ‘kotor’ guna mendapatkan apa yang mereka inginkan atau keuntungan lebih bagi dirinya. Namun sesungguhnya hal seperti ini sangat tidak baik bagi mereka, karena seperti perumpaan “apa yang kita tabur akan kita tuai nantinya”. Otomatis, jika mereka terus menabur tindakan kotor maka dikedepannya nanti mereka akan mendapatkan efek atau hasil yang justru sangat amat merugikannya.

Jadi mari kita terus hidup di jalan yang benar dan jangan pernah sekali-kali melakukan tindakan ketidakjujuran. Karena jika kita sudah melakukan sekali maka kita akan kembali mengulangi hal tersebut.

3.  Berani Berkata Tidak Pada Tindakan Ketidakjujuran

Jika orang-orang disekitarmu mulai bersekongkol untuk melakukan sebuah kebohongan, maka dengan tegas kamu harus menolak tindakan tersebut. Meski nantinya kamu akan dijauhi, namun tetaplah pertahankan prinsip kebenaran untuk terus menjunjung kejujuran. Karena percayalah, tidak selamanya orang yang melakukan tindakan ketidakjujuran akan selalu berjaya. Jikalau bahkan bosmu yang memerintahkan untuk melakukan tindakan kebohongan, maka kamu harus dengan keberanian menolak hal tersebut dan siap menerima konsekuensi apapun. Justru dengan demikian kamu sedang menyelamatkan dirimu sendiri terhadap peristiwa buruk yang akan terjadi di kemudian hari.

Mari kita tegakkan sikap kejujuran dalam diri kita terlebih dahulu. Karena dimana kita berada atau bahkan negri tempat kita dilahirkan membutuhkan generasi yang jujur dan bersih dari segala tindakan yang kotor. (so)

Check Also

Lampaui Target Emas, Indonesia Cetak Sejarah di Asian Para Games 2018

Indonesia berhasil melewati raihan 16 emas yang dijadikan target Asian Para Games 2018. Total emas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *