Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / Cara Ubah Kebiasaan Bicara Kasar dan Penuh Emosi !!

Cara Ubah Kebiasaan Bicara Kasar dan Penuh Emosi !!

IndonesiaOne.org – Seringkali kamu mendapati orang lain atau bahkan mungkin dirimu sendiri melakukan komunikasi atau cara berbicara yang salah. Seperti menggunakan kata-kata kasar serta penuh dengan emosi, suka membicarakan keburukan orang lain atau bergosip, sering memberikan perkataan yang pesimis dan sebagainya.

Biasanya orang-orang jenis seperti ini selalu menggunakan alasan bahwa sifat mereka ini memang sudah ada sejak dahulu dan tidak bisa diubahkan. Namun sebenarnya jika sifat seperti ini tidak mereka tanggulangi maka sesungguhnya orang yang bersangkutan sedang terus memupuk konflik batin, kepahitan, kekecewaan, kemarahan, kebencian dan sebagainya didalam hatinya. Dan pada satu titik konflik yang tidak tertanggulangi tersebut akan ‘meledak’ yang pada akhirnya akan sangat menyakiti orang tersebut dan orang-orang yang ada disekitarnya.

Steven Agustinus menjelaskan bahwa sangat penting untuk kamu melatih cara komunikasi atau berbicara yang sehat, salah satunya adalah :

Mulai Mengingat dan Memperkatakan Setiap Keyakinan atau Hal-Hal Positif yang Berasal Dari Nilai-Nilai Hidup yang Hakiki

Selama ini mungkin kamu mendapati ada banyak kondisi atau kejadian buruk yang terus terjadi disekeliling hidupmu. Tanpa kamu mengerti asal muasalnya, tiba-tiba saja kondisi pikiran dan emosimu turut terpengaruh menjadi negatif karena peristiwa-peristiwa buruk tersebut. Sebenarnya hal ini terjadi karena adanya gangguan eksternal dari berbagai pemikiran yang mengandung ketakutan, kekuatiran, iri hati atau cemburu, kemarahan dan lainnya.

Maka yang harus kamu lakukan adalah terus menjagai pikiran, emosi serta perasaanmu dari hal-hal atau atmosfir negatif yang ada disekitar kita. Caranya dengan terus berkata-kata kepada diri sendiri akan hal-hal yang positif dan membangun.

Lakukan itu ‘SAMPAI’ emosi negatif yang ada di sekelilingmu tidak lagi dipengaruhi peristiwa buruk itu. Dan pada akhirnya kamu pun bisa dengan santai serta tenang menghadapi masalah tersebut.

Latih serta Disiplin Untuk Dirimu Selalu Berkata-kata yang Positif dan Membangun dirimu ataupun Orang Lain

Inilah waktunya untuk kamu mulai menjagai setiap pemikiran maupun perkataanmu. Selama kata-kata yang keluar dari mulutmu masih berupa perkataan yang negatif, sia-sia atau bersifat manusiawi maka kebiasaan negatif yang ada disekelilingmu juga akan masih terus mempengaruhi dan mengontrol dirimu.

Melatih dan Mendisiplin Mulut untuk Hanya Memperkatakan Hal-Hal yang Positif dan yang Membangun

Untuk mengubah kebiasaan dari cara berbicara yang kasar memang tidak mudah namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Dibutuhkan tekad dan keberanian untuk ‘melawan arus kehidupan’ atau yang dimaksudkan disini adalah melawan kultur atau kebiasaan buruk berbicara kasar dan penuh emosi yang sudah terbangun kuat ditengah-tengah kehidupan manusia.

Meskipun kamu akan bertemu dengan orang-orang yang selalu membawa ‘emosi yang negatif’ melalui cara bicara yang mereka gunakan. Pastikan kamu terus mengikuti hati nurani yang akan mengingatkan dan menjagaimu untuk terus memiliki emosi serta perkataan yang positif. Sehingga meski kamu masih berteman dengan mereka tetapi kamu tidak akan ‘tercemar atau terpengaruh’ dengan kebiasaan negatif dalam berbicara yang mereka bawa.

Jadikan Tindakan Membicarakan Hal yang Positif serta Membangun yang Didasari dari Prinsip Kebenaran yang Hakiki Sebagai Kebiasaan dalam Dirimu

Saat kamu sudah secara konsisten mendengarkan setiap arahan hati nurani dalam dirimu maka dengan mudah kamu bisa meninggalkan kebiasaan burukmu dalam hal caramu berbicara. Dan mulai menjadikan tindakan berbicara hal yang positif serta membangun sebagai habit atau kebiasaan baru yang kamu sukai.

Kemudian mulai ‘tulari’ kebiasaan ini kepada orang-orang yang ada di dekatmu agar kebiasaan ini juga terbangun dalam diri mereka. Jadikan hal ini sebagai bahan perbincangan yang seru dan menarik.

Dan saat kamu terus konsisten menjaga kebiasaan ini maka hidupmu akan memberikan energi positif pada orang-orang yang kamu jumpai. Bahkan sapaan ‘selamat pagi’ atau sejenisnya yang biasa kamu lakukan pada setiap orang yang berpapasan denganmu, akan mulai memberi efek yang berbeda bagi mereka.

“Let’s spreading happiness to this world”

(so)

Check Also

Lampaui Target Emas, Indonesia Cetak Sejarah di Asian Para Games 2018

Indonesia berhasil melewati raihan 16 emas yang dijadikan target Asian Para Games 2018. Total emas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *