Dendam Buat Lo Jahat

IndonesiaOne.org – Dendam buat kita pasti jadi orang jahat. Udah jahat, banyak masalah. Cepet tersinggung dan ngelakuin hal – hal konyol. Pikiran kita bakal terus dipenuhi pikiran yang gak bener. Batin sebetulnya tersiksa, tapi karena dendam terus membara membuat luka justru semakin mendalam.

Sebetulnya sewaktu kita dendam sama orang yang pernah jahati kita, yang sedang tersiksa sebenarnya diri kita sendiri. Orang yang kita dendami mungkin tidak tahu perasaan kita. Ia bisa tidur nyenyak, sedangkan kita sulit terlelap. Apalagi jika dendam sudah sampai mendarah daging, akan ada banyak penyakit ringan sampai berat yang berdatangan.

Jadi, daripada terus alami kerugian akibat dendam yang tak kunjung padam, lebih baik kita mengampuni. Emang berat sih mengampuni kalau kelakuannya udah amat menyakiti, tapi lebih berat lagi kalau nyimpen dendam. Itu ibarat sampah berat yang harus kita bawa – bawa tiap hari. Pastinya gak enak banget hidup ini jadinya. Lebih baik kita buang sampahnya dengan cara mengampuni dan melupakan kejahatan orang lain. Otomatis hidup kita jadi plong, lega, dan bisa tidur enak.

Pilihan ada di tangan kita sendiri. Mau hidup penuh beban, atau bisa enteng dalam segala moment? Pilih yang tepat sebab kita bukan orang jahat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top