Home / SARA - SELALU ADA HARAPAN / Berita Umum / E – KTP Tercanggih di Dunia Ada di Negara Ini !!

E – KTP Tercanggih di Dunia Ada di Negara Ini !!

IndonesiaOne.org – Ribut – ribut soal korupsi E-KTP yang menghabiskan uang negara sebanyak triliunan rupiah, membuat kita penasaran dengan kecanggihan KTP Indonesia ini. Tentunya dengan dana yang sebesar itu pastinya produk yang sangat canggihlaj yang dihasilkan. Namun menarik untuk disimak apa yang dikatakan oleh presiden RI Joko Widodo. Beliau menegaskan bahwa KTP tersebut hanyalah berbahan baku plastik.
“Sekarang menjadi bubrah semua gara-gara anggaran dikorup. Habisnya (p 6 triliun, jadinya hanya KTP yang dulunya kertas sekarang plastik, hanya itu saja. Sistemnya tidak benar,” tegas Jokowi di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (11/3/2017)
Belum lagi kegunaan E-KTP ini tidak banyak terintigrasi dengan institusi lainnya. Sehingga membuat kita masih terus mengulang mencatat data kembali jika sedang berurusan dengan suatu instansi tertentu. Jokowi pun menegaskan, bagaimana seharusnya E-KTP itu dapat berfungsi dengan benar.
“e-KTP ini memang problem besar. Sebetulnya kalau e-KTP ini jadi dan benar, kita bisa selesaikan banyak sekali masalah, misal urusan paspor tanpa fotokopi KTP, SIM, perbankan, perpajakan, urusan Pilkada, semuanya kalau sistem yang kita bangun bener ini sudah rampung,” tutur Jokowi.
Untuk melihat keunggulan KTP Indonesia yang bernilai triliunan Rupiah tersebut, maka kita perlu membandingkannya dengan Kartu Penduduk di negara lain. Berikut ini adalah negara – negara yang mengeluarkan KTP yang super canggih :
  1. Malaysia
Malaysia mengeluarkan E – ID Card yang dinamakan MyKad yang bisa dipakai banyak fungsi. Tidak hanya untuk data pengenalan diri pribadi, melainkan juga untuk pembayaran transportasi umum dan transaksi online, dan beragam fungsi lainnya.
  1. Uni Eropa
Negara – negara Uni Eropa pun memiliki tanda pengenal untuk penduduknya yang dinamakan Espana e-ID Card. Hebatnya, untuk menjamin keamanan data, maka pemilik kartu ini diberikan password. Bertujuan untuk mengantisipasi jika terjadi kehilangan agar tidak bisa dipakai oleh sembarang orang. Tidak hanya hal itu, kartu tersebut juga bisa digunakan untuk transaksi online maupun penggunaan kartu kredit.
  1. Estonia
Estoni digadang – gadang sebagai negara yang memiliki e – KTP tercanggih di dunia. Bagaimana tidak, kartu tersebut bisa digunakan transaksi online. pembayaran transportasi umum, dan bisa untuk melakukan voting online dalam pemilihan, bahkan bisa dipakai untuk asuransi kesehatan nasional. Dan yang paling luar biasa, di dalam kartu tersebut terdapat chip 2048 bit yang berisikan data – data penting pemiliknya.
  1. Indonesia
E – KTP di Indonesia juga memiliki fungsi yang cukup mumpuni. Tahan air karena tidak lagi terbuat dari kertas, melainkan dari plastik. Dan berfungsi seumur hidup. Serta menghabiskan anggaran sebesar triliunan rupiah.
Dari perbandingan diatas, tentunya masyarakat Indonesia berharap dapat memiliki KTP yang serba fungsi dan terintegrasi. Sehingga lebih mempermudah melakukan berbagai kegiatan maupun transaksi keuangan.
Baca juga : 
 

Check Also

Cerita Menegangkan di Atas Pesawat Saat Jokowi Mengunjungi Afghanistan

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengisahkan detik-detik saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan tetap melakukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *