Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / EGO Versus TEKAD untuk Berubah !!!

EGO Versus TEKAD untuk Berubah !!!

IndonesiaOne.org – Saat seseorang ingin mengalami perubahan, biasanya orang tersebut akan mengalami proses untuk mengalahkan musuh terbesarnya yakni EGO dalam dirinya.

Ego ini bisa berbentuk banyak hal, seperti contoh mementingkan kepentingan diri sendiri, sulit mengampuni, konflik batin, menghilangkan bayang-bayang masa lalu atau trauma dan lain sebagainya.

Steven Agustinus seorang Potential Explorer serta Motivator menjelaskan bahwa untuk seseorang dapat mengalahkan setiap ego yang ada dalam dirinya maka ia mutlak harus memiliki unsur-unsur penting seperti dibawah ini dalam hidupnya, salah satunya :

Tekad untuk Berubah

Sebuah perubahan hidup membutuhkan suatu ‘effort‘ atau tekad yang besar dan sangat kuat. Karena ini sama halnya dengan membunuh ke-egoisan yang masih dalam dirimu dan rasanya pasti sangat sakit. Lalu bagaimana untuk kita bisa memiliki tekad yang kuat untuk berubah ??

1.   Pastikan ada kesadaran bahwa keputusan untuk berubah adalah untuk kepentingan yang baik bagimu di masa depan.

2.  Saat keinginan dari ego itu muncul, miliki kebulatan hati untuk melawan ego itu. Walaupun sakit tapi ingatlah prinsip “berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu kemudian bersenang-senang kemudian.” Dengan mematikan ego yang saat ini, percayalah kamu akan menuai hal yang baik dan menyenangkan di kemudian hari.

3.  Ikuti terus tuntunan hati nurani karena dengan cara seperti inilah yang akan terus mengingatkanmu untuk terus mengambil setiap keputusan yang benar dan tepat.

4.  Rela dan ikhlas untuk meninggalkan kebiasaan lama yang justru merusak kehidupanmu. Dan kemudian latih dirimu untuk memiliki kebiasaan baru yang positif dan membangun.

5.  Jika gagal, bangkit kembali dan coba ulang step-step sebelumnya. Jangan pernah menyerah dalam berusaha untuk memiliki tekad untuk berubah. Karena keberhasilan akan diraih saat kamu pernah alami kegagalan.

(so)

Check Also

Lampaui Target Emas, Indonesia Cetak Sejarah di Asian Para Games 2018

Indonesia berhasil melewati raihan 16 emas yang dijadikan target Asian Para Games 2018. Total emas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *