Emosi Yang Adem Buat Hidup Jadi Damai

IndonesiaOne.org – Kalau kalian adalah pribadi yang sukanya marah – marah, kesel, baperan, dan mudah kecewa, yuk berubah! Pasti capek banget ngejalanin hidup dalam kondisi emosi yang terus terombang ambing ke arah yang negatif. Bukan hanya merugikan diri sendiri, tapi juga merugikan banyak orang. Ada banyak hal yang akhirnya rusak, baik itu secara materi ataupun hubungan. Intinya banyak banget ruginya kalau emosi kita tidak bisa dikendalikan.

Jalan keluar dari permasalahan emosi adalah mencari akar masalahnya. Bisa jadi pada masa lalu kita sering disakitin baik secara verbal maupun fisik. Atau dari sejak kandungan sudah ditolak oleh orang tua. Bisa jadi juga kita pernah mengalami pelecehan seksual. Dan mungkin juga kita dibesarkan dalam keluarga yang tidak harmonis, dll. Itu semua membuat kita bertumbuh jadi orang membawa banyak luka dalam jiwa!

Namanya luka harus disembuhkan. Kalau kita hidup terus membawa luka, maka akan selalu muncul rasa sakit ketika kita berinteraksi dengan sesama atau peristiwa. Masalahnya bukan pada faktor eksternal, tapi faktor internal (luka sedang terus menganga – belum sembuh) Untuk menyembuhkan dibutuhkan niat dan tekad untuk mau mengampuni kesalahan orang lain. Dan melupakan segala peristiwa buruk dengan cara mencari hikmah di balik peristiwa tersebut. Kalau kita sudah bisa mengampuni dan mendapatkan hikmah, maka luka – luka pada jiwa kita menjadi sembuh.

Kesembuhan dari luka batin akan membuat kita menjadi pribadi yang membawa damai. Dan pribadi yang disukai karena emosinya sehat dan selalu positif!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top