Financial Freedom !! Tips Kelola Uang Dengan Baik !!

financial freedom

IndonesiaOne.org – Keuangan merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhatikan oleh kita yang masih single maupun yang sudah berkeluarga. Karena jika faktor ini tidak dikelola dengan baik pasti akan menjadi sebuah masalah yang besar di kemudian hari.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui untuk mengelola uang dengan baik dan tepat agar dapat mengalami ‘financial freedom‘ atau terobosan dalam faktor keuangan menurut Steven Agustinus seorang Potential Explorer.

Sebenarnya Berkat Penghasilan Kita Tidak Pernah Kurang

Jika mau kita perhatikan lebih jeli, sebenarnya kita tidak berkekurangan dari penghasilan yang kita dapatkan. Kuncinya adalah berapapun jumlah pendapatan yang ada, selalu barengi dengan ucapan syukur dan pastikan terapkan gaya hidup ‘just enough’ atau hidup dengan sederhana dan secukupnya.

Hindari gaya hidup yang salah seperti memaksakan diri untuk merubah gaya hidup menjadi orang kaya, padahal pendapatan yang kita dapat tidak memungkinkan untuk memenuhi kehidupan lifestyle yang tinggi tersebut.

Kelola Uang Dengan Hikmat yang Baik Maka Akan Berakumulasi

Sekecil apapun berkat dan pendapatan yang kita terima, jika dikelola dengan hikmat yang benar maka pasti akan mulai berakumulasi. Berikut cara mengelola uang dengan hikmat yang baik.

1.  Kenali setiap sumber dan jumlah income atau pendapatan yang kita miliki dan kemudian di total.

2.  Petakan secara detail setiap kebutuhan primer atau pokok yang kita miliki.

Kebutuhan primer adalah semua jenis kebutuhan yang tidak boleh dikurangi atau digantikan. Seperti bayar bulanan rumah, listrik, air, uang sekolah anak (jika sudah memiliki anak), uang belanja untuk sebulan, uang transpot dan lain sebagainya. Jumlah pendapatan harus dikelola untuk kebutuhan pokok guna menjagai dan memastikan kehidupan keluarga tidak akan terganggu.

3.  Membandingkan kebutuhan pokok dengan jumlah pendapatan yang kita miliki.

Jika pengeluaran lebih besar dari pendapatan, maka lakukan pemotongan biaya-biaya pengeluaran yang dirasa tidak penting. Jangan pernah terjadi ‘besar pasak dibanding tiang‘ atau pengeluaran lebih besar dari pendapatan.

4.  Sisihkan pendapatan untuk hal-hal yang sifatnya rohaniah.

5.  Alokasikan sisa pendapatan yang ada untuk dijadikan tabungan di hari kedepannya nanti.

6.  Cari kesempatan untuk melakukan investasi secara cerdas dan aman.

(so)

No Comments on "Financial Freedom !! Tips Kelola Uang Dengan Baik !!"

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>